Sukses

Nabi dan Rasul yang Wajib Kita Imani Berjumlah 25, Simak Kisah-Kisah dan Mukjizatnya

Ada banyak sekali jumlah nabi dan rasul yang telah diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan pesan tauhid di muka bumi, namun nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang.

Liputan6.com, Jakarta Rukun iman ada 6, salah satunya adalah iman kepada nabi dan rasul yang diutus oleh Allah untuk umat manusia. Ada banyak sekali jumlah nabi dan rasul yang telah diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan pesan tauhid di muka bumi, namun nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang.

Tidak sempurna iman seseorang jika tidak mengimani nabi dan rasul. Penting untuk diketahui, bahwa jumlah nabi dan rasul lebih dari 25 orang. Terdapat beberapa hadits yang menyebutkan jumlah Nabi dan Rasul. Dari Abu Dzar radhiallahu ‘anhu, ia berkata:

"Aku bertanya: 'wahai Rasulullah, siapa Nabi pertama?' Rasulullah menjawab: 'Adam.' Aku bertanya: 'wahai Rasulullah, apakah beliau (Adam) seorang Nabi?' Rasulullah menjawab: 'benar, ia seorang Nabi yang diajak bicara oleh Allah.' Aku bertanya: 'wahai Rasulullah, ada berapa jumlah para Rasul?' Rasulullah menjawab: '300 sekian belas, mereka sangat banyak.'” (HR. Ahmad no.21586, Al Hakim [2/652],

Meski ada banyak sekali nabi dan rasul yang telah diutus Allah, namun nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang. Lalu siapa sajakah nabi dan rasul yang wajib kita imani sebagai muslim? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (8/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Nabi Adam AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah nabi Adam AS. Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang Allah ciptakan dan diutus sebagai nabi pertama. Dia tinggal di surga bersama dengan pasangannya, Hawa. Namun, karena makan buah terlarang atas godaan iblis, Adam dan Hawa turun ke bumi sebagai khalifah Allah. Beberapa mukjizatnya meliputi menjadi khalifah pertama di bumi, memiliki pengetahuan tentang nama-nama benda dan makhluk di bumi, serta memiliki umur yang panjang dan memberikan 40 tahun kehidupan kepada Nabi Daud.

2. Nabi Idris AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya Nabi Idris AS. Nabi Idris AS merupakan keturunan keenam dari Nabi Adam AS. Dia terkenal karena kecerdasannya dan pesan-pesan kebaikannya. Mukjizatnya antara lain, menjadi manusia pertama yang bisa membaca dan menulis, serta menerima wahyu Allah dengan kemampuan mengartikannya dengan baik.

3. Nabi Nuh AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Nuh AS. Nabi Nuh AS adalah seorang Nabi yang diutus untuk kaumnya yang melakukan kesalahan besar dan kemaksiatan. Meskipun dia mendakwahi kaumnya selama kurang lebih 950 tahun, mereka tetap tidak mendengarkan. Akhirnya, Allah mengutus banjir besar sebagai azab bagi mereka. Nabi Nuh berhasil menyelamatkan dirinya dan beberapa pengikutnya dengan membangun bahtera yang besar.

4. Nabi Hud AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Hud AS. Nabi Hud AS diutus untuk kaum 'Ad, yang terkenal karena kemaksiatan dan ketidaktaatan. Nabi Hud AS berusaha memberikan dakwah kepada mereka agar beriman kepada Allah, tetapi kaum 'Ad tetap ingkar dan Allah membinasakan mereka dengan badai dahsyat.

5. Nabi Shaleh AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Shaleh AS. Nabi Shaleh AS diutus untuk kaum Tsamud, keturunan kaum 'Ad. Salah satu mukjizatnya adalah memunculkan unta betina hamil dari batu besar. Namun, hanya sebagian dari kaum Tsamud yang mengikuti dakwahnya, sementara sisanya mendustakannya. Mereka yang mendustakan akhirnya dihancurkan dengan gempa bumi.

3 dari 6 halaman

6. Nabi Ibrahim AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim AS memiliki kisah yang penuh dengan ujian dan keteguhan iman. Dia menemukan Tuhan melalui pemikiran dan pertimbangan rasional. Nabi Ibrahim juga menentang Raja Namrud dan membela keesaan Allah. Salah satu mukjizatnya adalah selamat dari api ketika Raja Namrud mencoba membakarnya. Nabi Ibrahim juga menerima perintah untuk menyembelih putranya, tetapi Allah menggantikannya dengan seekor kambing.

7. Nabi Luth AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Luth AS. Nabi Luth AS diutus untuk kaum Sodom, yang terkenal dengan perilaku seks sesama jenis. Dia berusaha menyadarkan mereka untuk bertaubat dan menghindari dosa tersebut. Namun, mereka tetap ingkar, dan Allah mengazab mereka dengan gempa bumi.

8. Nabi Ismail AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Ismail AS. Nabi Ismail AS adalah putra dari Nabi Ibrahim dan Hajar. Salah satu mukjizatnya adalah air zamzam yang berasal dari hasil doa ibunya saat mencari air di padang pasir. Nabi Ismail juga menjadi bagian dari ujian Nabi Ibrahim ketika Allah memerintahkan untuk menyembelihnya, tetapi akhirnya digantikan oleh kambing.

9. Nabi Ishaq AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Ishaq AS. Nabi Ishaq AS adalah putra dari Nabi Ibrahim dan Sarah. Dia merupakan nenek moyang dari banyak nabi dan rasul di antara keturunannya.

