Sukses

Pecahkan Rubik dengan Waktu 3,63 Detik, Pria Jenius Ini Ciptakan Rekor Dunia

Max Park membuat sejarah dengan memecahkan rekor dunia, untuk waktu tercepat memecahkan kubus 3x3x3.

Liputan6.com, Jakarta Rubik's Cube atau dikenal juga sebagai Kubus Rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang terdiri dari kubus dengan enam sisi yang berbeda. Setiap sisi terdiri dari sembilan kotak, dan bisa diputar secara independen.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengembalikan kubus ke keadaan awalnya, di mana setiap sisi rubik memiliki warna yang seragam. Untuk memecahkan rubik pemain harus memutar bagian-bagian kubus secara terampil dan strategis.

Meskipun terlihat sederhana, kubus ini memiliki banyak kemungkinan kombinasi yang dapat mencapai lebih dari 43 triliun konfigurasi yang berbeda. Mencoba memecahkan rubik dapat melibatkan pemikiran logis, analisis, dan pemecahan masalah.

Hal ini juga yang dilakukan Max Park, pria berusia 21 tahun yang memecahkan kubus 3x3x3 dengan waktu tercepat. Berikut ini Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, tentang pria jenius yang pecahkan rekor main rubik tercepat, Kamis (29/6/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Main rubik tercepat

Speedcubing sendiri adalah olahraga yang melibatkan pemecahan berbagai teka-teki kombinasi rubik 3x3x3, dan Max Park adalah salah satu pemuda, yang namanya sudah tak lazim di dengar dalam kompetisi speedcubing ini. 

Melalui salah satu ajang yang diikuti, pria berusia 21 tahun ini cetak waktu terbaik dunia di acara Pride in Long Beach 2023, California pada 11 Juni. Menjelang acara, catatan waktu tercepat Max adalah 3,63 detik, hanya sedikit di belakang Yusheng 3,47.

Max juga memegang rekor dunia, di mana penyelesaian rata-rata 3x3x3 bersama-sama petenis Polandia Tymon Kolasiński, dengan waktu 4,86 detik dan anak ajaib China berusia sembilan tahun Yiheng Wang, yang mencatat waktu 4,69 detik. Alasan ini juga yang membuat Max sangat dihormati, dan dipuja di dunia speedcubing.

 

 

3 dari 3 halaman

Pecahkan rekor dunia

Sebelumnya, Atlet Amerika ini berhasil menyelesaikan pekerjaannya hanya dalam waktu 3,13 detik, lebih cepat 0,34 detik dari rekor sebelumnya saat mengikuti kubus China Yusheng Du pada tahun 2018.

Rekan senegaranya Yiheng, Ruihang Xu, adalah salah satu dari segelintir orang yang memecahkan kubus dalam waktu kurang dari tiga detik di depan kamera, meskipun ini tidak masuk hitungan karena dia melakukannya di luar acara Asosiasi Kubus Dunia (WCA).

 

Orang tuanya percaya bahwa speedcubing telah menjadi 'terapi yang baik' untuknya. Shawn dan Miki Park berkata: "Ada suatu masa ketika Max bahkan tidak bisa membuka botol air, tetapi dia menunjukkan minat untuk memecahkan Kubus Rubik."

Sekarang, dia adalah duta resmi untuk Rubik, dan bahkan membintangi film dokumenter Netflix tahun 2020 berjudul The Speed Cubers. Motonya adalah 'jangan berpikir, selesaikan saja'.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.