Sukses

Doa Kecerdasan Agar Diberi Kekuatan Untuk Menghafal, Baca Sebelum Belajar

Dengan membaca doa kecerdasan sebelum mulai belajar, seorang Muslim dapat mendapat ilmu sekaligus nilai pahala yang lebih.

Liputan6.com, Jakarta Belajar adalah salah satu anjuran bagi umat Muslim, sebab Islam memandang ilmu sebagai suatu kebutuhan yang harus dicapai melalui belajar. Hal ini dijelakan dalam salah satu hadis yang berbunyi, “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224)

Doa kecerdasan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan belajar. Dengan membaca doa kecerdasan sebelum mulai belajar, seorang Muslim dapat mendapat ilmu sekaligus nilai pahala yang lebih. Ada beberapa variasi doa yang dapat dibaca untuk memohon kemampuan memahami ilmu yang dipelajari. Berikut doa kecerdasan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Doa Kecerdasan dan Dapat Menguasai Semua Pelajaran

Doa ini dicontohkan oleh Habib Ahmad bin Hasan Al-Attas

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ بِمَا شَرَحْتَ بِهِ صُدُوْرَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَيَسِّرْ لِيْ اَمْرِيْ بِمَا يَسَّرْتَ بِهِ اُمُوْرَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَاهْدِ قَلْبِيْ بِمَا هَدَيْتَ بِهِ قُلُوْبَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَسَدِّدْ لِسَانِيْ بِمَا سَدَّدْتَ بِهِ اَلْسِنَةَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ بِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم

Robbisyrohlii shodrii bimaa syarohta bihii shuduurosh shoolihiina min ‘ibaadika wa yassirlii amrii bimaa yassarta bihii umuurosh shoolihiina min ‘ibaadika wahdi qolbii bimaa hadaita bihii quluubash shoolihiina min ‘ibaadika wa saddid lisaanii bimaa saddadta bihii alsinatash shoolihiina min ‘ibaadika bihaqqi sayyidinaa muhammadin shollallaahu ‘alaihi wa sallam.

Artinya: Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah melapangkan dada orang-orang saleh dari kalangan hamba-hamba-Mu. Mudahkanlah urusanku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah memudahkan urusan orang-orang saleh dari kalangan hamba-hamba-Mu.

Berilah hatiku petunjuk dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah menunjukkan hati orang-orang saleh dari kalangan hamba-hamba-Mu. Luruskanlah lisanku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah meluruskan lisan orang-orang saleh dari kalangan hamba-hamba-Mu, melalui kemuliaan Nabi Muhammad SAW.

2. Doa Kecerdasan agar Diberi Kemampuan Menghafal

اَللهُمَّ اَلْهِمْنِىْ رُشْدِيْ وَقِنِىْ شَرِّ نَفْسِىْ

Allaahumma Alhimnii Rusydii Waqinii Syarri Nafsii.

Artinya: Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah aku dari kejahatan nafsuku.

3 dari 3 halaman

3. Doa Sebelum Belajar Pendek

Selain membaca doa kecerdasan, ada sebuah doa pendek yang mudah dihafalkan untuk dibaca sebelum belajar. Berikut doa sebelum belajar agar ilmu yang didapat melekat dalam ingatan

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

Artinya: Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikan lah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh.

4. Doa Sebelum Belajar Panjang 

Adapula doa sebelum belajar versi lebih panjang.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. للّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin. Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah 'alainaa bima'rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin

Artinya: Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikan lah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh. Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karuniaMu bagi kami, wahai Dzat yang Maha Pengasih,

5. Doa Setelah Belajar

Selain membaca doa sebelum belajar, seorang Muslim juga dianjurkan untuk membaca doa setelah belajar agar ilmu yang dipelajari diberkahi sehingga dapat bermanfaat.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali. Janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu, Wahai Tuhan seru sekalian alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.