10. Nabi Ya'qub

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Ya'qub AS. Nabi Ya'qub AS adalah putra dari Nabi Ishaq dan merupakan ayah dari dua belas putra yang menjadi nenek moyang dari dua belas suku Bani Israil.

4 dari 6 halaman

11. Nabi Yusuf AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Yusuf AS. Nabi Yusuf AS adalah salah satu putra Nabi Yaqub yang memiliki cerita panjang dalam Al-Qur'an. Dia memiliki kemampuan untuk menafsirkan mimpi dan diangkat sebagai pejabat tinggi di Mesir. Nabi Yusuf AS juga dikenal karena ketampanannya yang menarik.

12. Nabi Ayub AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Ayub AS. Nabi Ayub AS adalah seorang Nabi yang kaya dan mulia, namun diuji Allah dengan berbagai cobaan. Meskipun mengalami kesulitan dan penderitaan, Nabi Ayub AS tetap bersabar dan bersyukur kepada Allah.

13. Nabi Syuaib AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Syuaib AS. Nabi Syuaib AS diutus untuk kaum Madyan yang suka menipu dan berbuat kejahatan. Dia berusaha menyadarkan mereka untuk beriman dan menjauhi perilaku buruk. Namun, mereka tetap mendustakan dakwahnya dan akhirnya dihancurkan oleh Allah.

14. Nabi Musa AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Musa AS. Nabi Musa AS adalah salah satu nabi yang paling dikenal dalam Al-Qur'an. Dia diutus untuk membawa Bani Israil keluar dari perbudakan di Mesir dan membimbing mereka dalam kehidupan beragama. Nabi Musa AS memiliki banyak mukjizat, termasuk mengalirkan air dari batu, membelah laut Merah, dan menerima Taurat sebagai kitab suci.

15. Nabi Harun AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Harun AS. Nabi Harun AS adalah saudara Nabi Musa dan merupakan sahabat dan penolongnya dalam berdakwah kepada Firaun. Dia juga diangkat sebagai nabi dan memiliki kemampuan bahasa yang baik.

5 dari 6 halaman

16. Nabi Dzulkifli AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya Nabi Dzulkifli AS. Kisah tentang Nabi Dzulkifli AS sangat sedikit dalam Al-Qur'an. Namun, dia dikenal sebagai seorang nabi yang sabar dan tekun dalam berdakwah. Beliau hidup di Irak.

17. Nabi Daud AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Daud AS. Nabi Daud AS merupakan seorang raja yang juga diutus sebagai nabi. Dia dianugerahi kitab Zabur dan memiliki suara yang merdu. Nabi Daud AS terkenal karena kisahnya dengan raksasa Jalut (Goliath) dan Zabur yang berisi berbagai doa dan nyanyian.

18. Nabi Sulaiman AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Sulaiman AS. Nabi Sulaiman AS merupakan putra dari Nabi Daud dan diutus sebagai nabi dan raja. Dia memiliki kekayaan dan kekuasaan yang besar serta mampu berbicara dengan binatang. Nabi Sulaiman AS memiliki pasukan dari jin, manusia, dan burung yang mengikutinya.

19. Nabi Ilyas AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya Nabi Ilyas AS. Nabi Ilyas AS diutus kepada kaum Assyria yang menyembah berhala. Dia berjuang untuk menyadarkan mereka dan mengajak kembali kepada Allah. Nabi Ilyas AS memiliki banyak pengikut dan merupakan sosok yang teguh dalam berdakwah.

20. Nabi Ilyasa AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Ilyasa AS. Nabi Ilyasa AS adalah anak angkat dari Nabi Ilyas. Dia mewarisi sifat-sifat keutamaan dan keteguhan dari ayah angkatnya. Salah satu mukjizatnya adalah menghidupkan orang mati atas izin Allah.

6 dari 6 halaman

21. Nabi Yunus AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Yunus AS. Nabi Yunus AS diutus untuk kaum Assyria di kota Niniwe. Ketika dakwahnya ditolak, dia merasa putus asa dan berusaha melarikan diri dari tugasnya. Namun, Allah menyelamatkan dia dengan membuat Nabi Yunus ditelan oleh paus. Dia kemudian bertaubat dan diampuni oleh Allah.

22. Nabi Zakaria AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Dzakaria AS. Nabi Dzakaria AS merupakan keturunan Nabi Daud AS dan Nabi Sulaiman AS. Dia memiliki sikap rendah hati dan selalu bersyukur kepada Allah. Nabi Zakaria AS dan istrinya, Siti Maryam, menerima anugerah seorang putra, Nabi Yahya, walaupun usia mereka sudah tua.

23. Nabi Yahya AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Yahya AS. Nabi Yahya AS adalah putra dari Nabi Zakaria. Dia tumbuh menjadi seorang Nabi yang benar, terhormat, dan suci. Nabi Yahya AS juga memiliki kemampuan untuk mengetahui syariat.

24. Nabi Isa AS

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, salah satunya adalah Nabi Isa AS. Nabi Isa AS merupakan Nabi yang lahir dari seorang wanita suci, Maryam, tanpa ayah. Dia memiliki banyak mukjizat, termasuk berbicara ketika masih bayi, menyembuhkan orang sakit, menghidupkan orang mati, dan menyampaikan Injil sebagai kitab suci.

25. Nabi Muhammad SAW

Nabi dan rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, dan nabi terakhir yang wajib kita imani adalah junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir dan penutup. Nabi Muhammad SAW diutus untuk seluruh umat manusia dan membawa Al-Qur'an sebagai kitab suci. Nabi Muhammad SAW memiliki banyak mukjizat, termasuk membelah bulan, mengalirkan air dari jari tangannya, serta mengalami perjalanan Isra' Mi'raj.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.