Sukses

Cara Mudah Buat Ngembangin Kemampuan Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan agar setiap individu bisa melihat banyak hal dari sudut pandang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Berpikir kreatif menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan agar setiap individu bisa melihat banyak hal dari sudut pandang berbeda. Berpikir kreatif bukan cuma penting dalam lingkup dunia kerja saja loh! Dalam keseharian pun, kita dianjurkan agar bisa berpikir kreatif.

Kenapa? Alasannya sederhana kok. Biar kita sebagai individu bisa ngoptimalin dan najemin imajinasi, juga melihat berbagai hubungan dalam masalah dari banyak perspektif.Biar kita jadi lebih mudah buat mencari solusi terbaik.

Selain itu, kemampuan berpikir positif juga memiliki beberapa manfaat. Pertama, memudahkanmu buat menyelesaikan berbagai masalah dan tantangan. Kedua membuatmu jadi lebih mudah beradaptasi dengan berbagai situasi. Ketiga, memiliki ide baru untuk melakukan inovasi. Terakhir, kamu jadi mudah buat mengatur semua hal baik, mulai dari kebiasaan mengatur jadwal kerja, hingga kebiasaan menata barang dengan rapi. 

Nah pertanyaannya sekarang, gimana sih caranya ngembangin kemampuan berpikir kreatif? Coba lakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:

  • Hindari Pikiran Negatif

 

Cemas, sedih, marah, putus asa merupakan sederet perasaan yang membawamu dalam pemikiran negatif. Orang yang berpikiran negatif, sering banget memikirkan hasil terburuk dari situasi tertentu. Menilai kelemahan dengan cara membandingkan diri dengan orang lain, juga masuk ke dalam pemikiran negatif loh! Jika kamu terus-menerus melakukan hal tersebut dan jadi kebiasaan, bakalan sulit buat beradaptasi dengan situasi. Manfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pun jadi kurang maksimal. 

  • Berani Coba Hal Baru

Mencoba hal baru dapat membantu ngatasin pikiran negatif dan membuat kamu merasa lebih baik. Cobalah keluar dari zona nyaman buat melakukan hal baru. Nggak perlu setiap hari, minimal kamu mencoba melakukan hal baru dua sampai tiga kali setiap minggunya, agar menjadi kebiasaan positif. 

Dengan coba hal baru, kamu artinya sedang mengembangkan growth mindset. Kamu mau berlatih dan mencoba tantangan baru. Jika pun gagal, jadikan hal tersebut sebagai peluang untuk lebih berkembang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembangin Rasa Ingin Tahu

Pada dasarnya berpikir kreatif adalah cara berpikir yang dimiliki seseorang, dengan tujuan untuk menciptakan ide atau hal baru yang berbeda dari orang lain. Nah, buat  meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, kamu harus mulai mengembangkan rasa keingintahuan yang besar, buat menemukan ide-ide baru. Rasa ingin tahu memberi rangsangan aktif, agar kamu dapat memaksimalkan ide-ide yang terbesit dipikiranmu. 

  • Brainstorming

Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, kamu harus dapat mengubah keadaan menjadi lebih baik dari kondisi sebelumnya. Caranya bisa dengan menerapkan metode brainstorming. Metode ini dapat kamu lakukan untuk menentukan gagasan atau ide juga untuk memecahkan masalah yang dialami. Ketika brainstorming, kamu akan mendengarkan pendapat dari orang lain sebagai bagian dari refleksi. Selain itu, saat brainstorming, secara nggak langsung kamu juga akan terpicu buat mengeluarkan ide-ide baru.  

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.