Sukses

Cara Menghilangkan Kutil di Wajah dengan Bahan Alami

Hilangkan kutil di wajahmu dengan bahan alami ini.

Liputan6.com, Jakarta Munculnya kutil di tubuh merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh beberapa orang. Munculnya kutil di kulit disebabkan oleh humam papillomavirus (HPV). Kutil pada dasarnya pertumbuhan kulit yang umumnya muncul di wajah, leher, tangan dan bagian lainnya.

Kutil filiform merupakan salah satu kutil yang tumbuh di daerah wajah, seperti sekitar mata, hidung, mulut, dan di bawah dagu atau leher. Biasanya, jenis kutil ini memiliki ukuran yang kecil dan memiliki warna yang serupa dengan kulit.

Umumnya, kutil di wajah bukan sesuatu yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, kutil di wajah bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri kamu. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang ingin menghilangkan kutil di wajah.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutil di wajah, yaitu dengan menggunakan obat-obatan dan dengan bahan alami. Untuk obat-obatan sendiri yang biasa dipilih untuk menghilangkan kutil adalah asam salisilat. Namun, obat ini tidak cocok untuk menghilangkan kutil di wajah karena dapat menjadikan kulit iritasi.

Nah, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini Liputan6.com, Senin (29/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa bahan alami yang bisa bantu kamu untuk menghilangkan kutil di wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lidah Buaya

Kutil biasanya tak memerlukan perawatan dengan menggunakan teknologi tinggi. Cukup dengan menggunakan bahan alami, kamu sudah bisa mengatasi masalah kulit ini. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah lidah buaya.

Lidah buaya sudah tidak diherankan lagi manfaatnya untuk menjaga kesehatan. Untuk kondisi kutil di wajah sendiri, lidah buaya bisa memberikan manfaat untuk menghilangkannya ketika langsung diterapkan ke daerah yang terkena.

Kamu bisa menggunakan berbagai krim topikal yang mengandung lidah buaya apabila tak menemukan lidah buaya segar. Kamu bisa mengaplikasinnya setiap dua kali sehari dengan cara melapisi kutil dengan gel lidah buaya.

3 dari 6 halaman

Cuka Sari Apel

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kutil di wajah adalah cuka sari apel. Hal ini dikarenakan, adanya kandungan asam asetat yang terdapat pada cuka sari apel. Asam ini bersifat antivirus yang mampu membasmi virus penyebab kutil.

Selain itu, asam asetat juga bisa membantu menghilangkan jaringan kulit berlebih di wajah. Cara menggunakan cuka sari apel untuk mengilangkan kutil di wajah adalah dengan mencampurkan dua sendok makan cuka apel ke dalam setengah gelas air. Lalu, celupkan kapas dan tempelkan pada kulit. Tutup dengan perban dan diamkan semalaman.

4 dari 6 halaman

Sari Lemon

Adanya asam sitrat dalam lemon mengandung vitamin C yang diduga mampu membunuh virus penyebab kutil. Sari lemon ini juga dapat membantu melembutkan kutil sehingga lebih mudah untuk dilepaskan. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan air perasan lemon pada kutil minimal tiga kali sehari sampai kutil benar-benar hilang.

5 dari 6 halaman

Bawang Putih

Zat allicin pada bawang putih juga bersifat antivirus yang mampu melawan virus HPV penyebab kutil di wajah. Disini bawang putih digunakan sebagai masker untuk mendapatkan khasiatnya untuk menghilangkan kutil di wajah. Caranya adalah dengan menghancurkan bawang putih dan tempelkan pada kutil.

Perlu diingat bahwa, bawang putih bisa menyebakan kulit mengalami iritasi. Untuk itu, setelah menggunakannya selam 15 menit, basuh wajah segera menggunakan air apabila merasakan perih, gatal, dan kesemutan.

6 dari 6 halaman

Nanas

Pada nanas, memiliki kandungan sari yang mengandung zat asam dan enzim pelarut yang dapat membantu menghancurkan jaringan kutil di wajah. Enzim proteolitik di dalamnya yang bisa mencerna dan melaruekan kutil di wajah.

Ya, kamu bisa mengecilkan atau bahkan menghilangkan kutil di wajah dengan secara rutin mengoleskan sari nanas pada kutil di wajah. Namun, menggunakan sari nanas ini belum ada pembuktian dari klinis yang mendukung keefektivitasnya sebagai obat alami untuk menghilangkan kutil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini