Sukses

25 Macam-Macam Font Unik untuk Desain Grafis, Ciptakan Desain Bernuansa Kontemporer

Ada banyak macam font unik yang bisa digunakan untuk desain grafis.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam font unik untuk desain grafis perlu Anda ketahui, hal ini akan membuat desainmu semakin terlihat modern dan lebih menarik perhatian. Pemilihan macam-macam font unik dapat membantu desain grafis untuk menemukan ciri khasnya sendiri.

Dalam dunia desain grafis, macam-macam font unik dapat memberi pengaruh tersendiri terhadap desain yang ditampilkan. Sebab dapat memudahkan dalam penyampaian pesan dan mengungkap “rasa”. Pemilihan macam-macam font unik yang baik akan membuat audiens tertarik untuk membaca lebih banyak.

Dalam penerapannya, tipografi banyak diaplikasikan dalam media cetak maupun media digital. Tipografi yang baik tak hanya fokus pada materi sebuah konten, namun juga bagaimana menyajikannya dengan format yang konsisten, begitu juga dengan pemilihan huruf yang digunakan.

Berkaitan dengan itu, berikut ini ada beberapa macam-macam font unik untuk desain grafis agar hasil desain memiliki nuansa keren dan kontemporer yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (12/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Macam-macam Font Unik untuk Desain Grafis

Berikut ini ada beberapa macam-macam font unik untuk desain grafis yang dapat Anda ketahui dan terapkan dalam desain Anda, yaitu:

1. Lombok

Macam-macam font unik yang pertama adalah lombok. Font ini tidak ada garis proyeksi atau ikal di ujuang huruf. Font lombok dari Alexandre Pietre sangat samar dan geometris dengan bentuk yang terbelah dan dua garis.

2. Ailerons

Ailerons adalah font dari Adilson Gonzales de Oliveira Junior yang terinspirasi model pesawat terbang tahun 1940an. Ujung setiap huruf miring dan sedikit melengkung dengan detail yang halus.

3. One Day

One Day adalah font ramping dan huruf besar dari Nawras Moneer. Bentuk font yang bulat dan garis putus-putusnya akan menambahksan daya tarik visual pada judul utama manapun.

4. Aqua

Font dari Laura Pol ini memiliki garis lurus yang kontras dengan bentuk yang sangat bulat. Sudut yang kuat mendominasi pada huruf besar sementara lingkaran halus mendominasi huruf kecil.

5. Koliko

Keluarga font Kolikö dari Fontfirma memiliki karakter Latin dan Cyrillic dalam gaya reguler, tipis, dan tebal. Ini adalah font sans serif geometris dengan struktur bersih untuk berita utama yang tebal.

3 dari 6 halaman

Macam-macam Font Unik untuk Desain Grafis

Berikut ini ada beberapa macam-macam font unik untuk desain grafis yang dapat Anda ketahui dan terapkan dalam desain Anda, yaitu:

6. Serif

Font serif adalah sebuah macam-macam font unik yang yang mempunyai kait, mata pancing atau sepatu di setiap ujung nya. Dalam dunia typography ini sering disebut sebagai Counterstroke yang berfungsi untuk mempermudah membaca suatu kalimat atau teks. Serif adalah macam-macam font unik yang paling kuno, biasa dipake brand yang menujukkan konsep Royal, Elegant, dan Luxury.

7. Slab Serif

Font Slab Serif adalah font yang memiliki sepatu, kait atau mata pancing, yang memberikan kesan seperti tulisan dari mesin ketik. Slab serif merupakan adik dari sans serif, dan banyak juga yang menyebut font ini sebagai serif. Style ini muncul saat mesin tik pertama hadir. Font ini biasa digunakan untuk brand yang ingin terlihat classic, vintage, dan strong.

8. Sans Serif

Font Sans serif itu merupakan kebalikan dari font serif. Jika font serif memiliki sepatu, kait atau mata pancing, maka font san serif tidak memilikinya. Font san serif ini memiliki sifat yang lebih tegas dan modern daripada font serif. Font ini biasa digunakan oleh brand yang membawa kesan modern & Visioner.

9. Script

Font script atau handwriting adalah macam-macam font unik yang lebih nampak natural dan elegan. Salah satu ciri yang mencolok dari font script atau handwriting ini adalah seperti tulisan tangan dan kaligrafi. Font ini memiliki ciri khas huruf yang terhubung satu sama lain, font jenis ini menujukkan brand Beauty, Vintage, Retro.

10. Decorative

Font Decorative atau disebut sebagai font display dan font ornamental. Macam-macam font unik dekoratif memiliki ciri yang tidak beraturan, agak sulit untuk dibaca dan tidak cocok bila digunakan sebagai body. Macam-macam font unik ini dibuat dengan tujuan khusus, biasanya untuk menampilkan identitas suatu brand karena memiliki karakter yang unik dan mudah dikenali.

