Sukses

Doa untuk Anak Perempuan Agar Solehah dan Pintar, Amalan Bagi Orang Tua

Simak bacaan doa untuk anak perempuan agar menjadi anak yang solehah, pintar, kuat, dan mandiri.

Liputan6.com, Jakarta Doa untuk anak perempuan agar solehah dan pintar penting untuk diketahui oleh orang tua. Setiap orang tua pasti menginginkan anak perempuannya menjadi pribadi yang baik, pintar, kuat, dan mandiri. 

Doa dari orang tua dari orang tua sangat besar kekuatannya bagi kehidupan dan kesejahteraan anak, bahkan berpeluang besar untuk diijabah oleh Allah SWT. Untuk itu, perlu mengahafalkan bacaan doa untuk anak perempuan agar solehah dan pintar.

Bacaan doa untuk anak perempuan agar solehah dan pintar ini bisa diamalkan setiap hari, terutama setelah menyelesaikan salat fardhu dan sunnah. Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa untuk anak perempuan agar solehah dan pintar yang bisa dipanjatkan oleh orang tua yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (12/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Doa Untuk Anak Perempuan Agar Solehah

Bacaan doa untuk perempuan agar solehah ini termaktub dalam Al-Quran surat Ibrahim ayat 40 yang dipanjatkan oleh nabi Ibrahim kepada Allah SWT agar beliau dan anak cucunya tekun mengerjakan salat dengan sebaik mungkin. Berikut ini bacaannya:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Arab Latin: Rabbij’alni Muqimaṣ-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

3 dari 8 halaman

2. Doa Untuk Anak Perempuan Agar Menjadi Anak yang Pintar

Berikut ini bacaan doa untuk anak perempuan agar menjadi anak yang pintar yang dapat dihafalkan dan dipanjatkan oleh orang tua, yakni:

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Arab Latin: Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.

Artinya: “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hambaMu yang layak untuk menerima nikmatMu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

4 dari 8 halaman

3. Doa Untuk Anak Perempuan Selalu Beriman dan Bertaqwa

Berikut ini bacaan doa untuk anak perempuan agar selalu beriman dan bertaqwa yang bisa dipanjatkan oleh orang tua setelah sholat fardhu maupun sunnah, yakni:

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Arab Latin: Wallazina yaqulụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.

Artinya: “Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

5 dari 8 halaman

4. Doa Untuk Memohon Kebaikan Anak Perempuan

Setiap orang tua pasti menginginkan kebahagiaan anak perempuannya baik saat masih anak-anak hingga beranjak dewasa. Kebaikan dan keselamatan anak di manapun berada adalah prioritas yang harus selalu diperhatikan. Berikut ini bacaan doa untuk memohon kebaikan anak perempuan yang dapat dipanjatkan dan dihafalkan oleh orang tua, yakni:

Arab Latin: Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”

6 dari 8 halaman

5. Doa Supaya Anak Mendapatkan Perlindungan

Berikut ini bacaan doa agar anak permpuan selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, yakni:

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Arab Latin: U’īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli ‘aynin lāmmah.

Artinya: “Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah Swt. yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat.” (HR Abu Daud)

7 dari 8 halaman

6. Doa Agar Anak Perempuan Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti kepada orang tua sangat penting dilakukan oleh anak yang soleh dan solehah. Berikut ini bacaan doa agar anak perempuan dapat terus berbakti kepada orang tua, yakni:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Arab Latin: Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum

Artinya: “Ya Allah, berilah berkah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.”

8 dari 8 halaman

7. Doa Untuk Anak Soleh dan Solehah

Selain bacaan doa untuk anak perempuan agar solehah di atas, berikut ini terdapat bacaan doa untuk anak soleh dan solehah yang bisa dipanjatkan oleh orang tua adalah:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Arab Latin: Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan sunah, orang-orang yang paham dalam agama diberkahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.