Sukses

6 Jenis Anjing Kecil Lucu, Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan Bagi Pemula

Cocok dijadikan teman bermain di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Anjing merupakan salah satu bintang peliharaan terpopuler di Indonesia selain kucing. Hal itu tak aneh mengingat sifat anjing yang lucu serta bentuk tubuhnya yang unik. Selain itu anjing juga terkenal sebagai teman yang setia untuk majikannya manusia. Banyak berbagai macam jenis anjing yang bisa dijadikan peliharaan.

Salah satunya adalah jenis anjing kecil. Ya, jenis anjing kecil bisa kamu pilih untuk dipelihara karena anjing kecil cocok untuk pemula. Jenis anjing kecil lucu bisa kamu miliki karena pemberian makanannya yang lebih mudah. Selain itu, anjing kecil juga tidak membutuhkan ruang yang terlalu besar.

Nah, buat kamu yang berencana untuk memelihara jenis anjing kecil lucu, kamu bisa melihat beberapa referensinya terlebih dahulu. Ada banyak jenis anjing kecil lucu yang bisa kamu pilih. Berikut Liputan6.com, Kamis (15/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa jenis anjing kecil lucu yang bisa kamu pilih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Anjing Pudel

Jenis anjing kecil lucu pertama yang cocok kamu jadikan peliharaan adalah anjing pudel. Ras anjing pudel berasal dari Jerman. Pudel merupakan salah satu anjing kecil yang sangat populer dan memiliki banyak penggemar.

Anjing ini memiliki karakterisitik bulu yang nampak keriting dan tebal. Selain karaktersitiknya yang bikin gemas, anjing kecil lucu ini juga memilki sifat yang sangat patuh, aktif, pandai, dan mudah dilatih.

Untuk anjing pudel sendiri memiliki beberapa jenis lainnya. Namun, kalau untuk dijadikan hewan peliharaan, jenis toy poodle atau pudel mainan yang banyak dipilih. Karena anjing pudel ini memiliki bulu layaknya boneka, maka apabila ingin memeliharanya kamu perlu memperhatikan perawatannya dengan baik.

3 dari 7 halaman

Anjing Maltese

Anjing kecil lucu selanjutnya adalah maltese. Apabila dilihat sekilas, anjing ini mirip dengan pudel. Tetapi kedua jenis anjing kecil lucu ini merupakan dua ras yang berbeda. Karakteristik anjing maltese ini adalah memiliki bulu yang terlihat seperti boneka, namun tidak terlalu keriting seperti pudel.

Anjing maltese ini juga memiliki sifat yang tak kalah menggemaskan. Dimana maltese sangat senang bermain, jinak, lembut, responsif, dan cukup aktif. Walaupun anjing ini terlihat kecil, maltese merupakan jenis anjing kecil lucu yang pemberani.

4 dari 7 halaman

Anjing Pug

Kalau kamu ingin memelihara anjing kecil lucu yang antimainstream, kamu bisa mencoba memiliki anjing pug. Anjing ini juga sudah sangat populer di kalangan pencinta binatang, khususnya anjing. Hal ini dikarenakan anjing pug memiliki kondisi fisik yang gempal, kepala bulat, dengan bagian mulut atau moncong yang pendek, hidung pesek, dan telinga yang tipis.

Walaupun fisiknya yang kecil, anjing pug ini bisa juga kamu jadikan sebagai penjaga yang baik. Hal ini dikarenakan anjing pug sangat periang dan suka bermain dengan majikannya.

Namun, anjing pug ini memiliki sedikit kekurangan. Ya, anjing pug rentan terkena flu. Hal ini dikarenakan anjing pug memiliki moncong yang pendek sehingga membuatnya rentan terserang penyakit pernapasan. Oleh karena itu, apabila ingin memeliharanya, kamu perlu memperhatikan tempat tinggal agar memiliki ventilasi udara yang baik.

5 dari 7 halaman

Anjing Chihuahua

Siapa yang tak mengenal jenis anjing kecil lucu yang satu ini? Anjing Chihuahua juga sudah sangat populer untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Anjing ini bisa banget kamu jadikan sebagai teman bermain yang asyik.

Karakterisik dari anjing Chihuahua ini adalah memiliki bulu yang tidak sepanjang pudel sehingga perawatannya tidak terlalu sulit. Anjing ini juga terbilang kecil, karena biasanya Chihuahua hanya memiliki berat badan tidak melebihi tiga kilogram.

Sifat dari anjing Chihuahua ini sendiri adalah sangat bersemangat dan sangat lincah. Walaupun ukuran tubuhnya yang kecil, anjing ini membutuhkan ruang yang cukup besar karena dia sangat aktif bergerak.

6 dari 7 halaman

Anjing French Bulldog

Kalau kamu memiliki keinginan untuk memelihara anjing bulldog, namun terhalang karena ukurannya yang dikenal besar, kini kamu memiliki kesempatan untuk memilikinya. Pasalnya, kini sudah ada French Bulldog yang dimana memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada bulldog pada ukuran normal.

Jenis anjing kecil lucu ini bisa kamu jadikan sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan. Walaupun wajah anjing ini terlihat angkuh, namun anjing ini sangat ramah dan mudah bergaul. French Bulldog ini merupakan salah satu jenis anjing kecil yang memiliki sifat malas, namun anjing ini juga bisa menjadi aktif apabila diajak bermain oleh pemiliknya.

7 dari 7 halaman

Anjing Bichon Frise

Jenis anjing kecil lucu yang sangat menggemaskan lainnya adalah Bichon Frise. Anjing ini sangat terlihat seperti boneka. Banyak yang menilai anjing kecil lucu mirip dengan pudel, padahal keduanya berasal dari ras yang berbeda. Ya, anjing ini berasal dari ras pulau Malta, Spanyol.

Anjing ini memiliki karakteristik tubuh yang mungil dengan bulu putih yang halus. Apabila kamu merawat dan membentuk bulunya dengan baik, maka bulu-bulu anjing ini akan tampak padat mengembang seperti bola kapas.

Sedangkan untuk sifatnya, anjing ini sangatlah ceria dan pengasih. Namun terkadang anjing ini memiliki sifat sensitif dan rewel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini