Sukses

Ini Penyebab Cegukan Saat Makan Pedas dan Cara Mengatasinya

Penyebab cegukan saat makan pedas dan cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Makan makanan pedas dapat memberikan berbagai macam efek pada tubuh, seperti lidah dan bibir terasa panas, badan berkeringat, hingga ingusan. Tidak hanya beberapa hal tersebut, ternyata makan makanan pedas juga bisa menyebabkan cegukan.

Namun kamu tidak perlu cemas. Mengalami cegukan saat makan makanan pedas adalah suatu hal yang normal. Biasanya cegukan ini terjadi saat sedang nikmat-nikmatnya menghabiskan makanan pedas kesukaan.

Penyebab cegukan saat makan pedas dan cara mengatasinya sebaiknya dipahami agar makan tidak terganggu, apalagi buat penyuka pedas. Tentunya akan sangat menyebalkan bila saat kamu sedang menikmati makanan pedas, tiba-tiba cegukan muncul dan tidak berhenti.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang penyebab cegukan saat makan pedas dan cara mengatasinya dari berbagai sumber, Rabu (19/6/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Orang yang Cegukan Saat Makan Pedas

Cegukan saat makan pedas tidak terjadi pada semua orang. Hal ini biasanya berkaitan dengan bagaimana tubuh seseorang merespons saat makan makanan pedas yang dipengaruhi oleh gen serta kondisi kesehatan orang tersebut.

Di antaranya ada orang-orang yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif dan sering mengalami diare ataupun mulas saat makan makanan pedas.

Jadi orang-orang yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif ini juga akan lebih mudah cegukan saat makan pedas. Oleh karena itu, tidak semua orang akan mengalami cegukan saat makan pedas, tergantung pada seberapa sensitif sistem pencernaannya.

3 dari 4 halaman

Penyebab Cegukan Saat Makan Pedas

Cegukan saat makan pedas ini terjadi karena salah satu kandungan cabai, yaitu capsaicin. Capsaicin ini adalah kandungan yang menyebabkan berbagai efek pada tubuh terjadi saat makan makanan pedas.

Saat kamu secara langsung terpapar senyawa capsaicin ini pada kulit ataupun mulut, kulit akan terasa panas, perih, bahkan nyeri. Hal inilah yang nantinya menyebabkan kamu merasakan sensasi pedas atau terbakar setelah makan makanan pedas. Hal ini disebabkan karena capsaicin berikatan dengan reseptor khusus pada tubuh yang disebut dengan TRPV1.

Tidak hanya menjadi faktor penyebab sensasi pedas dan terbakar pada mulut saja, capsaicin juga merupakan penyebab terjadinya cegukan saat makan pedas. Hal ini lagi-lagi berkaitan dengan reseptor khusus untuk capsaicin yang sekarang berada di diafragma.

Saat capsaicin masuk ke dalam tubuh, otot diafragma akan berkontraksi. Hal ini menyebabkan aliran udara ke batang tenggorokan menjadi terhambat. Padahal diafragma sendiri merupakan otot-otot yang membantu paru untuk mengembang dan mengambil udara. Proses inilah yang menimbulkan cegukan saat makan makanan pedas.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Cegukan Saat Makan Pedas

Walaupun cegukan yang terjadi saat makan makanan pedas biasanya tidak berlangsung terlalu lama, namun keadaan tersebut pastinya akan sangat mengganggu makan kamu. Jadi untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut:

1. Perhatikan banyak cabai

Cara mengatasi cegukan saat makan makanan pedas yang pertama tentunya adalah dengan mengurangi jumlah atau banyak cabai yang digunakan. Bahkan sebaiknya bila memang sistem pencernaan kamu tidak terbiasa dengan makanan pedas, lebih baik hindari saja makanan pedas tersebut daripada malah mendatangkan penyakit.

Bila kamu memang sangat menyukai makanan pedas, tetapi memiliki sistem pencernaan yang sensitif, kamu bisa memperhatikan jumlah atau banyak cabai yang dikonsumsi. Semakin banyak cabai yang digunakan, tentunya akan semakin tinggi pula kandungan capsaicin. Jadi dengan begitu, kemungkinan cegukan akan bertambah seiring dengan semakin banyaknya kamu mengonsumsi cabai saat makan.

2. Minum susu

Salah satu cara mencegah pedas yang sudah banyak diketahui adalah dengan minum susu. Hal ini berkaitan dengan kandungan casein di dalam susu yang dapat memecah capsaicin sekaligus meredakan rasa pedas yang kamu rasakan. Semakin cepat kamu minum susu, maka kemungkinan terjadinya cegukan pun semakin rendah.

3. Berhenti makan sejenak

Cara mengatasi cegukan saat makan makanan pedas selanjutnya adalah berhenti makan untuk sejenak. Dengan berhenti sebentar, kamu bisa menghindari kemungkinan lainnya seperti tersedak.

Tersedak akan terjadi bila kamu terus memaksakan diri untuk makan dan tidak peduli bahwa aliran udara di tenggorokan sedang terhambat. Akibatnya, hidung dan tenggorokan pun akan terasa panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini