Sukses

7 Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan, Baik untuk Kulit

Manfaat rumput laut untuk kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang banyak.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat rumput laut untuk kecantikan terbukti dengan banyaknya bahan produk kosmetik dan perawatan kulit menggunakannnya. Hal ini tentunya menambah banyak khasiat dari rumput laut yang juga populer sebagai makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Secara umum, dalam 100 gram rumput laut mengandung sebanyak 45 kkal, 10 gram karbohidrat, 2 gram protein, dan 1 gram lemak. Dengan jumlah tersebut, rumput laut dapat memenuhi 14-35 persen kebutuhan harian serat, 27-180 persen magnesium, 15-60 persen kalsium, dan 3-20 persen kebutuhan harian besi.

Manfaat rumput laut untuk kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang banyak tersebut. Kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat rumput laut ini, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan dengan mengonsumsinya atau dengan memilih produk kecantikan berbahan rumput laut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/11/2019) tentang manfaat rumput laut untuk kecantikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melembabkan Kulit Kering dan Mencegah Penuaan Dini

Melembabkan Kulit Kering

Manfaat rumput laut yang pertama adalah untuk melembapkan kulit yang kering. Rumput laut merupakan agen humektan (pelembap) alami yang dapat membantu kulit mengikat air. Fungsi ini penting agar kulit terhindar dari dehidrasi, yang nantinya dapat menyebabkan berbagai keluhan kulit lainnya.

Selain mengandung vitamin E sebagai antioksidan, rumput laut juga mengandung asam lemak esensial yang baik untuk melembapkan kulit. Dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung rumput laut, kulit akan dapat lebih menyerap kelembapan dari lingkungan sekitar dan menguncinya di lapisan epidermis. Ini akan membuat kulit terlihat sehat dan kenyal.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dalam rumput laut juga dapat membantu dalam memerangi radikal bebas, radang, dan dampak buruk lingkungan pada kulit. Hal ini berkontribusi untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput.

3 dari 4 halaman

Membantu Mengatasi Eksem dan Detoksifikasi Kulit

Membantu Mengatasi Eksem

Manfaat rumput laut untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengatasi eksem. Bagi kamu yang familiar dengan eksem, tentu tahu bahwa kulit kering adalah musuh bagi penderita eksem. Khasiat melempabkan yang dimiliki oleh rumput laut juga dapat membantu mencegah kambuhnya eksem.

Rumput laut juga berkhasiat menenangkan (soothing) dan membantu meredakan area kulit yang kering dan gatal saat eksem kambuh, sekaligus memicu regenerasi sel dan membantu penyembuhan luka.

Detoksifikasi Kulit

Selain itu, manfaat rumput laut untuk kecantikan juga dapat membantu dektoksifikasi dan membersihkan pori. Rumput laut diketahui mengandung antioksidan dan berbagai nutrisi yang dapat membantu detoksifikasi kulit dari racun dan kotoran akibat paparan lingkungan.

Sebesar 40 persen ekstrak rumput laut dapat diserap kulit dalam waktu 30 detik. Kandungan vitamin dan mineral pada rumput laut bisa bertahan hingga lebih dari tiga hari dalam proses detoksifikasi.

4 dari 4 halaman

Merawat Kulit Berminyak dan Menyehatkan Rambut

Merawat Kulit Berminyak

Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, hanya dengan mencampurkan serbuk rumput laut dengan air, kamu akan mendapatkan scrub alami yang sehat dan banyak manfaat. Rumput laut memiliki efek menyeimbangkan kondisi kulit, sehingga pemakaian scrub rumput laut secara rutin akan membantu mengatur produksi sebum tanpa membuat kulit jadi kering.

Membersihkan Pori

Manfaat rumput laut untuk kecantikan selanjutnya adalah membersihkan pori. Berbagai produk scrub yang berbahan utama rumput laut dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat sebum yang bercampur dengan kotoran, yang sering kali menjadi penyebab utama timbulnya komedo dan jerawat.

Merangsang Pertumbuhan Rambut Sehat

Tidak hanya baik untuk kulit, rumput laut juga baik untuk rambut kamu. Kandungan vitamin dan mineral pada rumput laut akan menyuplai bahan-bahan yang dibutuhkan untuk rambut tumbuh sehat.

Sudah ada penelitian yang membuktikan manfaat rumput laut untuk mempercepat pertumbuhan rambut, sehingga dapat membantu mengatasi masalah pada rambut seperti rambut rontok dan kebotakan.

Kandungan yodium pada rumput laut juga diketahui efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut yang rontok untuk tumbuh kembali dengan cepat. Makanlah rumput laut secara teratur untuk mendapatkan rambut lebat dan sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini