Sukses

OOTD Crinkle Hijab, Tips Memadukan Gaya Hijab Kekinian

Liputan6.com, Jakarta Crinkle hijab adalah jenis hijab atau kerudung yang memiliki tekstur atau pola kerut-kerut (crinkles) pada kainnya. Kain hijab ini biasanya terbuat dari bahan yang ringan dan mudah berkerut, seperti katun atau viscose. Crinkle hijab seringkali memiliki tampilan yang unik dan menarik karena pola kerutannya, dan teksturnya yang khas membuatnya lebih mudah untuk dibentuk dan diatur sesuai dengan gaya berhijab yang diinginkan.

Crinkle hijab populer di kalangan wanita Muslim karena kenyamanan dan gaya yang ditawarkannya. Kainnya yang ringan membuatnya nyaman dipakai sepanjang hari, dan kerut-kerutnya memberikan dimensi tambahan pada tampilan hijab, menjadikannya pilihan yang menarik untuk berbagai acara dan gaya berhijab sehari-hari.

Selain itu, crinkle hijab juga tersedia dalam berbagai warna dan pola, memungkinkan pemakainya untuk menyesuaikan hijab sesuai dengan selera pribadi dan situasi tertentu. Ini adalah salah satu jenis hijab yang populer dan serbaguna di kalangan wanita Muslim yang ingin tampil modis dan tetap mematuhi prinsip berhijab.

Ada banyak sekali model crinkle hijab yang bisa kamu coba untuk tentap tampil modis tetapi juga syar'i. Berikut adalah tips dan sejumlah inspirasi gaya dengan crinkle hijab, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (30/9/2023).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Model Crinkle Hijab

Ada banyak model atau gaya crinkle hijab yang dapat dipilih, tergantung pada preferensi pribadi dan acara tertentu. Beberapa model crinkle hijab yang populer antara lain:

Crinkle Shawl

Ini adalah gaya paling umum dari crinkle hijab, berbentuk persegi panjang dan dapat dibentuk sesuai keinginan. Shawl ini sering digunakan untuk tampilan sehari-hari atau formal.

Crinkle Pashmina

Pashmina crinkle hijab adalah varian yang lebih besar dari shawl, sehingga memberikan lebih banyak pilihan dalam hal penggunaan kreatif.

Crinkle Turban

Crinkle hijab juga dapat digunakan untuk membuat turban yang modis dan elegan. Ini adalah pilihan yang baik untuk tampilan yang lebih santai atau untuk menambahkan sentuhan gaya pada gaya berhijab.

Crinkle Instant Hijab

Ini adalah pilihan yang sangat nyaman, terutama untuk wanita yang ingin menghemat waktu dalam berhijab. Crinkle instant hijab biasanya memiliki desain yang sudah siap pakai dengan tampilan yang tetap rapi.

Crinkle Hooded Hijab

Hijab ini memiliki tudung yang melengkung atau berbentuk tudung dan biasanya digunakan untuk tampilan yang lebih santai dan kasual.

Crinkle Inner Ninja

Ini adalah gaya yang populer di kalangan wanita Muslim yang menginginkan penutup kepala yang lebih rapat dan aman. Crinkle inner ninja sering digunakan sebagai lapisan bawah untuk gaya berhijab lainnya.

Crinkle Cape Hijab

Cape hijab dengan crinkle texture memberikan tampilan yang lebih dramatis dan flowy. Ini sering digunakan dalam gaya formal atau untuk acara-acara khusus.

Crinkle Bandana Hijab

Bandana crinkle hijab adalah pilihan yang nyaman untuk tampilan sehari-hari yang santai. Bandana ini dapat dikenakan dengan gaya yang beragam.

Crinkle Neck Scarf

Scarf crinkle hijab sering digunakan untuk menambahkan aksen pada gaya berhijab. Mereka bisa digunakan di sekitar leher atau sebagai aksesori gaya.

Crinkle Hooded Cape

Ini adalah pilihan yang lebih luas dan longgar yang memberikan tampilan yang sangat modis. Cape ini sering digunakan dalam tampilan fashion street style.

Ingatlah bahwa ini hanya beberapa contoh dari berbagai model crinkle hijab yang tersedia. Crinkle hijab hadir dalam berbagai ukuran, warna, dan gaya, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan tampilan dan kebutuhan berhijab Anda.

3 dari 5 halaman

Cara Memadukan Gaya Berhijab dengan Crinkle Hijab

Memadukan gaya berhijab dengan crinkle hijab bisa menjadi cara yang kreatif dan modis untuk tampil santai sehari-hari atau untuk penampilan yang lebih formal. Berikut adalah langkah-langkah dan tips untuk memadukan gaya berhijab dengan crinkle hijab:

1. Pilih Crinkle Hijab yang Sesuai

Pertama-tama, pilih crinkle hijab yang sesuai dengan warna dan gaya pakaian Anda. Pastikan crinkle hijab tersebut memberikan kontras atau harmoni yang baik dengan pakaian Anda.

