Sukses

Cara Membuat Magnet Lengkap yang Mudah Dilakukan di Rumah, Pahami Manfaatnya

Mengetahui cara membuat magnet di rumah dengan mudah dan sederhana.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat magnet dirumah merupakan hal yang gampang namun juga susah apabila tidak memahami secara menyeluruh caranya. Magnet adalah benda yang memiliki kemampuan menarik benda-benda lain yang ada disekitarnya. Magnet memiliki sifat kemagnetan yang mampu menarik benda-benda lain yang ada disekitarnya.

Magnet merupakan suatu objek yang didalamnya terdapat medan magnet. Magnet pertama kali ditemukan oleh orang Yunani di sebuah tempat bernama Magnesia. Dari situlah kata magnet berasal dan secara luas digunakan. Bentuk magnet yang paling pertama ditemukan berupa magnet alam berbentuk batu.

Seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi, magnet kini telah digunakan pada banyak alat elektronik seperti telepon, dinamo, alat ukur, dan banyak lainnya. Pada dasarnya, benda-benda yang bisa ditarik oleh magnet adalah benda yang mengandung unsur logam. Namun, tidak semua logam bisa terpengaruh daya tarik logam. Salah satu logam dengan daya tarik magnet kuat adalah besi dan baja.

Magnet sendiri dibagi menjadi dua jenis berdasarkan cara membuat magnet tersebut. Pertama, magnet alam yang terbentuk secara alami melalui proses alam, misalnya magnet bumi dan batu magnesian. Kedua, magnet buatan yang cara pembuatan magnetnya dilakukan dengan sengaja.

Dalam hal ini magnet buatan memiliki beberapa bentuk yang disesuaikan dengan fungsinya. Bentuk-bentuk magnet tersebut adalah magnet batang, tabung (silinder), jarum, magnet berbentuk huruf U, dan ladam (tapal kuda). Sedangkan, bahan yang bisa dibuat menjadi magnet adalah bahan-bahan terdiri dari atom magnet seperti baja dan besi.

Anda bisa membuat magnet sendiri di rumah karena langkahnya sangat sederhana dan mudah dilakukan. Berikut telah di rangkum oleh Liputan6.com mengenai cara membuat magnet lengkap dengan penjelasannya yang diambil dari berbagai sumber, Kamis (8/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Magnet dengan Menggosok

Cara membuat magnet yang pertama adalah dengan menggosoknya. Anda hanya membutuhkan magnet permanen dan benda yang ingin Anda aliri. Benda yang bisa dialiri magnet adalah benda yang telah memiliki sifat kemagnetan, misalnya besi dan baja. Benda tersebut terdiri atas domain maupun magnet kecil yang disebut dengan magnet elementer.

Caranya adalah dengan menggosokkan magnet permanen pada benda yang ingin Anda jadikan magnet. Gosokkan secara satu arah dengan beraturan kemudian gerakan yang searah dan beraturan membuat aliran magnet permanen terhadap benda menjadi terpengaruh magnet.

Untuk menentukan kutub utara dan selatan magnet buatan, Anda hanya perlu melihat ujung magnet permanen yang Anda gosokkan. Maka, benda yang Anda gunakan untuk menerima aliran magnet adalah kutub yang berlawanan dengan ujung magnet permanen.

3 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Magnet dengan Induksi

Cara membuat magnet yang selanjutnya adalh dengan menggunakan induksi. Cara kerja induksi terjadi karena pengaruh gaya magnet pada sebuah benda magnet elementer atau konduktor. Siapkan magnet permanen dengan benda yang ingin Anda ubah menjadi magnet. Letakkan dua benda tersebut secara berdekatan dengan posisi vertikal.

Kemudian, letakkan jarum atau benda lain yang bisa menempel dengan magnet. Pastikan posisi magnet permanen dan konduktor tidak berubah-ubah. Amati gerakan jarum yang telah Anda letakkan di bawah konduktor. Pelan-pelan, jarum tersebut akan menempel pada konduktor.

Namun, jika magnet permanen dijauhkan, secara otomatis konduktor akan kehilangan sifat kemagnetannya. Berbeda ceritanya jika konduktor yang Anda gunakan adalah batang baja. Batang baja masih bisa menarik jarum meski magnet permanen telah dijauhkan.

4 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Magnet dengan Elektromagnetik

Cara membuat magnet yang berikutnya adalah dengan menggunakan elektromagnetik. Sesuai namanya, elektromagnetik merupakan alternatif membuat magnet dengan cara aliran arus listrik. Sumber listrik yang dapat kamu manfaatkan bisa berupa batu baterai segala ukuran.

Elektromagnetik membutuhkan arus listrik searah atau direct current (DS). Artinya, Anda butuh dua buah batu baterai agar bisa mempraktikkan cara ini. Selain itu, siapkan benda yang ingin Anda ubah menjadi magnet, misalnya paku besi. Siapkan juga kabel kumparan atau kawat besi sebagai perantara aliran.

Pertama, tumpuk dua batu baterai untuk dihubungkan dengan kabel kumparan. Hubungkan kedua ujung kabel dengan kutub positif dan negatif baterai. Jangan lupa untuk mengupas ujung kabel kumparan menggunakan gunting. Selanjutnya, lilitkan kabel pada paku besi. Maka, magnet buatan Anda telah siap digunakan.

Untuk menentukan kutub utara dan selatan magnet buatan, Anda bisa gunakan kaidah tangan kanan. Yaitu dengan menggenggam paku besi tadi pada posisi ibu jari dibuka, sedangkan jari lain tetap menggenggam. Dengan demikian, ibu jari menunjukkan arah kutub utara magnet.

5 dari 5 halaman

Kegunaan Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Sifat magnet yang istimewa, memberikan banyak manfaat bagi kita. Sifat magnet yang bisa menarik besi misalnya, bisa kita manfaatkan untuk mencari benda-benda yang terbuat dari besi. Selain itu, sifat magnet dalam keadaan bebas yang kutub-kutubnya selalu mengarah ke utara dan selatan, dapat dimanfaatkan untuk membuat kompas atau penunjuk arah. Berikut ini manfaat magnet secara umum yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Magnet dimanfaatkan untuk membuat ujung obeng yaitu untuk memudahkan saat mengambil dan memasang sekrup.
  2. Ujung gunting terbuat dari magnet yang berfungsi untuk memudahkan mengambil jarum jahit.
  3. Magnet dimanfaatkan pada kotak tempat pencil sebagai pengunci kotak pencil.
  4. Magnet dimanfaatkan untuk papan catur agar buah catur tidak terguling.
  5. Magnet yang berbentuk jarum digunakan untuk kompas sebagai penunjuk arah utara dan selatan.
  6. Magnet dimanfaatkan pada dinamo sepeda dan generator untuk membangkitkan tenaga listrik.
  7. Magnet dimanfaatkan pada pengeras suara untuk mengubah getaran listrik menjadi getaran suara.
  8. Magnet dimanfaatkan pada kaset untuk merekam suara atau bunyi.
  9. Magnet dimanfaatkan pada pintu kulkas agar tertutup secara rapat dan kencang.

Itulah cara membuat magnet lengkap dengan penjelasannya yang bisa Anda praktikkan di rumah. Terlebih daulu siapkan bahan-bahan untuk membuatnya, dan pahamilah cara membuat magnet diatas dengan seksama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.