Sukses

6 Baju India Muslim Pria dan Wanita yang Keren dan Elegan

Baju India muslim pria dan wanita mungkin pernah kamu lihat di televisi.

Liputan6.com, Jakarta Baju India muslim mungkin menarik perhatian sebagian orang dengan desainnya yang unik. Hal ini tentunya tidak terlepas dari Islam yang ada di India termasuk dalam populasi terbesar dunia. Populasi masyarakat muslim India berada pada urutan ketiga terbanyak setelah Indonesia.

Pakaian India menjelma sebagai salah satu busana yang indah dan elegan. Hal ini tidak terlepas dari desain pakaian yang biasa dihiasi dengan manik-manik hingga payet. Pakaian khas India ini juga memengaruhi beberapa baju India muslim.

Baju India muslim pria dan wanita mungkin pernah kamu lihat di televisi. Kamu bisa mencoba untuk menggunakannya juga karena pakaian-pakaian dari India ini sudah dijual luas di Indonesia juga. Penggemar pakaian India ini juga jumlahnya sangat banyak

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/9/2023) tentang baju India muslim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Baju Kurta

Baju India muslim yang pertama adalah baju kurta. Kurta merupakan pakaian sejenis baju koko berlengan panjang hingga lutut dengan ukuran allsize, namun ada juga yang berukuran slim fit.  Baju India muslim ini berbentuk setelan yang terdiri dari atasan sepanjang lutut dan celana panjang. Kurta biasa dikenakan dalam acara tertentu atau bisa juga jadi pakaian sehari-hari. Di zaman modern seperti sekarang tak jarang kurta dikenakan bersama dengan celana jins.

Selain itu, baju India muslim ini juga memakai kopiah berwarna putih selaras dengan baju. Tetapi tren saat ini ada juga yang menggunakan kombinasi hitam dan putih. Berbeda dengan muslimah yang biasanya menggunakan pakaian serba hitam, kaum muslim di India justru menggunakan pakaian serba putih.

Sebenarnya baju kurta sangat populer di negara-negara Asia Selatan, seperti India, Bangladesh, Sri Lanka, atau Pakistan. Namun, tren mode Indonesia belakangan mengadopsinya sebagai baju India muslim yang begitu stylish. Selain itu, kurta sangat nyaman digunakan, karena potongannya longgar. Banyak kurta hits yang potongannya di atas lutut, tinggal pilih warna favorit, lalu padukan dengan bawahan warna netral, seperti hitam, baik celana bahan atau jeans.

3 dari 7 halaman

2. Dhoti

Baju India muslim berikutnya adalah Dhoti. Dhoti merupakan pakaian tradisional laki-laki di India, yang terdiri dari pakaian atasan dan bawahan yang tampak seperti sarung. Jadi, umat Islam tentunya cukup familier dengan cara mengenakannya.

Di India, cara mengenakannya diikat pada bagian pinggang hingga menyerupai celana. Biasanya dhoti dikenakan bersamaan dengan sherwani, semacam jubah atasan dengan motif dan corak yang glamor.

4 dari 7 halaman

3. Lungi

Masih seputar sarung, baju India muslim selanjutnya adalah Lungi. Lungi sebenarnya disebut juga sebagai sarung di India. Lungi adalah pakaian yang biasa dikenakan oleh pria di India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Myanmar, Malaysia, hingga Indonesia.

Pakaian ini memang disukai oleh masyarakat di negara-negara dengan iklim panas, karena nyaman dikenakan. Di India sendiri lungi sangat populer di wilayah India Selatan, seperti Tamil Nadu dan Gujarat. Lungi juga biasa dikenakan pria dalam tarian Bhangra.

5 dari 7 halaman

4. Sherwani

Baju India muslim berikutnya adalah Sherwani, yaitu jubah panjang untuk kaum laki-laki. Biasanya pakaian ini memiliki desain dan detail yang mewah berupa bordiran emas di bagian dada. Oleh karena itu sherwani cocok digunakan pada acara resmi.

Sherwani juga dianggap merupakan simbol dari kejantanan dan keanggunan, jadi tak heran jika kaum laki-laki India begitu bangga menggunakan sherwani. Baju India muslim satu ini juga bisa dikenakan oleh umat Islam.

6 dari 7 halaman

5. Pakaian Serba Hitam Bercadar dan Kurti

Baju India muslim berikutnya tentunya pakaian yang digunakan oleh wanita muslimah. Terpenting adalah, kamu tentu harus memakai pakaian yang sesuai dengan ketentuan agama Islam, yaitu menutup aurat dan tidak ketat.

Hal ini sesuai dengan mazhab Hanafi ataupun ajaran Islam pada umumnya selama tidak menggunakan pakaian yang ketat dan aurat tertutup dengan sempurna maka dapat melaksanakan salat tanpa mukena. Hal ini karena memang pakaian yang dikenakan sesuai syariat dan sudah terpenuhi syarat sah salat itu sendiri.

Cara berpakaian perempuan India khususnya beberapa daerah mayoritas Islam yang ada di Kota Delhi cukup berbeda dengan muslimah Indonesia. Kamu akan menemukan mereka berpakaian warna serba hitam dan bercadar. Namun ada juga yang menggunakan kurti, sejenis pakaian lengan panjang dengan warna yang lebih beragam dibandingkan cadar.

7 dari 7 halaman

6. Sharara dan Gharara

Baju India muslim berikutnya adalah sharara dan gharara. Sharara dan Gharara adalah pakaian India yang sudah ada sejak era Mughal. Dulunya, busana ini sering dikenakan oleh perempuan India Muslim, sebagai busana pernikahan ataupun untuk menghadiri acara tertentu.

Sharara dan gharara memiliki model berupa kombinasi kurtis berukuran panjang, sedang atau pendek, dengan celana model  melebar yang disebut gharara dan sharara. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yang terpenting adalah, kamu tentu harus memakai pakaian yang sesuai dengan ketentuan agama Islam, yaitu menutup aurat dan tidak ketat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.