Sukses

Taman Wisata Kopeng dan Destinasi Menarik di Sekitarnya

Wisata Kopeng menyajikan suasana pegunungan yang sejuk

Liputan6.com, Jakarta Taman Wisata Kopeng merupakan destinasi wisata yang makin digemari. Kopeng adalah sebuah desa di kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Desa Kopeng pun dijadikan sebagai desa wisata yang ada di Kabupaten Semarang. Beberapa objek wisata mulai dibangun salah satunya adalah Taman Wisata Kopeng. 

Berada di lereng Gunung Merbabu dengan ketinggian sekitar 1500-1700 mdpl, membuat taman wisata Kopeng menyajikan suasana pegunungan yang sejuk dan asri. Rute menuju Kopeng yang mudah juga menjadi alasan taman wisata Kopeng selalu ramai. Kopeng berada di jalur penghubung antara kota Salatiga dan kota Magelang.

Tak cuma menikmati petualangan di taman wisata Kopeng, Anda juga bisa mengunjungi destinasi lain di sekitarnya. Tak jauh dari taman wisata Kopeng, Anda juga dapat menemui wisata alam lain yang tak kalah indah. Berikut taman wisata Kopeng dan destinasi menarik di sekitarnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(12/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng berlokasi di Jl. Raya Kopeng – Magelang Km. 15 Getasan, Kopeng, Semarang, Jawa Tengah. Taman wisata ini merupakan area rekreasi yang cocok untuk liburan keluarga atau instansi. Taman Wisata Kopeng menjadi tujuan menyenangkan untuk berlibur ke Semarang.

Taman Wisata Kopeng memiliki fasilitas lengkap seperti Waterpark, Outbound Centre, Gardening 4,17 hektar, Playground, ATV, Family resort, Hall, VIP family karaoke, Fun Bilyard, Kaos corner, Resto dan Coffe Shop. Berpadu dengan suasana pegunungan yang sejuk, Taman Wisata Kopeng menarik dikunjungi bagi Anda yang ingin melepas penat.

Taman Wisata Kopeng juga menawarkan camping ground untuk berkemah. Tak perlu repot membawa tenda dan peralatan lainnya, semua sudah disediakan di sini.

3 dari 6 halaman

Kopeng Treetop Adventure Park

Kopeng Treetop Adventure Park berada sekitar 1,2 km dari taman wisata Kopeng. Tempat wisata ini merupakan bagian dari Treetop Adventure Park yang telah tersebar di seluruh dunia. Kopeng Treetop Adventure Park berada di tengah hutan pinus seluas 7 hektar.

Di sini Anda dapat melakukan petualangan alam dengan berbagai fasilitas menarik. Kopeng Treetop Adventure Park memiliki 8 sirkuit, 88 tantangan, 24 flying fox serta giant tarzan jump yang cocok untuk kegiatan outing.

Semua platform rangkaian dipasang, menggunakan sistem kompresi inovatif untuk melindungi pohon dari kerusakan. Ada pula area Camping Glam yang memberi pengalaman rekreasi bermalam di tenda layanan bintang lima.

4 dari 6 halaman

Umbul Songo Kopeng

Umbul songo terletak di kompleks wisata Kopeng, di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Umbul Songo merupakan air terjun yang diapit oleh Gunung Telomoyo, Andong dan Gunung Merbabu. Umbul songo beradai di ketinggian tempat 1.450 mdpl.

Air terjun setinggi 15 meter ini mengalir deras dan sejuk di antara rimbunnya pepohonan. Selain menikmati keindahan air terjun, Anda juga bisa menikmati fasilitas lain seperti kolam untuk berendam, taman bermain dan bumi perkemahan.

Menurut kusah sejarah yang beredar, Umbul Songo yang berarti Sembilan Mata Air ditemukan oleh Wali pada zaman kerajaan Demak untuk memenuhi kebutuhan bersucinya. Umbul Songo enjadi salah satu dari mata 9 air yang ada di sini selain Solodhuwur, Tayengan, Contre, Takelan, Pang Jero, dan Kali Sati.

5 dari 6 halaman

Gardu Pandang Kopeng

Gardu Pandang Kopeng terletak di lereng Gunung Merbabu sekitar 2,3 km dari Taman Wisata Kopeng. Gardu Pandang Kopeng berada di dusun Cuntel, Kopeng, Kabupaten Semarang. Dusun Cuntel memang terkenal sebagai salah satu jalur pendakian menuju puncak Merbabu.

Tak cuma panorama gunung Merbabu, dari Gardu Pandang Kopeng Anda juga dapat menikmati pemandangan gunung Andong, gunung Telomoyo, bukit Gajahmungkur, dan rawa pening dari ketinggian.

6 dari 6 halaman

Bukit Harapan Cuntel

Tidak jauh dari Gardu Pandang Kopeng, Anda juga bisa mampir ke Bukit Harapan Cuntel. Tempat ini memiliki pohon yang mengering dan menjadi begitu ikonik bagi para wisatawan. Di Bukit Harapan Cuntel sudah tersedia tempat untuk bersantai seperti tempat duduk, rumah pohon, atau spot foto menarik.

Bukit Harapan Cuntel juga menyediakan gardu pandang yang menyajikan keindahan pegunungan dan kabupaten Semarang. Di sini pengunjung dapat menikmati panorama jajaran gunung seperti Sumbing, Sindoro, Andong, dan Telomoyo.

Lahan pertanian warga yang hijau juga indah dan menarik mata. Bukit Harapan Cuntel ini bahkan pernah jadi tempat pengambilan film Kau dan Aku Cinta Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini