Sukses

Viral Wanita Misterius di Foto Yearbook Latar Belakang Hutan, Ramai Disebut Editan

Viral wanita misterius di foto yearbook latar belakang hutan. Namun, netizen ramai menyebut foto itu editan AI.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum lulus dari sekolah, para siswa biasanya akan mengabadikan momen dengan berfoto bersama dengan teman satu kelas. Hasilnya, akan dibukukan untuk kenangan masing-masing siswa. Buku kenangan itu biasa disebut yearbook atau buku tahunan.

Yearbook biasanya digunakan untuk perpisahan sekolah. Hal itu pun sudah menjadi tradisi di kalangan pelajar. Foto yang ada di dalamnya pun terdiri dari beragam tema. Masing-masing kelas biasanya akan mengusung konsep yang berbeda-beda sesuai kesepakatan bersama.

Seperti yang diperlihatkan oleh sebuah akun TikTok yang kini unggahannya viral di media sosial. Melalui @majapahit.39, pemilik akun menunjukkan foto-foto yang dikemas dalam beberapa slides. Foto tersebut memperlihatkan sejumlah siswa yang sedang melakukan pemotretan yearbook.

Foto yearbook itu dibuat dengan latar belakang hutan yang berada di gunung. Tampak beberapa siswa dan siswi yang berdiri dan duduk di antara gundukan tanah dan pohon. Namun, sang pemilik akun mengungkapkan jika ada sosok misterius tertangkap kamera.

Berikut ulasannya yang dihimpun Liputan6.com dari laman TikTok @majapahit.39, Rabu (14/2/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penampakan misterius sosok wanita bawa bunga

Jika dilihat sekilas, tidak ada yang aneh dari foto tersebut. Para siswa dan siswi tampak berpose dengan gaya kecenya masing-masing. Menurut penuturan sang pemilik akun, tanah di lereng gunung saat itu terlihat sedikit basah karena hujan, sehingga membuat suasana sedikit suram.

Pengunggah foto lalu mengajak memerhatikan salah satu siswa yang berdiri di paling kiri dari sisi warganet. Di situ ada temannya yang dalam foto awal memang tak terlihat. Sang teman memakai baju dan kerudung warna hitam.

Di slide selanjutnya, pengunggah menunjukkan ada sosok wanita misterius berdiri di sebelah gadis berhijab hitam tadi. Sang pengunggah mengaku dapat kiriman chat yang menanyakan sosok di samping temannya itu.

Sosok wanita cantik tapi seram itu tampak tersenyum dengan mulut yang sangat lebar ke arah kamera sambil memegang bunga. Pengunggah mengatakan saat pengambilan foto yearbook itu semua siswi wajib pakai hijab. Sedangkan sosok wanita itu tidak memakai jilbab. Sontak satu kelas pun langsung heboh.

 

3 dari 3 halaman

Komentar warganet

Penampakan wanita misterius saat foto yearbook di hutan itu pun viral hingga sudah ditonton hingga 6 juta kali. Banyak warganet memberikan reaksi dengan beragam komentar. Di antaranya mengatakan ketidakpercayaan dan menyebut foto itu editan. Apalagi saat ini sudah zamannya foto pakai Artificial Intelligence (AI).

"Jelas editan, itu manusia, wong wajahnya diedit jadi kayak badut," tulis warganet.

"Apa tidak terfikir jika fotografernya iseng edit pakai photoshop buat ngerjain kalian?" tanya warganet memastikan.

"Hallo, kalau dari kelihatannya dari foto slide 3 itu pake AI ya. bisa dilihat ada kolom di bawahnya buat input objek AI gitu kalo ngga salah ya," jelas warganet.

"Tapi dia cantik banget ya walau pipi kanan dekat area bibirnya kek luka gitu," ungkap warganet yang percaya.

"Positif thinking yg pake celana coklat+kerudung item. Tapi ngga ada di slide 1," ucap warganet ngeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.