Sukses

7 Momen Sakral Peresmian Pendopo Tulungo Milik Soimah, Gelar Pentas Wayang

Peresmian Pendopo Tulungo digelar dari pagi sampai malam dengan ritual adat Jawa.

Liputan6.com, Jakarta Soimah Pancawati, wanita yang kerap disapa Soimah ini kerap mencuri perhatian. Sinden sekaligus pembawa acara ini dikenal dengan pembawaannya yang khas Jawa. Tak heran jika Soimah punya rumah dengan konsep Jawa lengkap dengan pendopo yang baru saja diresmikan. 

Bangunan yang sarat nuansa Jawa ini dinamai Pendopo Tulungo. Menariknya, Soimah sengaja menggelar peresmian pendoponya dengan ritual adat Jawa. Mulai dari siraman kedua putranya, iringan gamelan, hingga pementasan wayang. Pendopo seluas 4.000 meter persegi yang harganya sempat ditaksir pegawai pajak Rp 47 miliar ini terlihat megah.

Menariknya, Soimah tak mau ketinggalan mengundang seniman Endah Laras hingga Butet Kartaredjasa menjadi saksi peresmian pendopo miliknya. Deretan artis tanah air seperti Raffi Ahmad hingga Jirayut ikut memberikan karangan bunga. 

Prosesi peresmian pendopo milik Soimah ini didampingi sang suami, Herwan Prandoko juga kedua putranya, Aksa Uyun Dananjaya dan Diksa Naja Naekonang. Berikut Liputan6.com merangkum momen peresmian Pendopo Tulungo Milik Soimah melansir dari Instagram @showimah, Kamis (27/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Instastory Soimah kini dibanjiri dengan unggahan momen peresmian Pendopo Tulungo.

3 dari 8 halaman

2. Peresmian Pendopo Soimah digelar pada Rabu (26/7) pagi sampai malam yang menghadirkan ritual adat Jawa sarat akan makna.

4 dari 8 halaman

3. Inilah momen siraman kedua putra Soimah yang digelar di halaman pendopo, Aksa dan Diksa diguyur air kembang pelawak Kirun.

5 dari 8 halaman

4. Malam harinya, Soimah berkesempatan menyaksikan proses potong pita prasasti peresmian pendopo miliknya.

6 dari 8 halaman

5. Potret kompak keluarga Soimah mengenakan baju adat Jawa terlihat elegan berpose di depan Pendopo Tulungo dan berada di kawasan Jalan Imogiri Barat, Bantul, Yogyakarta.

7 dari 8 halaman

6. Soimah sengaja mengundang berbagai elemen seperti masyarakat sekitar, pejabat, artis, seniman, hingga aparat keamanan mengikuti prosesi peresmian pendopo.

8 dari 8 halaman

7. Kini resmi sudah pendopo Soimah yang nantinya dijadikan untuk acara pernikahan ataupun pertunjukan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.