2. Siapkan Alas Hijab

Untuk memulai, pastikan Anda memiliki alas hijab yang nyaman dan sesuai dengan tampilan Anda. Ini bisa berupa ciput atau inner ninja, tergantung pada preferensi Anda.

3. Bentuk Crinkle Hijab

Buka crinkle hijab dengan lebar. Anda bisa merapikannya atau membiarkannya tetap berkerut, tergantung pada gaya yang Anda inginkan.

4. Tentukan Panjangnya

Tentukan panjang hijab sesuai dengan gaya yang Anda inginkan. Anda bisa membiarkan hijab cukup panjang untuk menjuntai atau menggulungnya menjadi lebih pendek.

5. Pemasangan Hijab

Letakkan crinkle hijab di atas kepala Anda dengan satu ujung yang lebih panjang dari yang lain. Pastikan hijab menutupi dada Anda dengan baik. Ikat hijab di bawah dagu atau di leher sesuai dengan preferensi Anda. Anda juga bisa menggunakan peniti atau peniti hijab untuk menjaga hijab tetap berada pada posisi yang diinginkan.

6. Kreasi Berkerut

Jika Anda menginginkan tampilan yang berkerut, Anda dapat dengan lembut menggeripkan atau mengelompokkan kain hijab di sekitar wajah Anda untuk menciptakan efek kerutan yang indah.

7. Kreasikan Bentuk

Anda dapat bermain-main dengan bentuk crinkle hijab sesuai dengan gaya Anda. Cobalah untuk membuat lapisan atau lipatan yang unik untuk menciptakan dimensi tambahan pada tampilan hijab Anda.

8. Tambahkan Aksesori

Jika Anda ingin menambahkan sentuhan lebih pada tampilan, Anda dapat mempertimbangkan untuk memakai aksesori hijab seperti bros, bandana, atau headband yang sesuai.

9. Kombinasikan dengan Pakaian

Pastikan pakaian Anda juga sesuai dengan hijab Anda. Anda bisa memilih pakaian yang kontras atau mengikuti warna hijab untuk tampilan yang serasi.

10. Pentingnya Percobaan

Jangan ragu untuk mencoba berbagai gaya dan eksperimen dengan penataan crinkle hijab Anda. Setiap orang memiliki preferensi sendiri dalam berhijab, jadi temukan apa yang terbaik bagi Anda.

Ingatlah bahwa gaya berhijab dengan crinkle hijab adalah ekspresi diri Anda, jadi jadilah kreatif dan merasa percaya diri dalam penampilan Anda. Anda dapat mengadaptasi langkah-langkah ini sesuai dengan gaya pribadi Anda dan situasi tertentu.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Pakaian yang Cocok Dipadukan dengan Crinkle Hijab

Crinkle hijab adalah aksesori hijab yang serbaguna dan dapat dipadukan dengan berbagai jenis pakaian sesuai dengan preferensi dan gaya pribadi Anda. Berikut adalah beberapa jenis pakaian yang cocok dipadukan dengan crinkle hijab:

1. Atasan Longgar

Crinkle hijab seringkali cocok dengan atasan longgar, seperti tunik atau blouse lepas. Ini menciptakan tampilan yang santai dan nyaman.

2. Dress

Crinkle hijab dapat dipadukan dengan berbagai jenis dress, baik itu maxi dress, midi dress, atau dress berpotongan modern. Dress dengan warna dan pola yang serasi dengan crinkle hijab akan menciptakan tampilan yang cantik.

3. Setelan

Crinkle hijab dapat dipadukan dengan setelan pakaian, baik itu setelan celana atau setelan rok. Ini memberikan tampilan yang rapi dan profesional.

4. Jeans

Untuk tampilan kasual sehari-hari, Anda dapat mengenakan crinkle hijab dengan jeans. Kombinasi ini bisa tampil chic dan nyaman.

5. Rok Panjang

Crinkle hijab dapat dipadukan dengan rok panjang untuk tampilan yang elegan. Anda bisa memilih rok dengan warna yang serasi atau kontras dengan hijab.

6. Blazer atau Jaket

Untuk tampilan yang lebih formal, Anda dapat mengenakan crinkle hijab dengan blazer atau jaket. Ini menciptakan tampilan yang profesional dan serbaguna.

7. Pakaian Formal

Crinkle hijab juga dapat digunakan untuk tampilan formal. Anda bisa memadukannya dengan gaun formal atau pakaian beraksen renda untuk acara-acara khusus.

