Sukses

Sekolah di Palembang Ini Sediakan Tempat Ibadah Semua Agama, Indahnya Toleransi

Viral sekolah di Palembang fasilitasi tempat ibadah untuk semua agama.

Liputan6.com, Jakarta Tempat ibadah merupakan salah satu fasilitas yang wajib ada di setiap sekolah. Umumnya sekolah hanya menyediakan satu tempat ibadah berdasarkan mayoritas pemeluk agama di sekolah tersebut.

Beragam momen tentang indahnya toleransi antar umat beragama sering viral di media sosial. Momen tersebut tanpa sadar menyentuh hati banyak orang dan menunjukkan bahwa perbedaan menciptakan kebersamaan.

Belum lama ini ramai di TikTok sekolah di Palembang yang menyediakan tempat ibadah semua agama. Selain mengutamakan pendidikan akademis, SMA Kusuma Bangsa juga menyediakan pendidikan agama untuk siswanya.

Tempat ibadah 5 agama di SMA Kusuma Bangsa didesain khusus agar para siswa dapat beribadah dengan nyaman. Indahnya toleransi, fasilitas SMA swasta di Palembang ini menuai beragam komentar positif dari warganet.

Berikut Liputan6.com melansir dari laman TikTok @osissmakumbang sekolah SMA Kusuma Bangsa yang sediakan tempat ibadah untuk semua agama, Minggu (20/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

SMA Kusuma Bangsa Sediakan Tempat Ibadah Semua Agama

@osissmakumbang

Kegiatan keagamaan di sekolah Kusuma Bangsa sudah menjadi rutinitas peserta didik beserta guru-guru yang dilaksanakan setiap minggunya pada hari Jumat. Tersedia lima ruang keagamaan untuk masing-masing agama terletak di lokasi yang telah ditentukan. Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh warga Kusuma Bangsa untuk melaksanakan kegiatan ini. Maka dari itu diadakan pengecekkan kehadiran peserta didik pada setiap kegiatan keagamaan. Selain mengutamakan pendidikan akademis, Kusuma Bangsa juga sangat mengutamakan pendidikan agama peserta didiknya, karena perbedaan menimbulkan kebersamaan. #supportkmbaakemenag #balitbangdiklatkemenag #blasemarang

♬ suara asli - storytulus - storytulus

Dalam video singkat tersebut terlihat para siswa menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaannya di tempat ibadah yang sudah disediakan. Melansir dari keterangan unggahannya, kegiatan keagamaan di sekolah Kusuma Bangsa sudah menjadi rutinitas guru dan murid setiap minggunya pada hari Jumat.

"Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh warga Kusuma Bangsa untuk melaksanakan kegiatan ini. Maka dari itu diadakan pengecekkan kehadiran peserta didik pada setiap kegiatan keagamaan," jelas keterangan di unggahan tersebut.

Tidak ada perbedaan, tempat ibadah desainnya sama dan tentunya bikin nyaman. Perbedaan yang mencipatakan kebersamaan ini memperlihatkan indahnya toleransi antar umat beragama di SMA Kusuma Bangsa.

Tak hanya momen saat beribadah, dalam video tersebut juga terekam kebersamaan saat para siswa bertemu usai menjalankan ibadah. Kebersamaan dalam perbedaan juga terlihat saat para siswa makan bersama di kantin.

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Video yang diunggah pada 14 Agustus 2023 ini sudah ditonton lebih dari 3 juta kali. Banyak netizen yang salut dengan SMA Kusuma Bangsa yang memfasilitasi siswanya tanpa memandang perbedaan, ada sekitar 2 ribu komentar yang dibubuhkan di kolom komentar video tersebut.

“menurut ku ya sekolah kusuma bangsa ini definisi, "KITA BEDA TAPI KITA HARUS TETAP SAMA SAMA"🌷,” tulis salah satu netizen.

“harusnyaa semua sekolah kaya gini gasi 😭,” tambah netizen lainnya yang berharap semua sekolah menyediakan tempat ibadah seperti SMA Kusuma Bangsa.

“adem bangettt liatnya ini baru namanya indonesia bertoleransi☺️💝,” timpal netizen lainnya.

“the real berbeda beda tetap 1 tujuan,” imbuh yang lainnya.

“kalo sekolah gua nasional jg tp yg ada dan terus di upgrade cuma ✨masjid✨ agama lain diruang kelas pindah pindah wkwkwk,” komentar netizen yang mengeluhkan fasilitas di sekolahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.