Sukses

Doa Agar Cita-Cita Tercapai dan Keinginan Dikabulkan oleh Allah SWT

Doa agar cita-cita tercapai menjadi salah satu langkah yang perlu kamu laksanakan.

Liputan6.com, Jakarta Doa agar cita-cita tercapai perlu dipahami umat Islam. Setiap orang tentunya memiliki cita-cita terntentu, seperti memiliki jabatan yang tinggi, memiliki harta berlimpah, hingga berbuat baik untuk lingkungan sekitar.

Cita-cita besar setiap orang ini membuatnya termotivasi dalam mewujudkannya. Kamu akan giat berusaha untuk mewujudkan cita-cita yang sangat kamu harapkan. Namun, usaha keras saja tentunya belum cukup dalam membuat cita-cita kamu tercapai.

Doa agar cita-cita tercapai menjadi salah satu langkah yang perlu kamu laksanakan. Kamu tentu perlu bantuan dan ridho dari Allah SWT dalam mewujudkan cita-citamu, yaitu dengan berdoa.  Akan sangat percuma bila kamu terus berusaha sekeras mungkin namun tidak memohon pertolongan dari Allah SWT.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/7/2023) tentang doa agar cita-cita tercapai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Agar Cita-Cita Tercapai

Doa agar cita-cita tercapai terdapat dalam hadis riwayat Abu Daud dari Abu Darda'. Doa ini bisa dibaca setiap pagi dan sore hari. berikut doa agar cita-cita tercapai:

Doa agar cita-cita tercapai Arab:

حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَعَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

Doa agar cita-cita tercapai Latin:

Hasbiyallahu la ilaha illa huwa 'alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul 'arsyil 'adzim.

Arti doa agar cita-cita tercapai:

"Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'arsy yang agung."

3 dari 5 halaman

Doa Agar Keinginan Terkabul

Selain doa agar cita-cita tercapai, kamu juga bisa melafalkan doa agar keinginan terkabul. Selain bekerja keras, kamu tidak boleh lupa untuk berdoa memohon kepada Allah SWT agar mengabulkan doa atau keinginanmu. Doa agar keinginan terkabul ini kerap kali dibaca setelah melaksanakan sholat hajat. Berikut doa agar cita-cita tercapai dan keinginan terkabul:

Doa agar keinginan terkabul Latin:

Allahumma innaka ta'lamu sirri wa 'ala niyyati, faqbal ma'dzirati. Wa ta'lam ma fi nafsi faghfir li dzunubi. Wa ta'lam hajati fa a'thini suali. Allahumma inni as-aluka imanan yubasyir qalbi, wa yaqinan shodiqon hatta a'lama annahu la yushibuni illa ma katabtu li, war ridho bima qodhoita 'alayya.

Arti doa agar keinginan terkabul:

"Ya Allah, Engkau mengetahui rahasia dan tindak-tandukku, terimalah permohonan maafku. Engkau mengetahui detak hatiku, ampunilah dosaku. Engkau mengetahui kebutuhanku, kabulkanlah permohonanku. Ya Allah, aku memohon pada-Mu diberikan keimanan yang meresap dalam hati, keyakinan yang teguh sehingga aku yakin bahwa tidak ada apa pun yang akan menimpaku kecuali karena takdir yang telah Engkau catat, dan aku ridha terhadap ketentuan yang Engkau tetapkan untukku."

4 dari 5 halaman

Doa Agar Hajat Dikabulkan oleh Allah SWT

Doa agar cita-cita tercapai harus senantiasa kamu lafalkan agar keinginan atau hajatmu dikabulkan oleh Allah SWT. Pada kenyataannya, berusaha saja memang tidak cukup. Usaha yang kamu lakukan akan semakin sempurna apabila diikuti dengan doa agar hajat dikabulkan oleh Allah SWT, yaitu sebagai berikut:

Doa agar hajat dikabulkan Allah SWT Latin:

Allahumma ilaika qoshodtu wa bibabika waqoftu wa bijanibika iltaja'tu wa iyyaka saaltu wa bimuhammadin shallallahu 'alaihi wa sallama wa alihi wa shohbihi tawassaltu wa bi ambiyaika wa rusulika wa awliyaika tasyaffa'tu faqdli allahumma hajati wa naffis kurbati wa ma nazala bi min khirati.

Arti Doa agar hajat dikabulkan Allah SWT:

"Ya Allah, kepada-Mu aku menuju, dan di pintu-Mu aku berdiri, dan di sisi-Mu aku berlindung, dan kepada-Mu aku memohon, dengan Nabi Muhammad Saw, keluarga dan para sahabatnya aku bertawassul, dengan para nabi-Mu, para utusan-Mu dan para wali-Mu aku minta syafaat. Ya Allah, kabulkanlah hajatku, bebaskanlah penderitaanku dan kebingungan yang menimpaku."

5 dari 5 halaman

Amalan Agar Doa Dikabulkan oleh Allah SWT

Melansir Dream, menurut Imam Nawawi dan Syekh M Ibrahim Al-Baijuri, ada beberapa amalan yang dapat membuat doa kamu segera dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut amalan yang membuat doa dikabulkan oleh Allah SWT:

  1. Menjalankan sholat wajib tepat waktu.
  2. Istiqamah dalam bersedekah.
  3. Berbakti kepada kedua orang tua.
  4. Mempermudah urusan orang lain.
  5. Senantiasa menjaga hati supaya tidak lalai saat berdoa.
  6. Berwudhu dan sholat terlebih dahulu sebelum berdoa.
  7. Berdoa dengan menghadap kiblat, mengangkat tangan saat berdoa dan mengusap wajah sesudahnya.
  8. Sebelum berdoa semestinya bertaubat dan mengakui dosa terlebih dahulu.
  9. Mengawali doa dengan tahmid dan sholawat nabi.
  10. Menghindari makan makanan yang didapat secara haram.
  11. Memantabkan hati dan meyakinkan diri bahwa doanya akan diijabah oleh Allah.
  12. Meminta hal-hal yang tidak keluar dari syariat, bisa diterima akal dan tidak merugikan orang lain.
  13. Tidak meminta sesuatu yang bisa memutuskan tali silaturahmi.
  14. Berdoa di saat waktu utama seperti ketika sujud dan waktu jeda antara adzan dan iqamah.
  15. Ikhlas dalam berdoa.
  16. Mengulang-ulang doa namun tidak terlalu menuntut ketika berdoa.
  17. Mengakhiri doa dengan sholawat nabi.
  18. Membaca sholawat nabi di tengah-tengah doa.
  19. Tidak berlebihan dalam penggunaan kata saat berdoa.
  20. Berdoa dengan penuh ketundukkan dan kekhusyukan.
  21. Memperbanyak istighfar dan bertaubat kepada Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.