Sukses

30+ Kata-kata Ali bin Abi Thalib Tentang Kesabaran, Nasehat Menginspirasi

Kata-kata Ali bin Abi Thalib tentang kesabaran mengajarkan bahwa kesabaran bukanlah kelemahan, tetapi merupakan kekuatan yang harus dimiliki setiap muslim.

Liputan6.com, Jakarta Ali bin Abi Thalib, seorang tokoh besar dalam sejarah Islam, dikenal tidak hanya sebagai seorang pemimpin yang adil, tetapi juga sebagai seorang orator ulung yang mampu menyampaikan nasihat bijak dengan kata-kata yang mengena. Salah satu tema yang sering diutarakan olehnya adalah tentang kesabaran. Kata-kata Ali bin Abi Thalib tentang kesabaran menjadi pedoman bagi umat Islam hingga saat ini.

Kesabaran merupakan salah satu karakteristik utama yang diperlukan dalam menghadapi cobaan dan ujian hidup. Kata-kata Ali bin Abi Thalib tentang kesabaran mengajarkan bahwa kesabaran bukanlah kelemahan, tetapi merupakan kekuatan yang harus dimiliki setiap muslim. Ali bin Abi Thalib mengingatkan kita bahwa dalam setiap kesulitan terdapat hikmah yang tersembunyi, dan dengan kesabaranlah kita dapat menemukan jalan keluar.

Dalam pandangannya, kesabaran bukanlah sekadar menunggu waktu berlalu tanpa melakukan apa pun, tetapi juga merupakan sikap aktif dalam menghadapi tantangan. kata-kata Ali bin Abi Thalib tentang kesabaran mengajarkan agar kita menjaga hati dan pikiran kita tetap tenang dalam menghadapi segala situasi, sehingga mampu bertindak dengan bijaksana dan tidak terjebak dalam emosi negatif. 

Selain itu, Ali bin Abi Thalib juga mengingatkan bahwa kesabaran tidak hanya diperlukan dalam menghadapi kesulitan, tetapi juga dalam mengendalikan diri saat merasakan kemenangan atau keberhasilan. Ia menekankan pentingnya untuk tetap rendah hati dan bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. berikut kata-kata Ali bin Abi Thalib tentang kesabaran yang Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber, Rabu (7/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata-kata Ali bin Abi Thalib Tentang Kesabaran Sejukan Hati

1. Angin tidak berhembus untuk menggoyangkan pepohonan, melainkan menguji kekuatan akarnya.

2. Bagi setiap bencana pasti ada batas yang berakhir padanya, sedangkan obatnya adalah sabar terhadapnya.

3. Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu.

4. Bersikap diam tidak selamanya memiliki sifat-sifat sombong, melainkan aku hanya sedang menahan amarahku dan nafsuku.

5. Buanglah darimu segala kesusahan yang menimpamu dengan kesabaran yang teguh dan keyakinan yang baik.

6. Jangan biarkan kesulitan membuatmu gelisah. Karena bagaimanapun juga hanya di malam yang paling gelap bintang-bintang bersinar tampak lebih

7. Jangan katakan pada Allah 'aku punya masalah besar', tetapi katakan pada masalah bahwa 'aku punya Allah yang Maha Besar.'

8. Jangan pernah mengambil sebuah keputusan dalam keadaan marah dan jangan buat janji dalam keadaan gembira.

9. Jika engkau bersabar, takdir akan tetap berlaku bagimu, dan engkau akan mendapatkan pahala. Jika engkau berkeluh kesah, takdir juga akan tetap berlaku bagimu, dan engkau akan mendapat dosa.

10. Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah, dan pada saat ia melawanmu bersabarlah karena keduanya adalah ujian bagimu.

11. Kemarahan dimulai dengan kegilaan dan berakhir dengan penyesalan.

12. Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini.

13. Kesabaran yang teguh akan memadamkan api nafsu.

14. Kesudahan sabar adalah positif dan menyenangkan.

15. Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.

16. Kezaliman akan terus ada bukan karena banyaknya orang-orang jahat, tapi karena berdiam dirinya orang-orang baik.

3 dari 3 halaman

Kata-kata Ali bin Abi Thalib Tentang Kesabaran yang Menginspirasi

17. Lebih baik Anda mengalah sedang Anda dikenang sebagai orang yang adil, daripada Anda memilih menang dalam keadaan Anda sebagai orang yang zalim.

18. Menanggung kesombongan kehormatan lebih berat daripada menanggung kesombongan kekayaan, dan kehinaan kefakiran menghalangi seseorang dari kesabaran, sebagaimana kebanggaan kekayaan mencegah seseorang dari berbuat adil.

19. Orang pesimis melihat kesulitan dalam setiap kesempatan, tetapi orang optimis melihat kesempatan dalam setiap kesulitan.

20. Orang yang bersabar pasti akan meraih keberuntungan, meskipun itu diperoleh setelah waktu yang lama.

21. Sabar adalah benteng dari kefakiran.

22. Sabar adalah gunung yang kokoh menjulang dan tak pernah terguling.

23. Sabar adalah keberanian.

24. Sabar adalah kendaraan yang tidak akan menjatuhkan pengendaranya.

25. Sabar dapat mencabut tuntas bencana, sementara kegelisahan termasuk penambah musibah.

26. Sabar merupakan bagian dari iman sebagaimana tempat kepala merupakan bagian dari tubuh. Jika kepalanya hilang, maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.

27. Seandainya kesabaran berbentuk seorang laki-laki, pasti dia adalah seorang laki-laki yang saleh.

28. Sesungguhnya di antara perbendaharaan kebajikan adalah sabar terhadap segala musibah dan menyembunyikan musibah itu.

29. Sifat pemarah adalah musuh utama akal.

30. Sisihkan gelombang-gelombang kerisauan dengan kekuatan sabar dan keyakinan.

31. Telanlah amarahmu sebab kau tidak pernah menemukan minuman yang dapat meninggalkan rasa lebih manis dan lebih lezat daripada itu.

32. Yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran yang kau jalani, yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa akan pedihnya rasa sakit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.