Sukses

9 Jenis Hobi Ini Dapat Ungkap Kepribadian, Kamu Suka Jalani Kegiatan Apa?

Cari tahu tentang kepribadian kamu berdasarkan hobi.

Liputan6.com, Jakarta Menurut KBBI, hobi merupakan kegemaran, kesenangan istimewa yang umumnya dilakukan di waktu luang. Hobi atau kegemaran biasanya dilakukan untuk menenangkan atau mengeyegarkan pikiran.

Setiap orang pastinya punya hobi yang berbeda-beda. Hobi diketahui dapat memengaruhi perkembangan diri seseorang. Bahkan tak sedikit orang yang berkarier berdasarkan hobi yang diminatinya.

Bukan hanya kegiatan atau suatu kegemaran saja, hobi juga bisa ungkap kepribadian dan menjelaskan sisi menarik tentang diri kamu dan orang lain. Kamu bisa mengenal karakter dan kepribadian orang lain berdasarkan hal sederhana.

Selain dari zodiak, kini memang banyak cara yang bisa ungkap tentang kepribadian seseorang, salah satunya berdasarkan hobi. Mulai dari hal besar sampai kecil tentunya bisa ungkap tentang kepribadian.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang hobi yang dapat ungkap tentang kepribadian, Senin (17/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kepribadian Berdasarkan Hobi

1. Hobi Olahraga

Orang-orang yang senang menghabiskan waktunya dalam olahraga seperti sepak bola, bola voli, tenis, kriket, atau olahraga lainnya adalah seseorang yang agresif.

Sains menganggap tubuh atletis sebagai mesomorph. Ini menghubungkan olahraga dengan kepribadian yang dinamis, membutuhkan tindakan dan perubahan. Orang-orang seperti itu juga sangat tegas dan menahan diri untuk siapa pun.

2. Membaca Buku

Orang yang hobi membaca buku punya kepribadian introvert yang menikmati sudut yang sunyi dan sepi untuk membaca dengan tenang. Pembaca sering beralih ke buku untuk tersesat di dunia fiksi yang memisahkan mereka dari dunia mereka sendiri. Secara psikologis, seseorang yang suka membaca buku memiliki rasa haus akan pengetahuan yang muncul dari keingintahuan mereka yang besar.

3. Memasak

Memasak merupakan salah satu hobi yang cukup populer. Banyak orang yang suka bergelut di dapur ketika sedang luang. Orang yang hobi memasak merupakan orang yang eksentrik yakni orang yang tidak takut tampil beda dan selalu berpikir tidak biasa atau tidak lazim. Selain itu, mereka menikmati melayani orang lain dan menerima pujian.

Memasak menunjukkan keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan yang baik, hal tersebut karena orang yang memasak dapat menciptakan hasil yang rumit dari hal-hal sederhana.

3 dari 4 halaman

Kepribadian Berdasarkan Hobi

4. Fotografer

Orang yang suka memotret adalah pengamat yang jeli. Mereka berorientasi pada detail dan cenderung menerima setiap aspek kecil dari situasi tertentu. Fotografer juga memiliki preferensi yang sangat kuat terhadap alam, warna cerah, dan momen menyenangkan. Mereka sangat artistik dan memiliki perspektif yang unik.

5. Kolektor

Kolektor atau orang yang suka mengoleksi barang unik adalah orang yang sentimental terhadap objek atau orang. Mereka memiliki pandangan hidup yang tidak realistis dan menikmati kenyamanan yang megah dan tahan lama dalam kelimpahan.

6. Berkebun

Orang yang suka berkebun adalah orang yang perfeksionis, penyabar, tenang, dan peduli terhadap banyak orang. Orang yan suka berkebun menikmati ruang yang tenang untuk berpikir dan berefleksi. Sama seperti pembaca, mereka juga introvert. Namun, mereka tampaknya sedikit menghindari keramaian.

4 dari 4 halaman

Kepribadian Berdasarkan Hobi

7. Bermain Game

Bermain game kini telah menjadi hobi populer di kalangan anak muda. Gamer adalah ekstrovert yang dapat dengan mudah membawa diri dalam situasi sosial. Terlepas dari fakta yang beredar bahwa gamer itu kaku dan sulit bergaul, gamer sangat terbuka terhadap pengalaman dan orang baru.  

8. Penulis

Penulis suka bereksplorasi, semangat, kreatif, dan suka memperluas relasi. Penulis adalah orang orang yang menikmati waktu untuk dirinya sendiri. Mereka suka memproses pikiran mereka dengan menuangkan pikirannya dalam sebuah tulisan. Kebanyakan penulis memiliki imajinasi yang kuat dan suka menghabiskan waktu di dunia mereka yang unik.

9. Orang Tanpa Hobi

Ada yang punya hobi, namun ada juga orang yang tidak suka melakukan suatu kegemaran di waktu senggangnya. Orang yang tidak punya hobi adalah orang yang memiliki ketakutan akan kegagalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.