Sukses

6 Bahasa Tubuh Ini Ungkap Hubungan Anda dengan Pasangan, Patut Diamati

Jika ingin mengetahui seberapa jauh hubungan yang Anda jalani bersama pasangan, maka bahasa tubuh ini akan mengungkapkannya.

Liputan6.com, Jakarta Bahasa tubuh merujuk pada berbagai ekspresi fisik, yang digunakan oleh individu untuk berkomunikasi dengan orang lain. Ini melibatkan penggunaan gerakan tubuh, ekspresi wajah, postur tubuh, dan kontak mata yang dapat menyampaikan pesan dan emosi secara nonverbal.

Bahasa tubuh adalah komponen penting dari komunikasi manusia, dan dapat memberikan informasi tambahan yang tidak terungkap melalui kata-kata saja. Misalnya, bahasa tubuh dapat mengindikasikan emosi seperti kegembiraan, kesedihan, ketidaknyamanan, atau ketidaksepakatan.

Selain itu, bahasa tubuh juga dapat digunakan untuk mengungkapkan penegasan, kepastian, keraguan, atau keengganan. Penting untuk memahami bahasa tubuh saat berkomunikasi dengan orang lain, karena dapat membantu memperkuat pemahaman dan membangun hubungan yang lebih baik.

Dengan bantuan ekspresi wajah, gerak tubuh, dan tatapan mata, kita secara tidak sadar mengungkapkan perasaan kita yang sebenarnya, meski mulut mengatakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Bahasa tubuh sangat penting dalam hubungan, karena berbagai penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% informasi disampaikan melalui kontak mata, postur, gerakan lengan, dan cara non-verbal lainnya.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com merangkum dari brainberries, 6 bahasa tubuh yang bisa ungkap hubungan dengan pasangan, Jumat (14/7/2023). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kontak Mata

Kontak mata adalah salah satu elemen terpenting dalam bahasa tubuh saat berinteraksi dengan orang lain. Mempertahankan kontak mata yang tepat menunjukkan kejujuran, perhatian, dan kesiapan untuk mendengarkan. Pertanyaannya, apakah pasangan Anda suka menatap mata Anda dengan penuh kerinduan? Ini pertanda bagus, bahwa mereka memiliki kasih sayang yang kuat untuk Anda.

Cobalah untuk lebih memperhatikan seberapa sering Anda melihat pasangan Anda, dan bagaimana perasaan Anda tentang diri Anda sendiri. Apakah Anda tidak nyaman, atau apakah Anda menikmatinya? Atau mungkin Anda hanya ingin menghentikan pandangan Anda pada saat-saat acak? Jika Anda merasa tidak nyaman menatap mata orang lain dalam waktu lama, Anda mungkin perlu menyelesaikan masalah ini dan mencari tahu alasannya.

3 dari 7 halaman

2. Sering Memerikasa Ponsel

Sangat egois untuk berpikir bahwa waktu Anda lebih penting daripada waktu pasangan Anda. Itulah mengapa ada aturan tak terucapkan, bahwa Anda perlu menikmati waktu bersama, dan tidak harus menatap telepon sambil bergumam, atau terlihat asik sendiri sehingga mengabaikan pasangan Anda. 

4 dari 7 halaman

3. Tungkai Dan Kaki

Tubuh bagian bawah juga tidak boleh dianggap enteng, karena posisi kaki pun bisa memberi Anda terkait beberapa petunjuk yang sangat penting. Jika pasangan Anda mengizinkan untuk menyentuh kakinya, dan dirinya juga dengan sengaja bergerak mendekat, maka ini berarti pasangan Anda merasa nyaman berada di sekitar atau bahkan di dekat Anda. 

5 dari 7 halaman

4. Kontak Fisik dan Kedekatan

Biasanya, posisi lengan mengatakan banyak hal di mana jika seseorang duduk atau berdiri dengan tangan bersilang, maka ada tanda ketegangan yang bahkan mungkin tidak Anda sadari. Ketika pasangan terus-menerus memegang pinggang Anda, itu mungkin menandakan bahwa dia memiliki Anda, seperti Anda adalah miliknya. Namun meletakkan tangan di bahu saat berjalan atau duduk bersama adalah isyarat kasih sayang, artinya orang yang Anda cintai ingin berada di dekat Anda.

6 dari 7 halaman

5. Buat Pasangan Mengerti

Beberapa orang suka mengikuti orang yang mereka cintai. Sayangnya, ini berarti salah satu dari mereka memimpin, sementara yang lain duduk di belakang. Tentu saja hal ini menjadi menyenangkan, namun jika Anda merasa tidak nyaman di belakang, mungkin bisa dikomunikasikan dengan pasangan agar bertukar tempat. 

7 dari 7 halaman

6. Genggam Tangan

Jika Anda masih berpegangan tangan bahkan setelah bertahun-tahun menjalin hubungan, itu pertanda kedekatan. Sentuhan lembut apa pun merupakan indikator, bahwa Anda masih menyalakan api satu sama lain. Namun, ada perbedaan kecil dalam jabat tangan ini. Seberapa dekat tanganmu? Apakah mereka menyentuh satu sama lain dengan ringan, atau jari-jari Anda terjalin? Semakin kecil jaraknya, semakin intim perasaan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.