Sukses

Gladi Bersih adalah Latihan Terakhir Sebelum Pelaksanaan Acara, Pahami Fungsinya

Gladi bersih kerap juga disebut dengan sebutan gladi resik.

Liputan6.com, Jakarta Gladi bersih adalah istilah yang mungkin sudah tidak jarang terdengar dalam percakapan sehari-hari. Apalagi saat kamu akan melakukan sebuah kegiatan, acara, pementasan atau akan menampilkan sebuah pertunjukan seni.

Gladi bersih adalah latihan terakhir sebelum pementasan dilakukan. Latihan terakhir yang disebut dengan gladi bersih ini dilakukan di lokasi sebenarnya sebelum pertujukan. Hal ini untuk memastikan pementasan atau kegiatan benar-benar siap dilaksanakan.

Gladi bersih kerap juga disebut dengan sebutan gladi resik. Selain gladi bersih atau gladi resik, kamu juga perlu mengenal istilah gladi kotor. Keduanya berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan sebelum pementasan, konser, atau pertunjukan dilakukan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/11/2023) tentang gladi bersih adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gladi Bersih adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gladi bersih adalah pelatihan umum yang terakhir kali sebelum pelaksanaan atau pementasan pada acara sesungguhnya (penampilannya menyerupai pelaksanaan (pementasan) yang sesungguhnya). Gladi bersih adalah latihan terakhir sebelum pementasan dilakukan di lokasi sebenarnya pada sebelum pertujukan, untuk memastikan pementasan atau kegiatan benar-benar siap.

Sebelum suatu kegiatan seni seperti pementasan, konser atau pertunjukan dilakukan, biasanya dilakukan gladi bersih dan gladi kotor. Gladi bersih adalah suatu kegiatan yang dilakukan tepat sebelum kegiatan seni dengan persiapan sesungguhnya. Gladi bersih adalah aktivitas yang sebelumnya didahului dengan persiapan awal atau gladi kotor.

Gladi kotor dapat dilakukan dalam beberapa hari sebelum kegiatan seni. Gladi kotor dapat dilakukan tanpa kostum, dan dilakukan untuk melihat kesiapan awal pementasan. Gladi kotor adalah pelatihan umum menjelang pelaksanaan gladi bersih. Hasil galdi kotor dapat dievaluasi untuk dilakukan perbaikan sebelum dilakukan gladi bersih.

Format gladi bersih adalah dilaksanakan sebagaimana pementasan sesungguhnya berlangsung. Gladi bersih dipimpin oleh pembawa acara dan penanggung jawab kegiatan. Pada pementasan, pemain sudah memakai kostum dan alat yang diperlukan, dan melakukan pertunjukan sesuai dengan yang akan dipentaskan.

Tujuan utama dari pelaksanaan gladi bersih adalah untuk mengukur kesiapan dari panitia dan juga peserta dalam melaksanakan suatu kegiatan atau acara yang sebenarnya. Contoh kegiatan atau acara yang perlu melakukan gladi bersih adalah acara pelantikan, persiapan kelulusan, hingga pertunjukan seni atau konser musik.

3 dari 4 halaman

Fungsi Gladi Bersih

Gladi bersih adalah pelatihan umum yang terakhir kali sebelum pelaksanaan pada acara sesungguhnya, di mana penampilannya menyerupai pelaksanaan yang sesungguhnya. Jadi, gladi bersih adalah kegiatan yang merupakan bentuk simulasi sesuai dengan agenda acara. Pelaksanaan gladi bersih tentunya memilik fungsi tertentu untuk kelancara acara.

Fungsi gladi bersih adalah untuk mencari tahu sejauh mana kesiapan penyelenggara. Dari gladi bersih, kamu akan mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki sebelum acara berlangsung. Dengan dilaksanakannya gladi bersih, seseorang dapat mengatasi kebingungan atau ketidakpastian sebelum acara sesungguhnya dimulai. Selain itu, gladi bersih pun dapat menyempurnakan persiapan sekaligus meminimalisir berbagai kesalahan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Pelaksanaan Gladi Bersih

Pelaksanaan gladi bersih sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah acara. Bahkan, gladi bersih adalah kegiatan yang sangat penting dalam memengaruhi kesuksesan dan kelancaran sebuah acara. Jadi, gladi bersih bukan hanya latihan terakhir sebagai pementasan, tapi juga simulasi dari pementasan yang akan dilakukan nantinya.

Gladi bersih adalah kesempatan para penyelenggara dan penampil mengevaluasi faktor-faktor penting yang akan memengaruhi pementasan nantinya. Jadi, manfaat gladi bersih ini sangat besar untuk pementasan. Melansir laman Indihome, manfaat pelaksanaan gladi bersih adalah sebagai berikut:

1. Mematangkan kemampuan dan keterampilan

Gladi bersih biasanya dihadiri oleh berbagai pihak yang berkaitan dengan suatu acara. Mereka akan melakukan simulasi acara yang sesuai dengan jadwal sesungguhnya. Selama proses gladi bersih tersebut, pihak penyelenggara akan mematangkan keterampilan dan kemampuan masing-masing.

Dengan adanya aktivitas gladi bersih, para penyelenggara dan pihak terkait diharapkan mampu menghindari berbagai kesalahan sekaligus kebingungan saat acara berlangsung. Sehingga penyelenggaraan acara pun bisa berjalan lancar.  

2. Menambah wawasan dan pengalaman penyelenggara maupun peserta

Tidak hanya meminimalisir kebingungan ketika acara berlangsung, gladi bersih juga bermanfaat dalam memberikan wawasan serta pengalaman pada penyelenggara dan peserta. Melalui kegiatan ini, pihak  yang terlibat akan menjalankan perannya.

Secara bersamaan mereka dapat menganalisa peran masing-masing dalam acara tersebut. Tidak hanya itu, mereka pun akan mengambil pelajaran dari setiap peran sehingga menambah wawasan dan pengalaman.

3. Penyempurna acara

Dalam pelaksanaan gladi bersih, segala kekurangan dan kelebihan dapat dievaluasi sebelum acara berlangsung. Ini memungkinkan suatu acara berjalan sempurna karena penyelenggara mampu memperbaiki kekurangan. Nantinya dalam gladi bersih, setiap orang akan memberikan catatan atau evaluasi pada satu sama lain. Akhirnya acara tidak hanya berlangsung sempurna, tapi juga menimbulkan rasa kekompakan, kedisiplinan, dan membangun kerjasama yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.