Sukses

Bagaimana Cara Menunjukkan Kepedulianmu Terhadap Lingkungan? Ini Penjelasannya

Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan bisa dibagi dari lingkungan terkecil sampai yang terbesar.

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan mungkin menjadi pertanyaan yang sering muncul dalam tugas sekolah. Menjaga lingkungan sangat penting dilakukan setiap orang karena hal ini juga menyangkut kepentingan bersama.

Pasalnya, lingkungan memengaruhi kesehatan dan juga kesejahteraan masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut. Lingkungan yang tidak terjaga dapat menyebabkan terjadinya bencana, seperti banjir, longsor, hingga wabah penyakit.

Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan bisa dibagi dari lingkungan terkecil sampai yang terbesar. Hal ini mencakup lingkungan di dalam rumah, di luar rumah, hingga di lingkungan alam yang lebih besar. Kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab seluruh masyarakat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (18/6/2023) tentang bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bagaimana Cara Menunjukkan Kepedulianmu Terhadap Lingkungan?

Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan sebenarnya sederhana saja. Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan di antaranya dengan membantu membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan, dan mematuhi peraturan yang ada di lingkungan.

Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan sekolah misalnya selalu mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolah seperti memakai seragam sesuai ketentuan, tiba di sekolah sebelum bel tanda masuk berbunyi, menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan sekolah, serta membuang sampah di tempat sampah. Menjaga kebersihkan lingkungan, baik di lingkungan rumah, sekolah dan tempat lainnya adalah cara menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan.

Ikut Gotong Royong Kebersihan

Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan yaitu dengan menjaga lingkungan hidup di sekitar. Rutin melakukan kegiatan gotong royong atau kerja bakti membersihkan selokan dengan lingkungan sekitar mampu mencegah banjir dan nyamuk demam berdarah. Oleh karena itu, sebaiknya membuat program kerja bakti seminggu satu kali agar terhindar dari banjir.

Apalagi, gotong royong adalah ciri khas bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kerja sama dan kepentingan bersama. Di lingkungan permukiman biasanya ada gotong royong membersihkan lingkungan yang dipimpin oleh Ketua RT atau RW. Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan yaitu dengan ikut bergotong royong.

3 dari 5 halaman

Mengelola Sampah dengan Baik

Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan berikutnya dengan mengelola sampah dengan baik. Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkap bahwa salah satu faktor peningkatan volume sampah adalah perilaku masyarakat itu sendiri. Di mana membuang sampah sembarangan masih menjadi penyebab utama penumpukan sampah. Menurut Undang-undang No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, disebutkan bahwa sampah merupakan sisa-sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat atau semi padat berupa zat organik bersifat terurai atau tidak dapat terurai.

Adapun jenis sampah berdasarkan sifatnya dibedakan menjadi dua, yaitu sampah anorganik dan organik. Sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah, botol, kertas, plastik mainan, dan gelas minuman. Sementara, sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang biasa dijadikan pupuk kompos. Jenis sampah ini berlawanan dengan sampah anorganik karena sangat mudah membusuk. Beberapa contoh jenis sampah organik antara lain sisa makanan, sayuran, daun-daun, dan lain sebagainya.

4 dari 5 halaman

Menanam Pohon

Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan selanjutnya yaitu melakukan penghijauan atau menanam pohon. Tanaman hijau di sekitar rumah berperan penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan terhindar dari banjir.

Tanaman akan menancapkan akarnya ke dalam tanah. Sehingga, lubang yang dihasilkan akar tersebut menjadi jalur air untuk masuk ke dalam tanah lebih jauh. Dengan adanya tanaman di sekitar rumah, dapat melancarkan penyerapan air hujan, yang akan menjauhkan lingkungan dari banjir.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan untuk tidak merusak pohon. Pasalnya, tindakan penebangan liar masih kerap terjadi. Padahal, pohon membutuhkan waktu 3-5 tahun atau lebih untuk tumbuh besar. Tetapi manusia hanya perlu 1 jam untuk merusaknya. Seperti yang diketahui, akar pohon dapat menyerap air dan menguatkan tanah. Jika pohon ditebang secara liar, bencana tanah longsor yang memakan korban akan terus mengancam.

5 dari 5 halaman

Menguras Genangan Air dan Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik

Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan selanjutnya yaitu menguras genangan air. Dengan menguras genangan air, kamu bisa mencegah wabah penyakit demam berdarah. Penyakit tersebut disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang bertelur di genangan air tersebut.

Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan bisa juga dilakukan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik. Kamu bisa menunjukkan kepedulianmu pada lingkungan dengan membawa tas belanja sendiri dan menolak penggunaan kantung plastik.

Hemat Energi

Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan juga bisa dilakukan dengan hemat energi. Hemat energi dilakukan untuk menyimpan sumber daya alam. Selain itu, perilaku ini juga dapat membantu kamu dalam menghemat biaya. Adapun beberapa perilaku hemat energi, yaitu mematikan lampu ketika tidak dibutuhkan, menghemat penggunaan air, dan mematikan elektronik saat tidak digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.