Sukses

8 Manfaat Ikan Sidat untuk Kesehatan, Penuh Kandungan Nutrisi

Manfaat ikan sidat dipengaruhi oleh kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ikan sidat perlu dipahami oleh setiap orang. Pasalnya, ikan sidat memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh. Ikan sidat merupakan ikan yang mempunyai  gizi yang sangat tinggi dan sangat diminati di  Jepang.

Di Negeri Sakura, ikan sidat diolah menjagi unagi yang harganya mahal. Namun, untuk itu ikan sidat harus memenuhi persyaratan seperti harus berdaging lembut, tidak alot, tidak terpisah kulit dan dagingnya saat dimasak, hingga daging tidak berbau tanah atau algae.

Secara sepintas ikan sidat mirip dengan belut, yaitu memiliki tubuh bulat memanjang dengan mata kecil. Perbedaan ikan sidak dengan belut adalah adanya sirip di dekat kepala ikan sidat yang terlihat mirip telinga. Selain itu, belut hidup di daerah berlumpur, sedangkan ikan sidat habitatnya dalam air yang jernih, banyak mengandung oksigen yang terlarut.

Manfaat ikan sidat dipengaruhi oleh kandungan nutrisi yang dimilikinya. Ikan Sidat merupakan ikan yang unik. Ikan Sidat mampu hidup dalam air laut, air payau dan air tawar sepanjang proses kehidupannya. Khasiat ikan sidat ditengarai tidak jauh berbeda dengan ikan salmon. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/10/2023) tentang manfaat ikan sidat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat ikan sidat yang pertama yaitu dapat meningkatkan kecerdasan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan asam lemak omega-3, yaitu DHA (asam docosahexaenoic) dan EPA (asam eicosapentaenoic) pada ikan sidat yang sangat baik bagi perkembangan otak, terutama pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Selain itu, manfaat ikan sidat juga baik untuk meningkatkan daya ingat bagi orang dewasa.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Ikan sidat telah digunakan sebagai pengobatan untuk berbagai macam penyakit, terutama yang berkaitan dengan jantung. Manfaat ikan sidat dapat mencegah penyakit kardiovaskuler, seperti stroke, serangan jantung, kolesterol, dan diabetes. Hal ini tidak terlepas dari kandungan omega-3 yang terdapat dalam ikan sidat, yang baik untuk menghindari terjadinya penyakit kardiovaskuler.

3 dari 5 halaman

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ikan sidat berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini tidak terlepas dari kandungan vitamin A yang melimpah pada ikan sidat. Konsumsi ikan sidat atau unagi ini dapat membantu melindungi retina dari degenerasi makula dan katarak.

Vitamin A juga membantu menjaga pembuluh darah mata ke otak agar tidak menyempit. Bahkan, vitamin A pada ikan sidat dapat menghentikan pembentukan radikal bebas, yang dapat merusak lensa dan sel-sel retina.

4. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Ikan sidat memiliki kandungan beta-karoten dengan sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Sifat antioksidan ini akan membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek merusak radikal bebas dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, manfaat ikan sidat dapat membantu dalam meningkatkan imunitas dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

4 dari 5 halaman

5. Mencegah Diabetes

Manfaat ikan sidat berikutnya adalah dapat mencegah diabetes. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan protein yang tinggi pada ikan sidat. Protein dapat membantu produksi insulin dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, ikan sidat dapat mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe apapun, terutama diabetes tipe-2.

6. Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Ikan sidat merupakan  sumber protein hewani yang baik. Protein adalah nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan, perbaikan sel, dan fungsi tubuh yang baik. Kandungan protein dalam ikan sidat ini dapat mempercepat penyembuhan luka dan membantu kemampuan tubuh untuk memperbaiki kembali sel-sel mati.

5 dari 5 halaman

7. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat ikan sidat lainnya yaitu dapat menjaga tekanan darah. Hal ini berkat kandungan zinc atau zat besi yang dimilikinya, yang berfungsi mengatur angiotensin dan endotelin yang berpengaruh terhadap tekanan darah. Zat besi ini sangat penting untuk membantu tubuh mengangkut oksigen melalui darah. Jadi, kamu bisa memasak ikan sidat dengan cara yang tepat agar mendapatkan khasiatnya ini.

8. Rendah Lemak Jenuh

Ikan sidat juga rendak kandungan lemak jenuh, yang dapat menjadi alternatif asupan yang baik dikonsumsi saat diet. Lemak baik yang terdapat dalam ikan sidat dapat menurunkan kandungan lemak jahat dalam tubuh. Apalagi, ikan ini juga rendah kalori, sehingga dapat menjadi pilihan untuk kamu yang sedang mengontrol berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.