4 dari 6 halaman

Macam-macam Font Unik untuk Desain Grafis

Berikut ini ada beberapa macam-macam font unik untuk desain grafis yang dapat Anda ketahui dan terapkan dalam desain Anda, yaitu:

11. Handwritten

Macam-macam font unik yang lainnya yaitu Handwriten. Font ini sangat identik dengan model tulisan tangan latin bergaya klasik. Bentuknya juga bermacam-macam seperti dibuat menggunakan kuas atau spidol. Ukurannya pun ada yang tebal, tipis, tegak, miring dan lain sebagainya. Sangat cocok digunakan untuk memberikan kesan santai pada desain.

12. Color Font

Tulisan tebal dengan warna-warna yang menarik selalu menjadi pilihan tersendiri bagi para desainer grafis dalam membuat karya-karya desainnya. Font jenis ini seringkali dipergunakan untuk keperluan desain brosur, ataupun pembuatan gambar lain yang sifatnya ceria dan dan menghibur.

13. Victoria Porlor

Font yang satu ini memiliki bentuk yang paling menarik, terdiri dari berbagai macam karakteristik tipografi dan perpaduan yang klasik dan unik membuatnya disukai oleh desainer grafis. Karena bentuknya yang fleksibel, Anda bisa menggunakan font ini untuk keperluan desain yang mengusung tema vintage dan tetap terlihat modern.

14. Vintage

Font bergaya vintage juga identik sekali dengan masa lampau di mana tulisan-tulisannya berbentuk miring, tipis, artistik, namun terlihat elegan.

15. Blackletter

Font yang satu ini termasuk dalam kategori Old School. Untuk penggunaannya sendiri akan Anda banyak temui pada desain cover album band musik metal ataupun band rock. Ciri khas dari font ini yaitu hurufnya yang tebal, terdapat aksen atau motif pada bagian hurufnya seperti graffiti.

5 dari 6 halaman

Macam-macam Font Unik untuk Desain Grafis

Berikut ini ada beberapa macam-macam font unik untuk desain grafis yang dapat Anda ketahui dan terapkan dalam desain Anda, yaitu:

16. Brooklyn

Brooklyn merupakan macam-macam font unik yang cukup simpel, sederhana, terlihat bersih dan teratur. Banyak orang menggunakan font ini untuk keperluan desain yang tidak terlalu rumit. Font ini memiliki karakteristik huruf kapital yang tidak terlalu tinggi dan terdapat jarat pada setiap hurufnya.

17. Polya

Font Poyla terinspirasi dari jaring poli-poli, yaitu jala untuk pemodelan komputer 3D. Adrien Coquet mendesain font ini dengan bentuk tebal dan tampilan yang ringan. Anda bisa mendapatkan font Polya secara gratis.

18. Modeka

Modeka adalah font ringan dengan desain elegan yang menggabungkan sudut dengan detail yang membulat. Hasilnya terlihat antara bagian masing-masing elemen dengan persimpangan set karakter font itu sendiri.

19. Reckoner

Desain font Reckoner yang terinspirasi dari tipografi industri populer sans serif dengan sentuhan modern dibuat oleh Alex Dale, yang merupakan graphic designer berbakat. Jika dilihat, desain font ini tetap menjaga dasar-dasar font tradisional.

20. Stoked

Marie-Michelle Dupuis adalah seorang desainer yang merancang Stoked, jenis huruf serif. Ia mengatakan bahwa font ini diselamatkan dengan cinta setelah penolakan lima logo dengan huruf kustom ini.

6 dari 6 halaman

Macam-macam Font Unik untuk Desain Grafis

Berikut ini ada beberapa macam-macam font unik untuk desain grafis yang dapat Anda ketahui dan terapkan dalam desain Anda, yaitu:

21. Outrun Future

Font yang dibuat oleh PressGang Studios ini memiliki 3 family style. Macam-macam font unik ini cocok digunakan sebagai teks pada wallpaper.

22. Nordik

Nordik adalah tipe huruf eksperimental yang didesain oleh Yana Bereziner. Font ini terinspirasi oleh Norwegian runes, yang merupakan huruf yang digunakan dalam berbagai bahasa jerman sebelum adopsi alfabet Latin.

23. Komoda

Komoda adalah font ramping yang dirancang oleh Asia Ang. Font ini cock sebagai jenis huruf untuk berita utama dan judul, dan font ini terlihat cerdas dan modern pada contoh, yang dibingkai dengan garis persegi panjang.

24. Achi

Achi adalah font eksperimental pertama dari Shibu PG. Font ini bergaya modern dan kontemporer serta garis ganda stem dan stroke menambahkan sentuhan detail Art Deco.

25. Metria

Metria adalah jenis huruf geometris serbaguna yang memiliki sudut konsisten dan lingkaran yang tidak sempurna. Desainer Jake Lunde mengatakan, "Font ini terinspirasi dari bentuk geometris yang kaku yang diinfus dengan kurva organik untuk membuat kata-kata menjadi hidup."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini