Sukses

Taman Wisata Matahari, Rekreasi Alam Tersembunyi di Puncak Bogor

Taman Wisata Matahari yang terdapat di Puncak Bogor menyimpan banyak wahana yang cocok untuk keluarga. Fasilitas yang tersedia juga lengkap.

Liputan6.com, Jakarta Taman Wisata Matahari adalah tempat wisata keluarga yang berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Lokasi yang strategis membuat banyak wisatawan domestik maupun mancanegara datang ke sini, khususnya anak-anak dan remaja.

Taman Wisata Matahari berada di jalur wisata Puncak Pass yang rawan kemacetan lalu lintas. Kendati demikian, lokasinya yang relatif dekat dari Jakarta tidak menyurutkan minat para pengunjung untuk berlibur ke sini. Di samping itu, harga tiket masuknya juga relatif murah. 

Taman Wisata Matahari memiliki fasilitas yang lengkap dan mempunyai empat jenis wahana dengan harga tiket terjangkau yaitu Rp50.000/orang di hari biasa dan Rp60.000/orang di akhir pekan. Selain itu, Taman Wisata Matahari juga dikenal sebagai tempat outbound terbaik di kawasan Puncak, Bogor.

Ingin tahu fasilitas dan wahana apa saja yang ada di Taman Wisata Matahari? Berikut Liputan6.com sudah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sejarah Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari dibangun pada tahun 2007 di atas lahan seluas 16,5 hektar. Dengan rencana untuk menjadi sebuah taman rekreasi dan hiburan bagi masyarakat luas, terutama segmen menengah ke bawah.

Pertimbangan membangun Taman Wisata Matahari adalah karena pendirinya yaitu Hari Darmawan sudah merasa cukup berbisnis ritel. Tercetuslah ide untuk membangun dan mengembangkan tempat wisata yang harganya terjangkau. Khususnya  bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Dalam pembangunannya, Taman Wisata Matahari tidak menggunakan jasa konsultan, arsitek, ataupun kontraktor besar walaupun secara teknis cukup tinggi tingkat kesulitannya. Uniknya, pembangunan Taman Wisata Matahari melibatkan penduduk dan masyarakat daerah sekitar.

Alasannya selain bisa menekan biaya, pembangunan dengan melibatkan penduduk sekitar juga dapat membangun ekonomi daerah tersebut. Dengan panorama alam yang indah, udara sejuk dan lokasi yang relatif dekat dari Jakarta, menjadikan Taman Wisata Matahari sebagai salah satu obyek wisata favorite warga ibukota saat ini.

3 dari 6 halaman

Fasilitas Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari merupakan tempat rekreasi dan obyek wisata edukasi bermotto Recreation and Education Park. Selain menyuguhkan pemandangan yang asri, Taman Wisata Matahari juga memiliki fasilitas lengkap dengan didukung oleh outbound organizer yang handal.

Fasilitas yang ditawarkan meliputi fasilitas akomodasi, fasilitas umum, dan fasilitas pendukung yang cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

1. Fasilitas Akomodasi

Tersedia banyak pilihan fasilitas akomodasi di Taman Wisata Matahari. Fasilitas akomodasi Taman Wisata Matahari memang sudah sangat lengkap dan memadai bahkan untuk menampung pengunjung hingga ribuan orang. Mulai dari hotel, villa hingga penginapan model dormitory atau barak.

Bagi pengunjung yang lebih ingin merasakan suasana berbeda, dapat juga menginap dalam tenda di Camping Ground Taman Alam Matahari.

Hotel: Hotel Matahari.

Penginapan: Rumah Bambu.

Barak: Villa Ciliwung, Villa Natural, Rumah Menado, dan Villa Pulau Seribu.

Camping: Taman Alam Matahari.

4 dari 6 halaman

Fasilitas Taman Wisata Matahari

2. Fasilitas Pendukung

  • Aula

Aula adalah bangunan dengan ruangan berukuran besar yang dapat dipergunakan untuk berbagai kegiatan di dalam ruangan, seperti kegiatan gathering, outbound training, rapat, pertemuan dan lain-lain.

Terdapat 2 buah aula berukuran besar dengan kapasitas hingga 200 orang, yaitu Aula Ciliwung dan Aula Danau Matahari. Terdapat pula aula berukuran sedang dengan kapasitas 150 orang yaitu  Aula Pendopo, Aula Padang, Aula Gua Resto,  Aula Fantasy dan Aula Tenda Merah.

