Sukses

12 Manfaat Kemiri untuk Rambut dan Kulit Bayi, Jaga Kesehatannya

Manfaat kemiri untuk rambut dan kulit bayi, jaga kesehatan secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan bayi memang terlahir dengan rambut yang tipis dan sedikit. Atau bahkan ada juga yang lahir tanpa rambut. Padahal sebenarnya, rambut ini memiliki peranan penting untuk menjaga kepala si kecil. Tidak heran pada kondisi ini banyak sekali ibu yang menggunakan manfaat kemiri untuk rambut bayi sebagai pemicu pertumbuhannya.

Kandungan asam lemak, mineral, protein, vitamin, dan anti-oksidan alami dari kemiri, ternyata bisa membantu menenangkan kulit bayi yang terluka dan teriritasi. Jadi, mengetahui apa saja manfaat kemiri untuk rambut dan kulit bayi penting sekali bukan? Tidak perlu khawatir karena kemiri ini termasuk tanaman yang kaya nutrisi dan aman untuk sang bayi.

Setelah mengetahui manfaat kemiri untuk bayi, perlu diketahui juga jika kemiri ini harus diolah dulu menjadi minyak kemiri untuk mempermudah penggunaannya. Tidak hanya mempermudah, tetapi agar manfaat kemiri untuk rambut dan kulit bayi menjadi lebih maksimal dan aman diterapkan.

Berikut penjelasan mengenai manfaat kemiri untuk rambut dan kulit bayi yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kemiri untuk Rambut Bayi

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Rambut Bayi

Sebelum diolah, kemiri memang mengandung bahan saponin dan phorbol yang sedikit beracun. Namun minyak hasil olahan yang diekstrak dari biji kemiri memiliki puluhan manfaat untuk kecantikan. Misalnya saja untuk menutrisi rambut bayi.

Kandungan asam linoleat dalam minyak kemiri ini termasuk asam lemak tak jenuh, yang sebenarnya tidak diperlukan oleh manusia. Namun asam jenis ini sebenarnya sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pertumbuhan rambut, terutama bagi rambut bayi yang masih mengalami proses pertumbuhan.

2. Memperkuat Akar Rambut

Minyak kemiri ini termasuk jenis ekstrak minyak kacang-kacangan yang memiliki kandungan vitamin B1 atau thiamin. Kandungan ini dipercaya mampu memperkuat akar rambut serta menjaga kesehatan sistem saraf di sekitar rambut. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan minyak kemiri sangat dianjurkan untuk rambut bayi. Tentu saja agar rambut bayi tetap sehat dan memiliki akar rambut yang lebih kuat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kemiri untuk Rambut Bayi

3. Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut

Kandungan protein yang tinggi dalam kemiri ini ternyata dapat membantu menjaga kesehatan dan keindahan rambut si kecil. Hal ini disebabkan karena protein adalah salah satu asupan nutrisi yang penting untuk tubuh manusia. Pada setiap organ tubuh manusia sangat membutuhkan asupan protein yang cukup agar dapat berfungsi dengan lebih optimal, termasuk rambut.

4. Membuat Rambut Berwarna Hitam Secara Alami

Kandungan miristat yang dimiliki kemiri ini, ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Tetapi manfaat paling penting yakni untuk rambut. Tentu saja untuk membantu menjaga kondisi dan tampilan rambut agar terlihat tetap hitam secara alami. Selain membuat rambut terlihat hitam alami, miristat ini juga penting untuk membuat rambut sehat dan subur terutama untuk rambut bayi.

5. Menyuburkan Pertumbuhan Rambut

Minyak kemiri juga memiliki banyak kandungan zat lemak. Meskipun jika dikonsumsi dalam jumlah besar juga bisa menimbulkan jerawat, namun penggunaan yang tepat pada rambut dapat membuat rambut lebih lebat dan subur. Bahkan zat lemak ini juga bisa membantu menghitamkan rambut secara alami.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kemiri untuk Kulit Bayi

6. Menjadikan Kulit Sehat dan Bercahaya

Minyak kemiri ternyata bisa menembus lapisan kulit hingga membuat kulit menjadi lebih lembap dan sehat. Bahkan tanpa membuat kulit terasa sangat berminyak. Selain itu, kandungan anti-oksidan, vitamin A, C, dan E dalam minyak kemiri ini akan membawa manfaat luar biasa bagi kulit si kecil. Termasuk membantu mencegah kerusakan sel dari radikal bebas lingkungan.

7. Merawat Kondisi Kulit Kronis

Minyak kemiri dapat mengobati beberapa kondisi kulit kronis seperti psoriasis, eksim, dan jerawat. Hal ini karena minyak kemiri kaya akan asam linolenat, asam linoleat, dan asam lemak omega-3. Omega-3 juga dipercaya mampu mengurangi peradangan pada kulit, sementara asam lainnya dapat bertindak sebagai pelembap kulit sang bayi.

8. Meringankan Gigitan Serangga

Gigitan serangga ternyata bisa diobati dengan kemiri. Hanya perlu menyiapkan 2 potong kemiri dan kunyit yang sudah dipanggang. Kemudian tumbuk keduanya hingga halus. Lalu letakkan pada bagian tubuh bayi yang terasa gatal akibat gigitan serangga.

9. Mencegah Kulit Terbakar Sinar Matahari

Minyak kemiri adalah salah satu minyak yang mudah diserap ke dalam kulit, bahkan di lapisan terdalam, sehingga membuat kulit lebih lembap dan terhindar dari sengatan sinar matahari yang membakar. Sehingga berbagai macam jenis polutan bisa dihindarkan dari si kecil.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Kemiri untuk Kulit Bayi

10. Mengobati Luka

Salah satu manfaat kesehatan dari minyak kemiri adalah untuk mengobati luka ringan dan luka bakar. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak minyak pohon kemiri membuat waktu penyembuhan luka menjadi lebih cepat, ekstrak ini juga meningkatkan produksi kolagen untuk menghilangkan bekas luka.

11. Melawan Bakteri

Ekstrak pohon kemiri juga dipercaya memiliki efek anti-mikroba untuk melawan bakteri dan jamur atau Staphylococcus aureus. Selain itu, ekstrak pohon kemiri juga dipercaya dapat membantu mencegah bakteri menyebar. Bahkan dapat membantu melawan infeksi kulit yang terkena jamur seperti gatal-gatal, jamur kuku, dan ketombe.

12. Membuat Rambut Tetap Sehat

Minyak kemiri telah digunakan sejak lama untuk merawat rambut kering dan rambut yang rusak oleh paparan sinar matahari. Hal ini disebabkan karena asam lemak dan asam amino dari minyak kemiri dapat dengan mudah menyerap untuk melembabkan, menutrisi, dan menyehatkan rambut. Selain itu, asam linoleat dari minyak kemiri juga dapat membuat rambut lebih mengkilap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini