Sukses

5 Life Skill Wajib Buat Mahasiswa Rantau Agar Lebih Mandiri dan Survive

Akhir bulan biasanya jadi waktu krusial bagi mahasiswa kos untuk bisa menjalani hari yang menjadi alasan mereka perlu berbagai kemampuan.

Liputan6.com, Jakarta Ketika menjadi mahasiswa rantau, ada banyak sekali hal yang harus dipelajari dan dikuasai. Sebab kehidupan mahasiswa rantau pastinya berbeda dengan teman-teman yang tinggal bersama orang tua. Salah satunya yaitu pengalaman ngekos. 

Saat ngekos, mahasiswa dituntut mandiri dan bisa ‘bertahan hidup’ dalam kondisi apapun. Akhir bulan biasanya jadi waktu krusial bagi mahasiswa kos untuk bisa menjalani hari yang menjadi alasan mereka perlu berbagai kemampuan. Kalau begitu, intip yuk life skill apa saja yang wajib dikuasai mahasiswa rantau.

Skill Belanja dan Menawar

Skill belanja jadi yang cukup penting bagi mahasiswa kos. Dengan belanja sendiri, anak kos bisa hidup lebih hemat dan tahu apa saja kebutuhan serta bagaimana kualitas produk yang dibeli.

Ohiya, skill belanja ini nggak cuma ketika di pasar, lho. Skill belanja online dengan kemampuan menemukan toko yang bagus dan analisis kualitas produk dari komentar yang ada juga jadi skill wajib. Sementa itu, kalau belanja di pasar tradisional, anak kos perlu skill menawar supaya dapat harga miring.

Walau Nggak Pintar, Harus Bisa Memasak

Skill memasak juga beriringan dengan skill belanja. Semisal anak kos habis belanja sayur atau lauk di pasar tradisional, maka skill memasak juga mau nggak mau harus dikuasai. Well, nggak perlu seenak masakan Ibu di rumah, yang penting diri sendiri suka.

Selain bisa berhemat, memasak juga menjadi pola hidup sehat. Jadi, nggak ada deh pengalaman makan mie instan setiap hari atau nyemil obat maag. Itulah kenapa skill masak juga diperlukan.

Anak Kos Wajib Bersih-Bersih

Skill bersih-bersih seperti menyapu, mengepel, merapikan tempat tidur, dan kegiatan menjaga kebersihan lainnya harus dimiliki mahasiswa rantau yang ngekos. Minimal sehari sekali lantai kamar kos harus disapu dan dipel tiap minggu. Kamar kos yang bersih tentu bikin nyaman.

Nggak lupa juga menjaga kebersihan diri dan jangan biasakan menumpuk piring kotor. Sehabis makan, cucilah piring kotor agar tidak mager kalau sudah menumpuk. Yang perlu diingat, tugas kuliah mahasiswa juga menanti untuk diselesaikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manajemen Waktu

Bisa ngatur waktu jadi skill yang nggak kalah penting. Ketika harus hidup jauh dari orang tua dan keluarga, banyak hal yang harus diurus sendiri, dan pada akhirnya kamu butuh manajemen waktu yang baik.

Kamu harus tau skala prioritas apa yang harus dikerjakan lebih dulu. Ketika ada tugas dari dosen yang harus segera diselesaikan dan perlu meluangkan waktu buat bersih-bersih kamar, tentu ada waktu main yang harus dikorbankan.

Skill Mengatur Keuangan

Skill mengatur keuangan menjadi keterampilan penting bagi mahasiswa kos. Dalam mengatur keuangan, anak kos perlu yang praktis dan memudahkan dalam transaksi terutama ketika ingin belanja sehabis dapat uang bulanan dari orang tua atau penghasilan sendiri.

Menggunakan dompet digital seperti DANA bisa membantu memudahkan anak kos dalam mengatur keuangan, lho. Selain dapat dengan mudah melacak transaksi untuk memantau pengeluaran, dengan DANA yang #BukanDompetBiasa bikin mahasiswa kos nggak perlu repot-repot lagi ganti aplikasi saat jajan atau transaksi lainnya. Sebab, semua ragam transaksi bisa dilakukan lewat DANA.

Selain itu, DANA menawarkan fitur-fitur unggulan seperti kirim uang ke mana aja GRATIS biaya admin & bisa hemat biaya top up e-wallet. Selain itu DANA juga menawarkan fitur penyimpanan kartu bank, jadi kalo mau transaksi nggak perlu repot bawa banyak kartu fisik. 

Tenang, masih ada lagi fitur yang ditawarkan, yaitu bisa bayar QRIS apa aja pakai Saldo DANA atau Saldo dari Kartu Bank yang sudah kamu simpan di DANA. Dengan DANA, semua transaksi jadi lebih mudah dan efisien, lho.

Nah, itulah skill yang wajib dikuasai mahasiswa rantau. Jangan sampai bikin orang tua khawatir ketika harus hidup jauh dari kamu, ya. Coba gunakan semua hal yang bisa bikin hidup lebih efisien seperti DANA yang #BukanDompetBiasa.

Segera download dan pakai aplikasi DANA sekarang!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini