Sukses

Apa Versi Panjang dari Kata Spam? Ini Penjelasan Lengkapnya

Spam adalah akronim dari Sending and Posting Advertisement in Mass.

Liputan6.com, Jakarta Apa versi panjang dari spam merupakan pertanyaan yang kerap diperbicarakan oleh masyarakat. Spam adalah akronim dari Sending and Posting Advertisement in Mass. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian spam adalah surat yang dikirim tanpa diminta melalui internet, biasanya berisi iklan.

Dalam konteks teknologi saat ini, spam memiliki dampak yang merugikan mulai dari menyebabkan gangguan bagi pengguna hingga menyebabkan kerugian finansial. Umumnya, spam merupakan teknologi yang tidak diinginkan oleh penerima.

Apa versi panjang dari kata spam adalah dikenal pula sebagai surat yang bisa ditemukan pada penggunaan surat elektronik, SMS, dan aplikasi kirim pesan online lainnya. Pesan yang masuk dalam kategori spam adalah dikirim oleh pengirim kepada penerima dalam jumlah yang besar, tidak hanya satu penerima.

Agar lebih paham, berikut Liputan6.com ulas mengenai apa versi panjang dari kata spam beserta tujuan, jenis-jenis, dan dampaknya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Versi Panjang dari Kata Spam

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, apa versi panjang dari kata spam adalah Sending and Posting Advertisement in Mass. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian spam adalah surat yang dikirim tanpa diminta melalui internet, biasanya berisi iklan.

Definisi lain, apa versi panjang dari kata spam adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada pesan-pesan tak diinginkan yang seringkali mengganggu pengguna internet. Pesan-pesan ini bisa berupa promosi, iklan, email newsletter, dan jenis konten lainnya yang dikirimkan dalam jumlah besar tanpa persetujuan dari penerima. Spam seringkali membuat pengguna merasa terganggu dan memenuhi ruang penyimpanan dalam kotak surat elektronik.

Selain mengganggu, apa versi panjang dari kata spam juga dapat berisi konten berbahaya seperti virus, malware, dan penipuan. Pengguna internet perlu berhati-hati dalam membuka pesan spam karena dapat membahayakan perangkat anda atau mengakibatkan pencurian informasi pribadi.

Para pengirim spam biasanya menggunakan berbagai cara untuk menyebarkan pesan-pesan mereka, termasuk memanfaatkan teknologi dan algoritma untuk mengirimkan pesan dalam jumlah besar. Organisasi dan perorangan pun berusaha untuk memerangi spam dengan berbagai metode, termasuk penggunaan filter dan pelaporan tindakan spam kepada penyedia layanan internet.

3 dari 5 halaman

Tujuan Spam

Setelah mengetahui apa versi panjang dari kata spam, anda perlu memahami tujuan dari spam adalah untuk mengirimkan pesan yang tidak diinginkan kepada sebanyak mungkin orang dalam upaya untuk mempromosikan produk, layanan, atau tujuan tertentu. Spam juga dapat digunakan untuk mencuri informasi pribadi seperti data keuangan atau informasi login melalui teknik phishing.

Dengan menggunakan spam, para pengirim dapat mencoba untuk meningkatkan penjualan atau lalu lintas situs web mereka dengan cara yang tidak etis. Mereka juga dapat mencoba untuk menyebarkan malware atau virus melalui lampiran atau tautan yang terdapat dalam pesan spam.

Selain itu, spam juga dapat menjadi untuk mengumpulkan informasi pribadi dari korban, seperti alamat email, nomor telepon, atau data keuangan. Informasi ini kemudian dapat dijual ke pihak lain atau digunakan untuk tujuan penipuan atau identitas palsu.

4 dari 5 halaman

Jenis-jenis Spam

Berikut ini beberapa jenis-jenis spam yang perlu anda ketahui, antara lain:

1. Surat Elektronik atau Email

Spam surat elektronik atau spam email adalah praktik pengiriman pesan dalam surat elektronik yang tidak diinginkan, sering bersifat komersial, dan masuk dalam jumlah besar kepada siapa pun.

2. Pesan Instan

Ada beberapa peran instan yang sering anda gunakan setiap harinya, yakni WhatsApp, Telegram, Line, dan sebagainya. Spam pesan instan memanfaatkan sistem dari pesan instan. Spam pesan instan cenderung tidak diblokir oleh firewall sehingga saluran ini sangat berguna bagi para spammers.

3. Mesin Pencari Informasi Web (Web Search Engine Spam)

Spam ini disebut juga spamdexing, singkatan dari spamming dan indexing. Spamdexing ini mengacu pada praktik di WWW dari modifikasi halaman HTML untuk meningkatkan kesempatan mereka dalam menempatkan apa itu spam di mesin pencari dengan relevansi paling tinggi.

4. Telepon Genggam

Spam telepon genggam sering kali diarahkan pada layanan pesan teks atau sms di ponsel.

5. Usenet Newsgroup dan Forum

Spam newsgroup adalah jenis spam yang sasarannya adalah usenet newsgroup. Jenis spam ini sebenarnya merupakan spam sebelum spam surat elektronik. Spam ini sering masuk secara berulang dengan subtansi pesan yang sama.

Spam forum adalah menciptakan pesan berupa iklan atau pesan yang tidak diinginkan di forum internet. Umumnya, spam ini dilakukan oleh robot spam otomatis. Kebanyakan spam di forum terdiri dari link ke situs eksternal, dengan tujuan selain untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari di daerah sangat kompetitif.

6. Game Online

Spam game online memungkinkan penerima melakukan pesan dalam sebuah game. Biasanya spammers jenis ini mencoba untuk menjual permainan yang berhubungan dengan barang dan uang dalam dunia nyata. Mereka mengirim spam melalui sistem pesan dalam permainan atau bisa juga mematikan permainan kemudian membawa pemain ke situs web penjualan.

5 dari 5 halaman

Dampak dari Spam

Berikut ini terdapat beberapa dampak menerima spam yang perlu diperhatikan, yakni:

  1. Mengakibatkan sebuah website atau blog lambat diakses karena memproses banyak komentar spam.
  2. Bagi penerima akan menghabiskan waktu untuk menghapus dan membersihkan spam dari perangkat elektronik.
  3. Berisiko menghabiskan sumber daya perangkat elektronik sehingga tidak dapat digunakan dengan baik.
  4. Menghabiskan banwidth, menyebabkan penggunaan internet menghapus spam menjadi lebih banyak.
  5. Berisiko mengalami penipuan karena penyalahgunaan data oleh pengirim pesan spam.
  6. Perangkat elektronik yang dimiliki menjadi rentan terhadap kemungkinan terjangkit malware yang menyusup di dalam spam.
  7. Ketinggalan informasi dari perusahaan bila itu berhubungan dengan masalah pekerjaan yang dikirim kepada banyak karyawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.