Sukses

15 Cara Melegakan Hidung Tersumbat, Tanpa Konsumsi Obat

Cara melegakan hidung tersumbat ini hanya menggunakan bahan alami, terapi, dan konsumsi makanan tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Hidung tersumbat merupakan kondisi kongesti hidung karena penumpukan lendir dan kelainan. Hal ini yang menjadikan cara melegakan hidung tersumbat penting diketahui. Hidung tersumbat tak hanya bikin enggak nyaman, tetapi mengganggu produktivitas keseharian.

Cara melegakan hidung tersumbat ini hanya menggunakan bahan alami, terapi, dan konsumsi makanan tertentu. Tentu saja aman dan enggak bikin kecanduan seperti ketika mengonsumsi obat. Cara ini juga mudah diterapkan di rumah, cocok untuk anak, orang dewasa, dan lansia.

Meski cara melegakan hidung tersumbat sangat aman, jangan terus dilakukan ketika kondisi hidung tersumbat tak mengalami perubahan. Bisa jadi hidung tersumbat yang dialami bukan karena lendir, tetapi ada kelainan yang harus mendapat penanganan medis.

Berikut Liputan6.com ulas cara melegakan hidung tersumbat dari berbagai sumber, Sabtu (24/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Menghirup Uap

Menghirup uap bisa membantu melegakan hidung tersumbat. Uap yang bisa dihirup ada banyak macamnya. Mulai dari aroma khas thyme dan mint. Cocok digunakan untuk melegakan hidung tersumbat saat hendak tidur.

Cara membuat uap dari rebusan herbal ini sangat mudah. Hanya perlu memasukkan tiga sendok teh thyme kering dan tiga sendok teh pepermin ke dalam mangkuk. Lalu seduh dengan air mendidih dan hirup uapnya sampai hidung kamu terasa lebih baik.

Makanan Hangat

Cobalah mengonsumsi makanan hangat untuk bisa melegakan hidung tersumbat. Tak hanya uapnya yang akan berguna, tetapi sensasi hangat makanan ini akan merelaksasi saluran pernapasan.

Jika mengonsumsi sup hangat, condong tubuh ke depan agar dekat dengan mangkuk sup. Cara ini bisa membuat lendir ingus mudah keluar. Semangkuk sup hangat juga bisa memberikan efek sugesti emosi yang positif sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran menjadi lebih tenang.

Pelembap Udara

Gunakan pelembap udara atau humidifier untuk mengatasi hidung tersumbat. Cara ini cukup efektif, mudah, dan cocok untuk anak-anak.

Udara lembap yang dihasilkan oleh humidifier dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah yang membengkak di hidung dan sinus.

Pelembap udara akan menipiskan lendir di sinus. Humidifier pun dapat menyaring udara yang ada di sekitar dan membuat udara menjadi lebih bersih dan segar. Taruhlah humidifier di kamar untuk meredakan peradangan.

3 dari 7 halaman

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Handuk Hangat

Mengompres bagian dahi dan hidung dengan handuk hangat bisa membantu melegakan hidung tersumbat.  Termasuk bisa membantu mengurangi sakit kepala dan nyeri saat sedang pilek.

Kompres hangat ini bisa melegakan hidung dan membuat lendir menjadi lebih mudah dikeluarkan. Kompres ini pun bisa membuat rileks saluran pernapasan.

Tak hanya gunakan air hangat biasa, tetapi bisa tambahkan jahe. Rebus beberapa irisan jahe, lalu rendan kain lembut atau handuk ke dalam air rebusan. Letakkan kain pada hidung yang mampet.

Pijat Hidung

Lakukan pemijatan hidung ketika hidung sedang tersumbat. Terlihat sederhana, tetapi cara ini efektif melegakan dan merileksasi hidung yang tersumbat.

Pemijatan beberapa bagian hidung bisa meningkatkan sirkulasi. Sekaligus membantu meringankan rasa nyeri akibat lendir yang tertahan di hidung

Pijat hidung dengan jari telunjuk, lalu beri pijatan pada bagian tepi hidung selam 30 detik. Ulangi cara ini beberpa kali sampai bagian yang dipijat terasa lebih baik dan lendir mudah untuk dikeluarkan.

4 dari 7 halaman

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Teh Herbal

Teh herbal bisa dipakai sebagai cara melegakan hidung tersumbat. Teh ini dibuat dari jahe, chamomile, atau lemon. Bahan ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sensasi hangatnya mampu legakan saluran pernapasan.

Jadi memang cocok untuk sembuhnya pilek dan flu. Jahe bisa bantu hilangkan sumbatan pada sistem pernapasan. Chamomile bersifat antivirus dan antibakteri yang menenangkan. Sementara lemonnya mengandung vitamin C yang baik untuk sistem imun.

Cuka Apel

Cuka apel ini terbukti kaya akan khasiat. Salah satunya melegakan hidung tersumbat. Banyak ahli gizi berpendapat bahwa cuka sari apel bagus untuk mencegah batuk dan pilek karena ampuh encerkan lendir.

Hanya saja porsinya harus diperhatikan betul. Jangan berlebihan dan jangan kurang. Tujuannya agar dosis tepat bisa memengaruhi proses pemulihan pilek dengan maksimal.

