Sukses

Apa Itu Gabut? Pahami Artinya Menurut Generasi Milenial

Apa itu gabut? Simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Generasi milenial sedang menjadi topik perbincangan yang cukup hangat. Banyak yang menyebut generasi yang lahir tahun 1980 sampai 2000-an ini memiliki perilaku berbeda dengan generasi pendahulunya. Kira-kira apa itu gabut menurut mereka?

Istilah gaul “gabut” menurut generasi milenial bukan lagi Gaji Buta seperti asal mula kemunculannya. Evolusi bahasa membuat apa itu gabut menjelma menjadi istilah yang sudah sangat biasa disematkan pada kegiatan-kegiatan tidak penting yang dilakukan anak-anak muda milenial.

Jawaban dari apa itu gabut menurut generasi milenial adalah tidak melakukan apa-apa. Istilah gaul ini dekat dengan rasa bingung dan malas. Nah, agar bisa lebih memahami penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, simak penjelasannya lebih jauh.

Berikut Liputan6.com ulas jawaban atas pertanyaan “apa itu gabut?” dari berbagai sumber, Selasa (16/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Istilah Gabut

Bila menengok dari sejarahnya, istilah gabut dekat dengan sebuah pekerjaan. Apa itu gabut? Gabut adalah kependekan dari Gaji Buta.

Gaji buta biasa didapat ketika seseorang tidak melakukan apa-apa dalam pekerjaannya, tetapi mereka tetap mendapat gaji yang penuh. Kata kunci dari jawaban atas pertanyaan “apa itu gabut?” ada di penjelasan gaji buta, yakni tidak melakukan apa-apa.

Zaman semakin berubah, istilah gaul pun semakin berevolusi dan mengalami banyak pembaruan serta adaptasi. Tak terkecuali untuk istilah gabut.

3 dari 6 halaman

Generasi Milenial Memaknai Gabut

Apa itu gabut menurut generasi milenial? Bukan lagi gaji buta, gabut sudah banyak diadopsi untuk mengistilahkan kegiatan-kegiatan anak muda yang tidak ada hubungannya dengan gaji.

Akan tetapi, jawaban dari apa itu gabut dekat dengan gaji buta seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Apa itu gabut? Gabut adalah tidak melakukan apa-apa, istilah gabut dengan pemaknaan ini cukup populer di kalangan generasi milenial.

Bukan hanya tidak melakukan apa-apa, “apa itu gabut?” bisa dijawab, seseorang yang bingung dengan kegiatannya sendiri. Seseorang yang merasa tidak mengerti harus melakukan apa dan bagaimana untuk mengisi waktu luangnya.

4 dari 6 halaman

Contoh Kalimat dengan Istilah “Gabut”

1. Gabut banget nih, mau jalan-jalan ke Mall nggak?

2. Lagi mau bikin kue karena lagi gabut.

3. Kerjaan sebenernya ada banyak, tapi malah gabut-gabutan nggak jelas.

4. Sedari pagi sampe malem rajin banget bersih-bersih rumah biar enggak gabut terus.

5. Weekend emang enaknya buat jalan-jalan sama temen, gabut doang di rumah malah bikin stres.

6. Kerja sana, gabut mulu lo kerjaannya.

7. Bukannya bantuin, malah gabut-gabutan di kamar.

8. Lagi gabut nih, makanya bales chatting cepet.

9. Enggak ada waktu buat gabut, deadline-nya tinggal besok.

10. Gabut adalah passion-ku.

5 dari 6 halaman

Istilah Gaul Lainnya

1. Gaje adalah singkatan gaul istilah dari gak jelas atau enggak jelas. Kata ini digunakan saat seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

2. Gercep adalah singkatan gaul istilah dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran kepada seseorang untuk bisa bergerak lebih cepat saat melakukan sesuatu hal.

3. Halu adalah singkatan gaul istilah dari halusinasi. Istilah yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

4. Gaje adalah singkatan gaul istilah dari gak jelas atau enggak jelas. Kata ini digunakan saat seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

5. OOTD adalah singkatan gaul istilah dari Outfit of The Day. Kata ini menjelaskan apa paduan pakaian satu badan yang digunakan hari ini di unggahan media sosial.

6. OTW adalah singkatan gaul istilah dari On The Way, yang bisa digambarkan dalam bahasa Indonesia adalah sedang di jalan atau perjalanan.

7. OMG adalah singkatan gaul istilah dari Oh My God atau artinya Ya Tuhan.

8. PAP adalah singkatan gaul istilah dari Post a Picture.

9. XOXO adalah singkatan gaul istilah dari Hugs and Kisses atau artinya peluk dan cium.

7. Japri adalah singkatan gaul istilah dari jalur pribadi.

8. Komuk adalah singkatan gaul istilah dari kondisi muka.

9. Mager adalah singkatan gaul istilah dari malas gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

10. Mantul adalah singkatan gaul istilah dari mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

11. Pansos adalah singkatan gaul istilah dari panjat sosial. Pansos digunakan kepada orang-orang yang suka mencari perhatian publik, terutama di media sosial.

12. AFK adalah singkatan gaul istilah dari Away From Keyboard. Istilah digunakan bagi para pemain mobile gaming.

13. Baper adalah singkatan gaul istilah dari bawa perasaan. Istilah gaul baper ini lebih merujuk pada seseorang yang segala ucapan dan tindakan orang lain dimasukkan ke hati.

6 dari 6 halaman

Istilah Gaul Lainnya

14. Bucin adalah singkatan gaul dari istilah budak cinta. Istilah ini digunakan untuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta.

15. ASAP adalah singkatan gaul istilah dari As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

16. CMIIW adalah singkatan gaul istilah dari Correct Me If I’m Wrong. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia CMIIW dapat berarti koreksi jika saya salah.

17. COD adalah singkatan gaul istilah dari Cash On Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah bayar di tempat.

18. DM adalah singkatan gaul istilah dari Direct Message. DM adalah fitur pesan yang dikirim langsung di aplikasi Instagram dan Twitter.

19. DIY adalah singkatan gaul istilah dari Do It Yourself, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah lakukan sendiri atau sesuai keinginanmu.

20. FYI adalah singkatan gaul istilah dari For Your Information, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah informasi atau asal kamu tahu.

21. GGWP adalah singkatan gaul istilah dari Good Game Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.

22. GWS adalah singkatan gaul istilah dari Get Well Soon, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah semoga cepat sembuh.

23. Kepo adalah singkatan gaul istilah dari Knowing Every Particular Object. Istilah ini ditunjukkan bagi orang yang serba-ingin tahu.

24. LOL adalah singkatan gaul istilah dari Laugh Out Loud, yang bisa digambarkan dalam bahasa Indonesia adalah tertawa terbahak-bahak.

25. LMAO adalah singkatan gaul istilah dari Laughing My Ass Off, yang bisa digambarkan dalam bahasa Indonesia adalah tertawa ngakak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini