Sukses

Apa Itu Impresif? Pahami Definisi, Penggunaan, dan Contohnya

Impresif adalah meninggalkan kesan yang dalam atau mengesankan.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu impresif adalah istilah yang mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Anda mungkin dapat menjumpai kata impresif ini di berbagai majalah, media sosial, atau bahkan di berita olahraga. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, apa itu impresif adalah meninggalkan kesan yang dalam atau mengesankan. Secara umum, kata impresif ini berkaitan dengan kemampuan untuk membuat kesan yang sangat positif atau kuat pada orang lain melalui komunikasi, karya seni, atau tindakan.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui penggunaan dari apa itu impresif. Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai apa itu impresif beserta penggunaan dan contohnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Impresif

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, apa itu impresif adalah meninggalkan kesan yang dalam atau mengesankan. Pengalaman yang mengesankan artinya peristiwa atau kejadian pernah dialami seseorang tidak mudah dilupakan atau selalu ingat. Ada lima macam pengalaman mengesankan adalah sebagai berikut:

Pengalaman yang membahagiakan.

  1. Pengalaman yang menyedihkan.
  2. Pengalaman yang memalukan.
  3. Pengalaman yang menakutkan.
  4. Pengalaman yang mengecewakan.

Secara umum, kata impresif ini berkaitan dengan kemampuan untuk membuat kesan yang sangat positif atau kuat pada orang lain melalui komunikasi, karya seni, atau tindakan. Secara bahasa, apa itu impresif berasal dari bahasa Inggris yakni impressive yang berarti mengharukan atau mengesankan.

Dalam KBBI, impresif adalah kata yang dikategorikan ke dalam kelompok adjektiva yang fungsinya menerangkan nomina ataupun pronomina. Makna lainnya dari impresif adalah dapat memengaruhi perbuatan atau tindakan. Jadi, apa itu impresif adalah sesuatu yang sangat berkesan sehingga membuat orang melakukan suatu perbuatan atau tindakan.

3 dari 4 halaman

Penggunaan Kata Impresif

Impresif adalah sifat atau kemampuan untuk mempengaruhi, memukau, atau membuat kesan yang kuat pada orang lain. Penggunaan impresif dapat berkaitan dengan berbagai konteks dan situasi. Sedangkan penggunaan waktu impresif ini tergantung dengan situasi yang sedang dihadapi seperti ketika kalian merasa kagum atau terpesona melihat sesuatu. Konteksnya bisa dalam bentuk tindakan ataupun ucapan seseorang yang mengesankan.

1. Seni dan Kreativitas

Seorang seniman lukis yang mampu menciptakan karya seni yang impresif dapat membuat penonton terkesan oleh keindahan dan kekuatan ekspresi dalam lukisannya.

2. Komunikasi dan Pidato

Seorang pembicara yang mampu menyampaikan pidato yang impresif dapat memengaruhi pendengarnya, membuat mereka terinspirasi, atau mengubah pandangan mereka tentang suatu masalah.

3. Kinerja Seni

Seorang musisi, penari, atau aktor yang tampil secara impresif di atas panggung dapat menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi penontonnya.

4. Bisnis dan Pemasaran

Sebuah produk atau layanan yang dipasarkan dengan cara yang impresif dapat menarik perhatian konsumen dan meningkatkan minat mereka untuk membeli.

5. Kepemimpinan

Seorang pemimpin yang memiliki kemampuan kepemimpinan yang impresif dapat memotivasi dan menginspirasi timnya untuk mencapai hasil yang luar biasa.

6. Karya Sastra dan Tulisan

Seorang penulis yang mampu menghasilkan karya sastra yang impresif dapat memikat pembaca dengan cerita, gaya penulisan, atau pesan yang kuat.

7. Prestasi dan Keberhasilan Pribadi

Seseorang yang mencapai pencapaian yang impresif dalam karier, olahraga, atau bidang lainnya dapat menjadi inspirasi bagi orang lain.

8. Seni Rupa dan Desain

Sebuah desain produk atau karya seni yang impresif dapat menciptakan nilai tambah dan daya tarik yang tinggi bagi konsumen.

Penggunaan impresif bervariasi tergantung pada konteks dan tujuan yang ingin dicapai. Dalam banyak kasus, impresif berarti memiliki kemampuan untuk membedakan diri atau menciptakan dampak yang kuat dalam suatu domain tertentu.

4 dari 4 halaman

Contoh Penggunaan Kata Impresif

Ada beberapa contoh penggunaan kata impresif dalam berabagi situasi adalah sebagai berikut:

  1. Penjaga gawang menyita perhatian penonton karena aksinya yang sangat impresif saat menangkap bola lawan.
  2. Cara pemain voli mengungkapkan rasa semangatnya sangat impresif dan membuat penonton semakin antusias mengikuti pertandingan.
  3. Siska tampil sangat impresif ketika menjadi narasumber acara penggalangan dana.
  4. Seminar Nasional yang dipandu oleh Kevin sangat impresif sehingga membuat audiens terkesima dan merasa antusias.
  5. Bermimpilah setinggi-tingginya agar ketika jatuh kau akan jatuh di antara bintang-bintang.
  6. Terus gapai cita-citamu meskipun akan banyak jalan berkelok untuk mencapainya.
  7. Bapak Santoso melakukan presentasi mengenai kemajuan transportasi di Indonesia dengan bahasa yang impresif.
  8. Pemain ganda putri bulu tangkis tersebut tampil impresif pada pertandingan kemarin sore.
  9. Usaha tidak akan mengkhianati hasil.
  10. Nomor punggung 14 sangat impresif dalam pertandingan bola basket tingkat nasional kemarin.
  11. Pidato Ratna sebagai entrepreneur muda dalam acara kemarin begitu impresif dengan gaya khasnya.
  12. Pak Simon menggunakan bahasa impresif dalam seminar tentang bisnis.
  13. Adi langsung jadi perhatian karena aksinya yang begitu impresif melawan rivalnya di musim lalu.
  14. Anton tampil impresif bersama tim sepak bolanya pada pertandingan tadi sore.
  15. Seminar yang dipandu oleh Stevan sangat impresif hingga membuat audience terkesima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.