Sukses

Apa itu Tepung Tapioka? Ketahui Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Apa itu tepung tapioka? Tepung tapioka banyak digunakan dalam berbagai jenis makanan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Tepung tapioka merupakan salah satu jenis tepung yang sering digunakan oleh maasyarakat Indonesia. Tepung ini berasal dari umbi singkong yang diekstraksi sedemikian rupa hingga menghasilkan tepung yang berwarna putih. Namun, masih banyak yang belum mengetahui apa itu tepung tapioka. Bahkan banyak yang menganggap bahwa tepung tapioka berasal dari gandum seperti tepung terigu.

Apa itu tepung tapioka? Tepung tapioka banyak digunakan dalam berbagai jenis makanan Indonesia. Kandungan baik dalam tepung tapioka juga membuat tepung ini menjadi salah satu tepung favorit masyarakat Indonesia. Berbagai manfaat dapat diperoleh dari tepung tapioka salah satunya adalah mengobati asam lambung. Jika dibandingkan dengan tepung lainnya, tepung tapioka memiliki kandungan gizi yang cukup baik.

Berikut informasi mengenai apa itu tepung tapioka, kandungan, hingga manfaatnya untuk kesehatan. Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Kamis (8/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa itu Tepung Tapioka?

Tepung tapioka merupakan tepung yang berbahan dasar umbi singkong. Umbi singkong banyak tumbuh di beberapa bagian seperti Afrika, Asia, dan Amerika Selatan. Tanaman tersebut menjadi tanaman pokok yang penting sebagai pemasok kalori harian. Tepung ini berwarna putih dengan tekstur yang lebih licin dan lebih lembut dibandingkan dengan tepung terigu.

Menurut Razif (2006), umumnya tepung tapioka memiliki bentuk butiran-butiran pati yang berasal dari sel umbi singkong. Sifatnya yang lengket dan kenyal jika terkena air membuat tepung tapioka sering digunakan sebagai bahan perekat dalam makanan. Banyak makanan tradisional yang menggunakan bahan dasar tepung tapioka dalam pembuatannya

Apa itu tepung tapioka? Tepung tapioka merupakan tepung yang diperoleh dengan proses yang panjang. Umbi singkong sebagai bahan dasar tepung ini melalui tahapan pencucian, pengupasan, pemarutan, ekstraksi, penyaringan halus, separasi, pembahasahan, dan pengeringan. Masyarakat Indonesia mengenal dua jenis tepung tapioka yaitu tapioka kasar dan tapioka halus.

3 dari 5 halaman

Kegunaan Tepung Tapioka

Makanan Indonesia banyak menggunakan tepung tapioka sebagai bahan dasarnya. Tepung dengan bahan dasar umbi singkong ini tidak memiliki rasa dan juga tidak berbau sehingga memiliki banyak kegunaan. Selain itu, tepung ini juga mampu menyerap dan mempertahankan kadar air yang lebih tinggi. Berikut beberapa kegunaan dari tepung tapioka.

  • Bahan dasar roti bebas gluten yang dikombinasikan dengan tepung lainnya
  • Pembuatan berbagai jenis roti pipih untuk sarapan, makan malam, hingga makanan penutup
  • Bahan untuk membuat pudding dan berbagai jenis makanan penutup
  • Bahan pengental yang digunakan dalam sup dan saus dengan kekuatan penebalan yang besar
  • Bahan pengikat yang ditambahkan dalam burger dan nugget
  • Tepung tapioka yang bebas gluten cocok untuk menjadi alternatif diet seseorang
4 dari 5 halaman

Kandungan Tepung Tapioka

Apa itu tepung tapioka? Tepung tapioka memiliki kandungan baik yang sayang untuk dilewatkan. Dibandingkan dengan tepung yang lainnya, komposisi zat gizi dalam tepung tapioka cukup baik untuk kesehatan.Tepung ini juga digunakan sebagai alternatif tepung dengan bebas gluten. Hal ini membuat tepung tapioka dalam takaran yang tidak berlebihan cocok dikonsumsi untuk seseorang yang sedang diet.

Berdasarkan hasil dari Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi DIY pada tahun 2012, tepung tapioka memiliki beberapa kandungan  seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, besi, fosfor, vitamin A, Vvitamin B1, Vvitamin C, dan air. Meskipun kandungan karbohidrat lebih tinggi dibandingkan yang lainnya, tepung tapioka memberikan manfaat yang penting bagi kesehatan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Tapioka untuk Kesehatan

Tepung tapioka yang memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi tepung tapioka secara tidak berlebihan akan membuat tubuh memperoleh berbagai manfaatnya. Berikut beberapa manfaat dari tepung tapioka untuk kesehatan.

  • Menjaga tulang agar tetap kuat sehingga mencegah terjadinya osteoporosis
  • Membantu untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh
  • Menurunkan risiko terkena penyakit jantung
  • Menjaga kolestrol tetap dalam ambang batas yang aman
  • Menurunkan risiko tekanan darah  tinggi
  • Menurunkan kadar insulin sebagai pengontrol diabetes
  • Mengatasi asam lambung
  • Tepung tapioka mudah dicerna sehingga membantu mengatasi masalah pencernaan seperti celiac, intoleransi gluten, dan divertikulitis

Manfaat tepung tapioka dapat diperoleh dengan mengolah tepung tapioka secara tepat dan benar. Mengonsumsi tepung tapioka secara berlebih tidak akan memberi manfaat untuk kesehatan. Apalagi jika tepung tapioka dikonsumsi secara mentah tanpa diolah terlebih dahulu. Bukannya berdampak baik kesehatan, tepung tapioka dapat menjadi pemicu terjadinya berbagai penyakit dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.