Sukses

Begini Cara Deactive Instagram dengan Mudah, Bisa Sementara Atau Permanen

Deactivate Instagram adalah istilah yang digunakan, untuk menggambarkan tindakan sementara seseorang menonaktifkan akun Instagram.

Liputan6.com, Jakarta Instagram adalah salah satu platform media sosial, yang paling populer di dunia. Namun, terkadang Anda  mungkin ingin mengambil jeda dari media sosial untuk berbagai alasan, seperti privasi, waktu luang, atau kesejahteraan mental. Oleh karena itu, ada beberapa cara deactive instagram atau menonaktifkan sementara akun Instagram Anda. 

Cara deactive instagram ini cukup sederhana untuk dilakukan, hanya dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Perlu diketahui, bahwa cara deactive instagram adalah tindakan untuk menghentikan sementara akses ke akun, dan Anda atau orang lain tidak dapat menggunakannya selama periode nonaktifasi.

Setelah mengetahui cara deactive instagram, maka akun Anda akan dihilangkan dari pencarian publik, dan pengguna lain tidak akan dapat mengakses profil Anda. Semua pengikut dan postingan Anda akan tetap ada, dan orang lain tidak akan tahu bahwa akun Anda sedang dinonaktifkan.

Cara menonaktifkan instagram sendiri, berbeda dengan menghapus akun secara permanen, di mana seluruh data dan konten akan dihapus tanpa kemungkinan pemulihan. Berikut ini cara deactive instagram yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/10/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Deactive Instagram dengan Praktis

Sebelum Anda benar-benar menonaktifkan akun Instagram Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

1. Pastikan untuk mengunduh salinan data Anda sebelum menonaktifkan akun. Instagram memungkinkan Anda untuk mengunduh foto, video, pesan, dan data akun lainnya.

2. Jangan membuat keputusan ini dengan tergesa-gesa, tetapi pertimbangkan alasan Anda untuk ingin menonaktifkan akun dan apakah ini adalah solusi terbaik. 

Berikut adalah cara deactive instagram yang bisa Anda lakukan sebagai berikut: 

  1. Buka aplikasi Instagram di perangkat seluler Anda, atau kunjungi situs web Instagram di komputer Anda.
  2. Pastikan Anda login ke akun Instagram yang ingin Anda nonaktifkan.
  3. Klik ikon profil Anda di sudut kanan bawah (di aplikasi seluler) atau kanan atas (di komputer) untuk membuka profil Anda.
  4. Kemudian klik ikon tiga garis horizontal (di aplikasi seluler) atau klik nama Anda (di komputer) untuk mengakses menu pengaturan.
  5. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Pengaturan" atau "Settings." Di aplikasi seluler, Anda mungkin perlu mengklik "Akun" terlebih dahulu untuk menemukannya.
  6. Di dalam menu pengaturan, klik opsi "Akun" atau "Account."Pilih "Nonaktifkan Akun" atau "Deactivate Account." Klik opsi ini.
  7. Instagram akan meminta Anda untuk memilih alasan ingin menonaktifkan akun.
  8. Instagram akan meminta Anda memasukkan kata sandi untuk konfirmasi, lalu masukkan kata sandi yang sesuai.
  9. Setelah memasukkan kata sandi, klik opsi "Nonaktifkan Akun Sementara" atau "Deactivate Account Temporarily" (pilihan ini bisa berbeda tergantung pada bahasa yang Anda gunakan).
  10. Terakhir, akun Instagram Anda sekarang telah dinonaktifkan sementara, dan bisa mengaktifkannya kembali dengan login kapan saja. 
3 dari 4 halaman

Cara Menghapus Akun Instagram Anda (Permanen)

Cara deactive instagram juga bisa dilakukan secara permanen, di mana langkah ini bisa mengakibatkan seluruh data, postingan, dan informasi yang ada pada akun Anda akan dihapus tanpa kemungkinan pemulihan. Sebelum Anda melanjutkan, pastikan Anda telah mempertimbangkan pilihan ini secara matang, karena tidak akan ada cara untuk mengembalikan akun atau datanya setelah dihapus.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menghapus akun Instagram Anda secara permanen:

