Sukses

Sun Artinya dalam Bahasa Gaul, Kenali Istilah Pacaran Lainnya

Sun artinya biasanya digunakan ketika seseorang bertemu dengan kenalan dekatnya, terutama pada orang yang lebih tua dengan anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta Sun artinya mungkin masih belum diketahui oleh sebagian orang. Kamu mungkin sudah sering mendengar kata sun ini diucapkan dalam percakapan sehari-hari. Istilah ini merupakan kosakata bahasa Indonesia yang cukup sering digunakan.

Sun juga dikenal sebagai kosakata bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, sun artinya yaitu matahari. Namun, kata sun dalam bahasa Indonesia tidak ada kaitannya sama sekali dengan matahari. Istilah ini memiliki makna yang cukup berbeda.

Sun artinya biasanya digunakan ketika seseorang bertemu dengan kenalan dekatnya, terutama pada orang yang lebih tua dengan anak-anak. Istilah ini biasanya diucapkan oleh orang dewasa kepada anak-anak berkaitan dengan konteks tertentu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/9/2023) tentang sun artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sun Artinya

Sun artinya dalam bahasa gaul perlu kamu ketahui. Sun artinya biasanya digunakan ketika seseorang bertemu dengan kenalan dekatnya, terutama pada orang yang lebih tua dengan anak-anak. Selain itu, istilah sun ini juga kerap digunakan pada hubungan percintaan, baik saat pacaran atau pada pasangan suami istri.

Sebenarnya, sun adalah kosakata bahasa Indonesia yang baku, dan bahkan terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sun artinya ciuman. Sun artinya berkaitan dengan ciuman yang pipi yang manis dan penuh kasih sayang.

Biasanya kamu mendengar istilah sun artinya diucapkan ketika seorang tante atau om meminta sun dari anak atau balita yang imut dan menggemaskan. Sun artinya juga tentunya kerap digunakan oleh orang tua kepada anak kandunganya, misalnya saat seorang ayah berangkat kerja, dan meminta anaknya untuk sun dulu.

Sun artinya ciuman tidak hanya digunakan pada orang dewasa dan anak-anak saja. Namun, kosakata ini juga sering digunakan pada orang pacaran walaupun artinya jadi agak berbeda. Selain sun, kamu tentunya perlu mengenali istilah pacaran lainnya.

3 dari 3 halaman

Istilah Pacaran Lainnya

Berikut beberapa Istilah gaul lainnya yang biasa digunakan dalam konteks pacaran:

1. Baper

Arti kata baper adalah bawa perasaan. Istilah gaul baper ini lebih merujuk pada seseorang yang segala ucapan dan tindakan orang lain dimasukkan ke hati.

2. Deep Talk

Arti kata deep talk yaitu percakapan mendalam yang dilakukan dua orang atau lebih. Percakapan ini bisa berupa beragam hal yang terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan perasaan.

3. Bucin

Arti kata bucin adalah budak cinta. Istilah ini digunakan untuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta.

4. Clingy

Arti kata Clingy adalah sifat seseorang yang cenderung ingin dimanja dan menempel pada pasangannya.

5. Doi

Arti doi adalah pacar, di mana istilah ini sering kali memang digunakan untuk menyebutkan pacar dari seseorang.

6. Cuddling

Arti Cuddling yaitu kegiatan berpelukan mesra dengan pasangan. Cuddling dilakukan dalam rangka menunjukkan perasaan cinta dan keintiman pasangan.

7. XOXO

XOXO merupakan singkatan gaul dari Hugs and Kisses atau artinya peluk dan cium.

8. Ghosting

Layaknya hantu yang tidak kelihatan dan menghilang, sama dengan arti dari frasa gaul "ghosting" yang artinya menjadi hantu untuk seseorang. Maksudnya, hilang, tidak secara harfiah, biasanya terjadi pada kencan lewat maya. Kata ini digunakan pertama kali pada awal 2000-an, biasanya mengacu pada kencan dan hubungan romantis. Istilah ini sering digunakan dalam diskusi tentang aplikasi kencan.

9. Silent Treatment

Arti Silent treatment merujuk pada perilaku mendiamkan orang lain yang sedang berselisih paham dengannya. Dengan sikap diam ini, seseorang tidak mau membicarakan apa-apa, sehingga masalah pun tidak dapat diselesaikan.

10. Simp

Simp artinya sesorang yang melakukan terlalu banyak usaha untuk orang yang mereka sukai. Atau jika disederhanakan, tergila-gila. Istilah ini muncul di New York Times pada awal tahun 1923, ketika surat kabar tersebut melaporkan sebuah surat dari seoang Lillian Henderson yang mengkritik anggota dua klub di Atlantic City untuk pria yang belum menikah. Kata ini juga muncul dalam lirik lagu dari rapper Too Short pada 1985.

11. Gaslighting

Arti gaslighting dalah tindakan memanipulasi pasangan serta mengontrol penuh sebuah hubungan.

12. Taken

Taken artinya dalam bahasa gaul merujuk pada hubungan asmara, di mana seseorang telah memiliki hubungan dengan orang lain. Jadi, taken artinya sudah ada yang punya. Taken artinya digunakan untuk mengungkapkan bahwa seseorang sudah memiliki pasangan, baik statusnya masih pacaran ataupun sudah menikah.

13. Bae

Bae memiliki arti mirip dengan baby artinya adalah kekasih, kesayangan atau belahan jiwa. Istilah ini cukup sering digunakan oleh orang-orang Indonesia saat ini.

14. Puppy love

Puppy love jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai cinta monyet. Puppy love artinya cinta yang intens, tapi berlangsung hanya dalam waktu yang singkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.