Sukses

Model Gamis Katun yang Nyaman, Adem, dan Tampil Elegan

Gamis katun merupakan varian gamis yang dirancang dengan menggunakan bahan katun dari bahan serat alami.

Liputan6.com, Jakarta Tren busana gamis dengan bahan katun banyak diminati oleh Muslimah, hal ini karena memiliki desain longgar, menutupi seluruh tubuh, dan bahan yang adem saat digunakan. Gamis katun merupakan varian gamis yang dirancang dengan menggunakan bahan katun dari bahan serat alami.

Selain nyaman dikenakan, gamis katun juga memiliki beragam desain dan gaya, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih mewah. Sehingga memungkinkan pemakainya memilih sesuai dengan model.

Pada umumnya, model gamis katun ada yang polos dan bermotif. Motif yang sering digunakan adalah motif bunga dan daun. Sedangkan untuk desain modelnya, banyak para desainer dan merek fashion yang menawarkan gamis katun sesuai dengan tren terkini.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai model gamis katun yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Model Gamis Katun

Ada berbagai model gamis dengan bahan katun yang dapat anda pilih, baik polos maupun bermotif. Berikut ini model gamis katun dengan tren terkini, yakni:

1. Gamis A-Line

Gamis A-line memiliki potongan lurus dari bahu ke bawah yang membentuk huruf A, menciptakan siluet yang longgar dan nyaman. Model ini umumnya nyaman dikenakan sehari-hari atau dalam acara formal.

2. Gamis Puff Sleeve

Gamis dengan lengan puff (lengan mekar) menambahkan sentuhan feminin dan dramatis pada busana. Puff sleeve dapat hadir dalam berbagai bentuk, seperti lengan panjang atau pendek, sesuai dengan selera dan situasi.

3. Gamis Layering

Gamis layering merupakan gamis dengan model tumpukan-tumpukan. Sepintas gamis model ini mirip seperti layaknya tunik yang dipadukan dengan rok panjang. Model gamis dengan lapisan-lapisan kain atau tumpukan kain di bagian bawah memberikan tampilan yang indah dan elegan. Model ini cocok untuk acara formal atau pesta.

4. Gamis Maksidress

Gamis dengan potongan panjang hingga mata kaki atau lebih panjang dikenal sebagai maksidress. Maksidress memberikan tampilan yang santai namun tetap anggun dan cocok untuk berbagai kesempatan.

5. Gamis Lengan Lonceng

Gamis katun berikutnya adalah gamis yang memiliki model lengan lonceng. Gamis lengan lonceng ini merupakan salah satu model gamis katun yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng yang dibuat membesar pada bagian bawahnya. Gamis model lengan lonceng ini bisa dikenakan dalam acara formal maupun non formal.

6. Gamis Cape

Gamis katun selanjutnya adalah gamis yang memiliki  model dengan detail bagian  luar tanpa lengan dengan potongan panjang pada bagian belakang. Potongan ini dikenakan dengan cara diikatkan atau direkatkan pada sekitar leher dan pundak.

7. Gamis Ruffle

Gamis katun selanjutnya adalah gamis memiliki detail aksen ruffle di beberapa bagian, misalnya bagian perut, lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, hingga di bagian depannya. Desain gamis katun ini banyak diminati oleh Muslimah.

3 dari 3 halaman

Tips Memilih Gamis dengan Bahan Katun

Memilih gamis dengan bahan katun memang merupakan pilihan yang baik karena katun dikenal sebagai bahan yang nyaman, ringan, dan cocok untuk berbagai kesempatan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat memilih gamis dengan bahan katun:

1. Perhatikan Jenis Katun

Katun memiliki berbagai jenis, seperti katun polos, katun poplin, katun twill, dan sebagainya. Pilih jenis katun yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Misalnya, katun poplin cenderung ringan dan halus, sementara katun twill lebih tebal.

2. Periksa Kualitas Katun

Pastikan untuk memeriksa kualitas katun yang digunakan dalam gamis. Katun yang berkualitas tinggi lebih nyaman dan tahan lama. Pilih gamis yang terbuat dari katun yang lembut dan tidak membuat kulit iritasi.

3. Perhatikan Keterawatan

Periksa panduan perawatan pada label pakaian untuk memastikan bahwa Anda dapat merawat gamis dengan mudah. Sebagian besar gamis katun bisa dicuci dengan mesin, tetapi pastikan untuk mengikuti petunjuk perawatan yang diberikan oleh produsen.

4. Pilih Desain yang Sesuai

Pilihlah gamis dengan desain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Apakah Anda menginginkan gamis dengan potongan A-line, polos, bermotif, atau desain khusus, pastikan untuk memilih sesuai dengan gaya pribadi dan konteks acara.

5. Ukuran yang Tepat

Pastikan untuk memilih gamis dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda. Sebuah gamis yang terlalu besar atau terlalu kecil mungkin tidak memberikan penampilan yang baik dan bisa membuat Anda merasa tidak nyaman.

6. Pertimbangkan Panjang Gamis

Tentukan panjang gamis yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Apakah Anda lebih suka gamis yang panjang hingga mata kaki atau lebih pendek, pastikan bahwa panjangnya sesuai dengan preferensi Anda.

7. Warna yang Cocok

Pilih warna gamis yang sesuai dengan warna kulit Anda dan cocok dengan situasi atau acara yang akan Anda hadiri. Warna-warna netral atau pastel umumnya lebih serbaguna.

8. Cek Kebenaran Warna dan Motif

Periksa kebenaran warna dan motif gamis, terutama jika Anda membeli secara online. Beberapa perbedaan warna mungkin muncul karena perbedaan pencahayaan atau pengaturan monitor.

9. Kenali Jenis Katun yang Hangat

Jika Anda tinggal di daerah dengan cuaca yang cenderung dingin, pertimbangkan untuk memilih gamis dengan jenis katun yang sedikit lebih tebal atau dapat memberikan kehangatan.

10. Bandingkan Harga dan Kualitas

Jangan hanya mempertimbangkan harga gamis, tetapi juga perhatikan kualitasnya. Bandingkan harga dengan kualitas produk untuk memastikan Anda mendapatkan nilai yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.