Sukses

Hadis Tentang Toleransi dalam Islam, Singkat dan Mudah Dihafalkan

Ada banyak hadis tentang toleransi dalam Islam yang menekankan pentingnya toleransi, menghormati perbedaan, dan berlaku baik terhadap sesama manusia.

Liputan6.com, Jakarta Hadis tentang toleransi disampaikan Nabi Muhammad SAW untuk memelihara kerukunan masyarakat. Toleransi merupakan tindakan untuk menerima dan menghargai perbedaan, pandangan, keyakinan seseorang.

Islam sendiri menjunjung tinggi prinsip toleransi terhadap sesama. Toleransi melibatkan penghargaan terhadap hak setiap orang untuk memiliki pandangan dan identitas mereka sendiri, bahkan jika itu berbeda dari yang kita yakini atau kita lakukan. Dalam Islam, toleransi dikenal dengan istilah tasamuh atau tenggang rasa.

Ada banyak hadis tentang toleransi dalam Islam yang menekankan pentingnya toleransi, menghormati perbedaan, dan berlaku baik terhadap sesama manusia. Anda bisa mempelajari dan menghafalkan untuk pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai hadis tentang toleransi dalam Islam yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Hadis tentang Toleransi dan Keramahan

Dari Anas bin Malik, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Seorang Mukmin (orang yang beriman) yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan orang yang paling baik akhlaknya di antara kalian adalah yang paling baik di antara kalian dalam berhubungan dengan istri-istrinya." (HR. Tirmidzi)

Hadis ini menggarisbawahi pentingnya memiliki akhlak yang baik, termasuk dalam interaksi dengan pasangan hidup. Tindakan toleransi dan kasih sayang dalam hubungan pernikahan adalah bagian dari tata nilai dalam Islam.

2. Hadis tentang Perlakuan Terhadap Tetangga

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Tidak masuk surga seorang yang tidak tetangga baik tetangganya." (HR. Muslim)

Dalam hadis ini, Nabi Muhammad SAW menunjukkan pentingnya berlaku baik terhadap tetangga. Toleransi dan hubungan yang harmonis dengan tetangga adalah nilai yang ditekankan dalam Islam.

3. Hadis tentang Menerima Tamu dan Berkunjung

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia berbicara yang baik atau diam. Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya." (HR. Bukhari)

Hadis ini mengingatkan kita untuk berbicara dengan kata-kata yang baik dan menjunjung tinggi nilai menerima tamu dengan baik. Ini mencerminkan sikap toleransi dan keramahan terhadap orang lain.

3 dari 4 halaman

4. Hadis tentang Kesetaraan dan Persaudaraan Umat Manusia

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Semua manusia adalah anak cucu Adam, dan Adam diciptakan dari tanah. Tidak ada kelebihan bagi seorang Arab atas seorang non-Arab dan tidak ada kelebihan bagi seorang non-Arab atas seorang Arab; juga tidak ada kelebihan bagi seorang kulit hitam atas seorang kulit putih dan tidak ada kelebihan bagi seorang kulit putih atas seorang kulit hitam, kecuali karena takwa." (HR. Ahmad)

Hadis ini menegaskan prinsip kesetaraan dan persaudaraan di antara seluruh umat manusia. Nilai ini menunjukkan bahwa semua orang harus dihormati tanpa memandang asal, warna kulit, atau etnisitas mereka.

5. Hadis tentang Iman dan Takwa yang Dilihat Allah SWT

Berikut ini terdapat hadis tentang toleransi yang hanya menitikberatkan pada kualitas iman dan takwa kepada Allah SWT tanpa memandang tampilan eksternal, mulai dari ciri fisik, warna kulit, hingga kekayaan seseorang.

"Telah menceritakan kepada kami Waki, dari Abu Hilal, dari Bakar, dari Abu Zar [Al-Ghifari] yang mengatakan bahwa sesungguhnya Nabi SAW pernah bersabda kepadanya: 'Perhatikanlah, sesungguhnya kebaikanmu bukan karena kamu dari kulit merah dan tidak pula dari kulit hitam, melainkan kamu beroleh keutamaan karena takwa kepada Allah SWT." (H.R. Ahmad).

6. Hadis tentang Sesama Umat Muslim Membutuhkan Toleransi

Bukan hanya dengan orang selain Muslim, antar sesama muslim juga membutuhkan toleransi. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis riwayat Abi Musa Radhiyallahu'anhu bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,

"Hubungan orang mukmin dengan orang mukmin yang lain bagaikan satu bangunan yang saling memperkokoh satu sama lain." (HR Bukhari dan Muslim)

Hadis ini mengingatkan kita sebagai umat Muslim bahwa toleransi bukan hanya dilakukan selain dengan orang Islam saja, namun juga sesama umat Muslim membutuhkan adanya toleransi. Toleransi ini dapat memperkokoh umat muslim dan Islam itu sendiri.

4 dari 4 halaman

7. Hadis tentang Toleransi

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Janganlah ada saling dengki di antara kamu, janganlah ada saling bermusuhan di antara kamu, janganlah ada saling membelakangi di antara kamu, dan janganlah ada saling membenci di antara kamu. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara." (HR. Muslim)

Hadis ini menegaskan bahwa sesama manusia baik yang sesama agama maupun selain agama Islam, tidak boleh saling dengki, bermusuhan, maupun membenci. Sebab hal tersebut sangat tidak disenangi oleh Allah SWT.

8. Hadis tentang Sesama Manusia Harus Menunjukkan Belas Kasihan

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Barang siapa yang tidak menunjukkan belas kasihan kepada manusia, maka Allah tidak akan menunjukkan belas kasihan kepadanya." (HR. Bukhari)

Hadis ini mengingatkan umat Muslim untuk selalu menunjukkan belas kasihan kepada sesama manusia. Sebab dari perbuatan tersebut, Allah SWT juga akan menunjukkan belas kasihan kepadamu.

9. Hadis tentang Memberi Kemudahan

Hadis tentang toleransi berikut juga bisa jadi pedoman kehidupan setiap manusia. Sebab menjelaskan tentang memudahkan kehidupan manusia yang lainnya dalam hal jual beli dan perkara yang sedang dialami oleh orang tersebut.

Bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Allah merahmati orang yang memudahkan ketika menjual dan ketika membeli, dan ketika memutuskan perkara.” (HR Bukhari).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.