Sukses

Sejarah Hari Persahabatan Sedunia dan Kata-Kata untuk Sahabat yang Menyentuh Hati

Sejarah hari persahabatan sedunia diawali dari inisiatif UNESCO.

Liputan6.com, Jakarta Sejarah Hari Persahabatan Sedunia perlu kamu pahami. Hari Persahabatan Sedunia atau Hari Persahabatan Internasional diperingati setiap tanggal 30 Juli setiap tahunnya. Hari Persahabatan Sedunia ini bahkan sudah diresmikan oleh PBB sejak 27 April 2011. 

Hari Persahabatan Sedunia atau Hari Sahabat Sedunia pada tahun ini akan diperingati pada Minggu, 30 Juli 2023. Hari Persahabatan Sedunia disebut juga dalam bahasa Inggris sebagai International Friendship Day.

Sejarah hari persahabatan sedunia diawali dari inisiatif UNESCO. Hari Persahabatan Internasional ini dibentuk dengan gagasan bahwa persahabatan antara masyarakat, negara, budaya, dan individu dapat menginspirasi upaya perdamaian dan membangun jembatan antarkomunitas.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (1/8/2023) tentang sejarah hari persahabatan sedunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Persahabatan Sedunia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sejarah Hari Persahabatan Sedunia berawal dari Majelis Umum PBB yang menetapkan Hari Persahabatan Internasional pada 30 Juli sejak 27 April 2011. Ini merupakan sebuah inisiatif UNESCO yang membuat proposal dan diberikan ke PBB pada 1997.

Mereka memiliki definisi Culture of Peace sebagai seperangkat nilai-nilai, sikap dan perilaku menolak kekerasan dan berusaha untuk mencegah konfilik antarsesama. Selain itu, persahabatan antarmasyarakat, negara, dan budaya juga menjadi gagasan terbentuknya Hari Persahabatan Nasional.

Untuk itu, PBB berinisiatif merayakan peringatan ini dan mendorong tiap organisasi, pemerintah, kelompok untuk berinisiatif berkontribusi meningkatkan solidaritas bersama. Sejarah Hari Persahabatan Sedunia diperkenalkan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 2011, dengan harapan dapat menghubungkan orang dan membangun jembatan antar budaya, negara, bahkan ideologi.

3 dari 4 halaman

Sejarah Hari Persahabatan Sedunia Sebelum Ditetapkan PBB

Sejarah Hari Persahabatan Sedunia bermula jauh sebelum PBB menetapkannya pada bulan April 2011. Bahkan, sejarah International Friendship Day ini juga diawali jauh sebelum UNESCO mengirimkan inisiatif ke PBB pada tahun 1997.

Sejarah Hari Persahabatan Sedunia diawali pada 1930 oleh seorang pendiri perusahaan produksi kartu di Amerika bernama Hallmark Cards, melakukan promosi untuk penjualan kartunya. Joyce Hall menginginkan adanya hari untuk membuat momen liburan yang dapat dimanfaatkan masyarakat di negaranya. Dengan begitu mereka merayakannya dengan memberikan sebuah kartu ucapan.

Hallmark Cards adalah perusahaan pembuatan kartu ucapan dengan berbagai keperluan terbesar di Amerika yang berdiri sejak 1910. Pada saat itu tidak ada perusahaan di luar Amerika yang kuat untuk menjadi pesaingnya. Bermula dari Halmark berjualan sejumlah kartu ucapan selamat di dalam kotak sepatu di Norfolk, Nebraska, Amerika Serikat. Ia memulainya dengan membuat program pesanan melalui pos, kartu pos bergambar lalu mengirimnya beserta bayarannya.

Pada 1915 menjadi tahun kejayaan Hall lantaran ia berhasil membuat percetakan sendiri untuk kartu-kartunya. Hingga pada 1923, ia dan 120 karyawannya pindah pabrik ke Kansas City. Tak disangka, aksi yang dilakukan Hall dengan ide bisnisnya disukai dan dijalankan banyak orang. Akhirnya selain Hari Persahabatan, kini kartu ucapan telah digunakan masyarakat untuk merayakan hari besar lainnnya.

Setelah itu, sejarah Hari Persahabatan Sedunia pernah diusulkan secara perdana pada tahun 1958 oleh organisasi World Friendship Crusade. Organisasi ini merupakan komunitas sipil internasional yang mengkampanyekan budaya damai melalui persahabatan. Negara pertama yang merayakan Hari Persahabatan secara nasional adalah Paraguay.

4 dari 4 halaman

Kata-Kata untuk Sahabat Tersayang

Hari Persahabatan Sedunia tentunya tidak lengkap tanpa ucapan yang kamu berikan kepada sahabat tersayang. Berikut beberapa kata-kata untuk sahabat tersayang:

1. Sahabat itu tidak satu darah, tidak satu rumah, tidak satu arah, tapi seperti saudara, pembela, dan pemberi arah.

2. Sahabat sejati adalah seseorang yang ada untukmu ketika dia lebih suka berada di tempat lain.

3. Setiap teman mewakili dunia kita, dunia yang mungkin belum terlahir sampai mereka tiba, dan hanya dengan pertemuan inilah dunia baru lahir.

4. Sahabat bukanlah tentang siapa yang kau kenal paling lama. Tetapi tentang ia yang datang ke kehidupanmu dan berkata, 'aku ada di sini untukmu', lalu membuktikannya.

5. Sahabat sejati bukanlah mereka yang memiliki banyak persamaan, tapi mereka yang memiliki pengertian terhadap setiap perbedaan.

6. Sahabat sejati tidak pernah berpisah, mungkin bisa dalam jarak tetapi tidak dalam hati.

7. Sahabat tidak perlu harus berbicara setiap hari. Mereka bahkan tidak perlu berbicara selama berminggu-minggu. Tetapi ketika mereka melakukannya, mereka seperti tidak bisa berhenti berbicara.

8. Sahabat sejati seperti bintang. kamu tidak selalu melihat mereka, tetapi kamu tahu mereka selalu ada di sana.

9.  Sahabat sejati sulit ditemukan, sulit untuk ditinggalkan, dan tidak mungkin untuk dilupakan.

10. Pelukan sahabat memang tidak bisa menyelesaikan masalah. Tapi rasa sayangnya bisa menyalurkan kekuatan dan membuat hati kita jadi lebih tenang.

11. Sahabat itu bagaikan tembok. Terkadang kamu bersandar pada mereka dan terkadang nyaman hanya dengan mengetahui bahwa mereka ada.

12. Janganlah berjalan di belakangku, karena mungkin aku tak bisa memimpinmu. Jangan pula berjalan di depanku, mungkin aku tak bisa mengikutimu. Berjalanlah di sampingku dan jadilah sahabatku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.