8. Pakaian Berlapis

Crinkle hijab cocok untuk tampilan berlapis. Anda dapat memadukan atasan, cardigan, atau vest dengan crinkle hijab untuk menciptakan dimensi dalam tampilan Anda.

9. Pakaian Warna Solid

Crinkle hijab seringkali dapat dipadukan dengan pakaian warna solid untuk tampilan yang sederhana namun elegan. Misalnya, crinkle hijab hitam dengan dress putih adalah kombinasi yang klasik dan cantik.

10. Pakaian Kasual

Jika Anda mencari tampilan yang santai dan nyaman, crinkle hijab dapat dipadukan dengan pakaian kasual seperti kaos atau t-shirt. Ini adalah pilihan yang baik untuk kegiatan sehari-hari.

11. Pakaian Olahraga

Crinkle hijab juga bisa dipadukan dengan pakaian olahraga, seperti kaos atau legging, untuk tampilan yang aktif dan nyaman.

Ingatlah bahwa kunci untuk memadukan crinkle hijab dengan pakaian adalah memilih warna, pola, dan gaya yang serasi atau kontras sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Selain itu, pastikan bahwa pakaian Anda sesuai dengan kesempatan dan situasi yang Anda hadapi. Dengan kreativitas dan eksperimen, Anda dapat menciptakan berbagai tampilan yang unik dengan crinkle hijab.

5 dari 5 halaman

Perawatan dan Pemeliharaan Crinkle Hijab

Perawatan dan pemeliharaan yang baik adalah kunci untuk menjaga crinkle hijab Anda tetap indah dan awet. Berikut adalah langkah-langkah lengkap untuk merawat dan memelihara crinkle hijab:

1. Baca Label Perawatan

Jika crinkle hijab Anda memiliki label perawatan, pastikan untuk membacanya dan mengikuti instruksi yang diberikan. Ini akan membantu Anda merawat hijab sesuai dengan bahan dan konstruksi khususnya.

2. Pisahkan dari Pakaian Lain

Ketika Anda mencuci crinkle hijab, pastikan untuk memisahkannya dari pakaian lain, terutama pakaian dengan resleting atau bagian yang kasar yang dapat merusak kerutannya.

3. Cuci dengan Lembut

Sebaiknya cuci crinkle hijab dengan tangan atau menggunakan mesin cuci dengan siklus yang lembut. Gunakan air dingin atau suhu rendah untuk menghindari perubahan bentuk atau pengerutan yang tidak diinginkan.

4. Gunakan Sabun Ringan

Gunakan sabun yang lembut dan ringan, terutama jika hijab Anda memiliki warna yang cerah atau mudah pudar. Hindari penggunaan pemutih yang keras atau deterjen kuat.

5. Hindari Penggunaan Pelembut Kain

Pelembut kain dapat mengurangi kerutan pada crinkle hijab, jadi sebaiknya hindari penggunaannya jika Anda ingin menjaga kerutan hijab.

6. Jangan Meremas atau Menggosok Terlalu Keras

Ketika mencuci atau membersihkan crinkle hijab, hindari meremas atau menggosoknya terlalu keras, terutama pada bagian kerutannya. Hal ini dapat merusak bentuk alami crinkle hijab.

7. Keringkan dengan Hat-hati

Setelah mencuci, jangan pernah memeras crinkle hijab. Alih-alih, peras dengan lembut untuk menghilangkan kelebihan air, dan kemudian gantung hijab untuk dikeringkan. Pastikan untuk menjaga bentuk kerutannya saat menggantungnya.

8. Simpan dengan Baik

Simpan crinkle hijab dengan baik di lemari atau laci yang kering dan bersih. Anda dapat melipatnya dengan baik agar tidak menghancurkan kerutannya. Hindari menyimpannya bersama pakaian berat atau berpotongan kasar yang dapat merusak kerutan hijab.

9. Hindari Paparan Matahari Langsung

Jika Anda menjemur crinkle hijab di luar ruangan, hindari sinar matahari langsung yang berlebihan. Ini dapat menyebabkan pemudaran warna dan merusak tekstur crinkle hijab.

10. Periksa dan Perbaiki

Secara berkala, periksa crinkle hijab Anda untuk melihat apakah ada benang yang longgar atau kerusakan lainnya. Jika ada, segera perbaiki untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

11. Gunakan Penyimpanan yang Sesuai

Jika Anda perlu menyimpan crinkle hijab dalam jangka waktu yang lama, gunakan penyimpanan yang sesuai seperti kantong atau kotak penyimpanan yang lembut agar hijab tetap terlindungi.

Dengan merawat dan memelihara crinkle hijab dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa hijab tersebut tetap cantik dan awet dalam jangka waktu yang lama. Dengan perawatan yang tepat, crinkle hijab Anda akan selalu siap untuk digunakan dalam berbagai kesempatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.