  1. Buka aplikasi Instagram di perangkat seluler Anda, atau kunjungi situs web Instagram di komputer Anda.
  2. Pastikan Anda login ke akun Instagram yang ingin dihapus secara permanen.
  3. Buka halaman penghapusan akun Instagram di browser Anda.
  4. Instagram akan meminta Anda untuk memilih alasan, mengapa Anda ingin menghapus akun Anda. Pilih alasan yang sesuai dengan situasi Anda, atau pilih "Lainnya" jika alasan Anda tidak terdaftar.
  5. Untuk mengonfirmasi bahwa Anda adalah pemilik akun, Instagram akan meminta Anda untuk memasukkan kata sandi Anda.
  6. Klik opsi "Hapus Akun Saya Secara Permanen" atau "Permanently Delete My Account."
  7. Berikutnya, Instagram akan meminta untuk konfirmasi terakhir dan memastikan Anda ingin menghapus akun secara permanen.
  8. Klik opsi "Ya, saya ingin menghapus akun saya" atau "Yes, I want to delete my account."
  9. Setelah mengkonfirmasi langkah terakhir, akun Instagram Anda akan dihapus secara permanen. Semua data, postingan, pengikut, dan pengikut yang ada akan hilang dan tidak dapat dipulihkan.
  10. Setelah akun Instagram Anda dihapus secara permanen, Anda tidak akan dapat menggunakannya lagi dengan nama pengguna yang sama.
4 dari 4 halaman

Mengaktifkan Kembali Akun Instagram dan Backup Data

Setelah mengetahui cara deactive instagram, maka ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, untuk mengaktifkan kembali akun yang sebelumnya telah dinonaktifkan. Berikut adalah beberapa langkah-sederhananya: 

  1. Pastikan Anda ingin mengaktifkan kembali akun Instagram, setelah lebih dari satu hari atau 24 jam.
  2. Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda, atau kunjungi situs webnya melalui peramban web.
  3. Masuk atau login ke akun Instagram yang sebelumnya dinonaktifkan, dengan memasukkan nama pengguna, nomor telepon, atau alamat email Anda pada kolom yang tersedia, dan isikan juga kata sandi akun di kolom yang sesuai.
  4. Klik tombol 'Log In' untuk masuk ke akun Anda dan selesai.
  5. Akun Anda kini dapat digunakan kembali.

Sebelum deactive instagram, maka Anda perlu memahami beberapa langkah untuk bisa membackup data Instagram diantaranya: 

  1. Untuk menggunakan aplikasi Instagram di perangkat seluler, buka aplikasi tersebut.Untuk menggunakan situs web Instagram di komputer, kunjungi instagram.com dan pastikan Anda login ke akun Anda.
  2. Di aplikasi seluler, ketuk ikon profil Anda di sudut kanan bawah untuk membuka profil Anda. Kemudian ketuk ikon tiga garis horizontal di sudut kanan atas, untuk membuka menu, dan klik pada ikon profil.
  3. Di aplikasi seluler, ketuk "Pengaturan" atau "Settings" di menu yang telah Anda buka. Sedangkan di situs web, klik "Edit Profile" atau "Edit Profil" di profil Anda.
  4. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Download Data" atau "Download Your Data." Di aplikasi seluler, ini mungkin ada di bawah "Akun" atau "Account," sedangkan di situs web, Anda dapat menemukannya dalam bagian "Data and History."
  5. Instagram akan meminta Anda untuk memasukkan kata sandi, sebagai tindakan keamanan untuk mengkonfirmasi bahwa Anda adalah pemilik akun, yang berhak melakukan pengunduhan data ini.
  6. Setelah memasukkan kata sandi, klik atau ketuk tombol "Request Download" atau "Minta Unduh" untuk memulai proses pengunduhan data.
  7. Instagram akan mengirimkan email ke alamat email yang terkait dengan akun Anda. Buka email tersebut dan klik atau ketuk tautan yang disediakan, untuk mengonfirmasi permintaan pengunduhan.
  8. Setelah konfirmasi, Instagram akan mengumpulkan data Anda dalam bentuk arsip. Anda akan menerima email lain, yang berisi tautan untuk mengunduh arsip tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.