Sukses

Heboh Bayi Perempuan di India Memiliki 26 Jari, Diyakini Reinkarnasi Dewi

Bayi yang berasal dari Bharatpur ini dipuji sebagai reinkarnasi dewi.

Liputan6.com, Jakarta Seorang bayi yang baru lahir di negara bagian Rajasthan di India utara, mengejutkan semua orang dengan memiliki 26 jari pada tangan dan kaki. Fenomena kelebihan jari ini jadi fenomena yang langka. 

Para profesional medis telah mengkonfirmasi bahwa bayi ini memiliki kelainan genetik yang tidak biasa. Namun, bagi keluarganya, kelahiran bayi ini dianggap sebagai peristiwa ilahi. Mereka menyebut kelainan ini menjadi anugerah. Bayi yang berasal dari Bharatpur ini dipuji sebagai reinkarnasi dewi.

Ibu bayi, Sarju Devi terlihat sangat bahagia dengan kelahiran anaknya yang unik ini. Keluarga bayi ini, berkeyakinan kuat dalam agama Hindu, percaya bahwa bayi mereka adalah "kedatangan kedua dewi Hindu."

"Adik saya telah melahirkan bayi dengan 26 jari, dan kami melihatnya sebagai inkarnasi dari Dholagarh Devi (dewi hindu). Kami sangat bersyukur,” kata saudara laki-laki ibu bayi kepada media setempat.

Menurut laporan medis, bayi ini memiliki tujuh jari pada setiap tangan dan enam jari pada setiap kaki. Berikut Liputan6.com mengulas keunikan bayi dengan jumlah 26 jari melansir dari India Today, Rabu (20/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bayi Berjari 26 Sehat, Disebut Kelainan Genetik

Meskipun belum diketahui apakah orang tua bayi ini akan memutuskan untuk menjalani operasi guna mengurangi jumlah jari tangan dan kaki menjadi sepuluh seperti kebanyakan orang, secara medis, bayi ini dinyatakan sehat. 

Dr. BS Soni, seorang petugas medis di rumah sakit setempat, menjelaskan, "Tidak ada yang salah dengan memiliki 26 jari, ini adalah kelainan genetik. Namun, bayi ini benar-benar sehat."

Dholagarh Devi, dewa terkenal dalam agama Hindu, memiliki kuil yang terletak dekat dengan tempat kelahiran bayi ini. Patung-patung Dewi Dholagarh sering menggambarkannya sebagai seorang gadis muda dengan banyak tangan, mirip dengan bayi ini.

Sementara itu, ayah bayi, Gopal Bhattacharya, seorang anggota polisi di Kepolisian Cadangan Pusat, juga merasa sangat bahagia dengan kelahiran anak mereka yang istimewa ini.

3 dari 3 halaman

Fenomena Serupa, Ilmuwan Manusia Kelebihan Jari Fenomena yang Wajar

Melansir dari sebuah video viral di laman TikTok/ @woiguavio. Dalam video tersebut, pemilik akun dengan nama Vio menjelaskan bahwa ia benar-benar memiliki 12 jari pada tangan dan 12 jari pada kaki.

Vio dengan teliti menghitungnya dalam video untuk memperlihatkan detail 24 jari kaki yang dimilikinya. Pasca unggahan video ini, banyak pertanyaan muncul, yang mengharuskan pemilik akun untuk memberikan penjelasan lebih lanjut dalam video berikutnya.

Melansir dari Ump.ac.id, polidaktili merupakan kelainan bawaan (congenital) yang dicirikan oleh keberadaan lebih dari lima jari pada tangan maupun kaki. Oleh karena itu, jumlah jari melebihi standar lima. Individu yang mengalami polidaktili memiliki jari tambahan yang terkadang tidak memiliki fungsi karena kekurangan tendon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.