Cuka sari apel pun mengandung mineral penting, seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, klorin, dan natrium. Kandungan ini sangat penting untuk mengatur fungsi tubuh. Bagi yang enggak tahan dengan rasa asamnya, bisa menambahkan madu.

Garam

Garam termasuk obat alami pilek yang sudah didukung oleh sejumlah penelitian medis. Berkumur dengan air garam bisa membantu melegakan hidung tersumbat. Hal ini disebabkan karena air garam ampuh mencairkan lendir di hidung dan tenggorokan.

Hanya perlu melarutkan setengah sendok garam dalam satu gelas air air hangat. Lalu, kumur-kumur air garam beberapa detik. Jangan ditelan, tetapi buang airnya. Lakukan saat tenggorokan gatal dan merasa gejala pilek mengganggu sekali.

5 dari 7 halaman

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Semprotan Hidung

Semprotan hidung atau salyn cocok digunakan untuk melegakan hidung tersumbat. Semprotan hidung ini sangat efektif mengeluarkan lendir di hidung karena kandungan garamnya. Selain bisa dibeli di apotek, semprotan ini juga bisa dibuat sendiri.

Campurkan air hangat, garam, dan soda kue dalam sebuah wadah. Campuran ini bisa dihirup untuk meredakan hidung tersumbat. Namun, jangan lakukan ini terlalu sering, karena dapat menyebabkan hidung terkena infeksi.

Posisi Kepala Tinggi

Cara melegakan hidung tersumbat bisa dilakukan di tempat tidur dengan meninggikan posisi kepala. Posisi kepala yang tinggi bisa dibantu dengan bantal. Hindari posisi kepala dan tubuh berbaring lurus.

Letakkan kepala lebih tinggi dari tubuh saat tidur bisa membantu melancarkan saluran hidung yang tersumbat karena lendir. Gunakan satu bantal tebal atau beberapa tumpuk bantal tipis untuk membuat posisi kepala dan saluran pernapasan lebih nyaman selama tidur.

6 dari 7 halaman

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Minyak Kayu Putih

Aroma dan hangatnya minyak kayu putih terbilang manjur melegakan hidung tersumbat. Dorong wajah hingga berada di atas mangkuk berisi air panas yang sudah ditambahkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih.

Gantungkan handuk di atas kepala sampai menutupi mangkuk, hirup uap selama kurang lebih 10 menit. Minyak kayu putih terbukti secara ilmiah sebagai alternatif rumahan yang bisa membunuh beberapa jenis bakteri penyebab hidung tersumbat, seperti infeksi sinus.

Neti Pot

Neti pot memang wadah yang dirancang khusus untuk mengeluarkan lendir dan cairan dari saluran hidung. Cocok digunakan untuk melegakan hidung tersumbat.

Berdirilah di dekat wastafel. Tempatkan cerat neti pot di satu lubang hidung. Miringkan neti pot hingga air memasuki saluran hidung. Setelah air mengalir ke lubang hidung, lendir akan keluar melalui lubang hidung yang lain.

Cukup lakukan ini selama sekitar satu menit, dan kemudian lakukan ke sisi yang satunya. Gunakanlah air yang steril untuk melakukan ini, misalnya air hangat yang sudah dimasak sebelumnya.

Jahe

Jahe memiliki sifat menghangatkan dan antibakteri. Hal ini menjadikan konsumsi jahe mampu melegakan hidung tersumbat dengan efektif. Konsumsi jahe dengan mencampurkan madu dan lemon. Jahe ampuh hilangkan racun berlebihan dalam tubuh.

Sementara madu dan lemonnya akan membuat rasa jahe lebih bisa dinikmati dan tak terlalu pedas. Ambil satu sendok makan jahe segar parut.

Letakkan dalam mangkuk air panas mendidih. Biarkan selama lima menit. Saring air menjadi secangkir air jahe hangat. Tambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan satu sendok makan madu.

7 dari 7 halaman

Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Bawang Putih

Bawang putih termasuk bumbu dapur yang ampuh bikin hidung lega. Banyak orang mengatakan bawang putih adalah makanan super penangkal bakteri. Tak heran jika bawang putih bisa melegakan hidung tersumbat.

Kupas empat sampai lima siung bawang putih. Hancurkan perlahan, lalu tumis, serta tambahkan ke hidangan favorit untuk bisa dikonsumsi. Selain menumis, bisa jadikan bawang putih ini sebagai jus. Hanya perlu tambahkan tomat dan lemon agar lebih nikmat dikonsumsi.

Cokelat Panas

Cokelat panas tak hanya memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Cokelat panas ini juga ampuh melegakan hidung tersumbat. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang dimiliki dan sifat hangat yang merelaksasi.

Sebuah studi di Inggris pernah meneliti kaitan antara batuk dan teobromina, salah satu senyawa yang ditemukan dalam kakao. Dibandingkan dengan kodein, teobromina ditemukan lebih efektif dalam menekan batuk. Para peneliti menduga bahwa teobromina di sini bekerja di saraf vagus, yang dapat memicu batuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini