Sukses

Kakek Ini Mengaku Belum Tidur Selama 60 Tahun, Kesaksiannya Bikin Geleng Kepala

Cerita Thai Ngoc telah dianggap sebagai fenomena ajaib atau kekuatan super unik

Liputan6.com, Jakarta Tidak tidur semalam saja bagi manusia normal bakal membuat ketidakstabilan dalam tubuh. Namun siapa sangka, ada orang yang mengaku tidak pernah tidur selama 60 tahun. Tak lain ialah seorang kakek berusia 80 tahun yang kisahnya bikin geleng kepala. Mengingat tidur punya peran penting untuk menjaga kesehatan.

Melansir dari Oddity Central, kakek itu bernama Thai Ngoc. Ia merupakan seorang petani di Vietnam, mengklaim bahwa dia tidak tidur selama lebih dari 60 tahun. Ia mengalaminya sejak terserang demam saat masih muda. Entah bagaimana, insomnia parah ini tidak mempengaruhi hidupnya.

Kejadian orang yang mengaku tak pernah tidur ini tak hanya sekali. Sebelumnya, wanita Tionghoa bernama Li Zhanying mengaku tak pernah tidur selama 40 tahun. Sama seperti Zhanying, Thai Ngoc juga tidak memiliki kelainan serius di dalam tubuhnya. Pasalnya ia masih bisa beraktivitas normal seperti orang sekitar.

Kisahnya kini viral di media lokal yang membuatnya seolah punya kemampuan khusus. Bagaimana perjuangan Thai Ngoc yang mengaku tak tidur selama 60 tahun ini? Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya, Jumat (30/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bermula Sakit Demam

Lahir pada tahun 1942, Thai Ngoc mengklaim bahwa ia mengalami demam parah pada usia 20 tahun, dan meskipun ia selamat, ia tidak dapat tidur lagi. Ia sudah mencoba berbagai pengobatan, pengobatan tradisional, dan bahkan alkohol dalam jumlah yang banyak, pria Vietnam itu tidak bisa tidur. 

Dia terus berharap bahwa insomnianya bersifat sementara, tetapi dia mengklaim bahwa dia tidak tidur selama enam dekade. Thai Ngoc telah menjadi berita utama di negara asalnya selama bertahun-tahun sekarang, sejak dilaporkan bahwa dia tidak membutuhkan tidur untuk menjalani kehidupan yang bahagia dan aktif. 

Keluarga Ngoc, termasuk istri, anak, teman, dan tetangganya bersikeras bahwa mereka belum pernah melihat tidur delapan tahun. Begitu pula kakek itu mengaku bahwa kurang tidur sama sekali tidak pernah memengaruhinya secara negatif.

 “Saya tidak tahu apakah insomnia berdampak pada kesehatan saya atau tidak, tetapi saya masih sehat dan saya dapat melakukan pekerjaan pertanian secara normal seperti orang lain,” kata Thai Ngoc kepada situs web Vietnam, Thahn Nien News .

3 dari 3 halaman

Tidak Pernah Tidur Puluhan Tahun di Mata Dokter

Cerita Thai Ngoc telah dianggap sebagai fenomena ajaib atau kekuatan super unik di negaranya, Vietnam. Namun, menurut beberapa dokter, mungkin dia sedang tidur dan tidak menyadarinya.

Dr. Vikas Wadhwa dari Sleep Services Australia menyatakan bahwa beberapa penderita insomnia tidak mampu membedakan antara keadaan terjaga dan tidur. Oleh karena itu, pria berusia 80 tahun ini mungkin tidur sejenak dalam waktu singkat di siang hari tanpa menyadarinya. "Power nap" ini bisa cukup untuk membuatnya tetap aktif.

Karena Ngoc tidak pernah setuju untuk diuji dan diamati secara menyeluruh oleh para ilmuwan tidur, klaimnya dan kesaksian dari orang-orang terdekatnya merupakan satu-satunya bukti yang dapat dipercaya. Namun, jelas bahwa dia bukan satu-satunya yang mengaku menderita insomnia selama puluhan tahun.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.