Selain itu tersedia pula Aula Javanesse yang berukuran paling kecil dengan kapasitas hanya 80 orang.

  • Saung dan Gazebo

Saung dan gazebo juga tersedia di Taman Wisata Matahari yang dapat disewa untuk beristirahat, berkumpul atau makan bersama teman-teman atau keluarga. Fasilitas Saung dan Gazebo juga tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pengunjung.

Fasilitas Saung berukuran paling besar adalah Saung Manado yang kapasitasnya dapat menampung sampai 200 orang atau sama dengan Aula Ciliwung dan Aula Danau Matahari. Selain itu, ada pula Saung Cilember, Saung Jogjogan, Saung Agro 2, Saung Palem, dan Saung Bambu Kuning.

Untuk pengunjung dalam kelompok kecil, juga tersedia Gazebo Kecil dan Gazebo Besar. Semua fasilitas saung dan gazebo tersebut dapat disewa dengan harga terjangkau.

  • Lapangan

Fasilitas Lapangan  di Taman Wisata Matahari merupakan fasilitas yang dapat dipergunakan untuk tempat penyelenggaraan event outbound maupun berbagai kegiatan lainnya dengan harga sewa terjangkau.

Fasilitas Lapangan terdapat delapan lapangan  yaitu Lapangan Ciliwung, Lapangan Central Park, Lapangan Durian, Lapangan Manggis, Lapangan Bambu Kuning,  Lapangan Cherry, Lapangan Kolam Mini dan Lapangan Bougenville.

5 dari 6 halaman

Fasilitas Taman Wisata Matahari

3. Fasilitas Umum

Di Taman Wisata Matahari tersedia fasilitas umum seperti tempat parkir. Tempat parkir yang luas membuat pengunjung tidak akan kesulitan untuk mendapatkan lahan parkir kendaraan. Bagi yang ingin melakukan shalat, tersedia mushola yang dapat  anda gunakan kapanpun.

Untuk ATM, disediakan 2 ATM, yaitu ATM Mandiri dan BRI yang berada di depan Front Office Taman Wisata Matahari. Jadi tidak perlu keluar dari area Taman Wisata Matahari jika ingin menggunakan ATM. Toilet Umum juga tersedia untuk pengunjung yang ingin menggunakannya.

6 dari 6 halaman

Wahana Permainan Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari berada di atas lahan sekitar 40 hektar memiliki lebih dari 40 Wahana. Secara umum wahana di Taman Wisata Matahari terdiri dari empat jenis, yaitu:

1. Wahana Air

Wahana wisata air merupakan salah satu wahana favorite di Taman Wisata Matahari karena memiliki paling banyak pilihan. Di sini tersedia Waterpark, Water Play, Speed Boat, Perahu Naga, Perahu Karet, Perahu Kayak, Paddle Boat, Water Ball, Sepeda Air, Bumper Boat, Kolam Terapi Ikan dan lain-lain.

Water Park adalah wahana air yang didesain dengan konsep “Learn and Play Waterpark”. Waterpark Taman Matahari sangat ideal sebagai tempat bermain anak-anak, remaja dan bahkan orang dewasa.  Karena berada di kawasan pegunungan dengan udara yang sejuk dan air yang jernih.

Lokasinya yang berada di tepi Sungai Ciliwung membuat Taman Wisata Matahari sebagai tempat ideal untuk bermain arung jeram. Tersedia berbagai paket wisata arung jeram baik untuk pemula maupun pemain rafting yang sudah mahir.

2. Permainan 

Wahana permainan anak Taman Wisata Matahari secara umum terdiri dari banyak pilihan yaitu: Dino Park, Citra Play Land dan Trampolin Park yang di dalamnya terdapat wahana permainan yang dapat dinikmati anak-anak dengan harga tiket yang sangat terjangkau.

3. Petualangan 

tak kalah serunya dari wahana air dan wahana Permainan, di sini pengunjung dapat bermain Flying Fox, Wara Wiri, Motor ATV, Rumah Hantu dan lain-lain.

4. Wisata Edukasi

Inilah ciri khas dari Taman Wisata Matahari. Di wahana ini anak-anak dapat menikmati berbagai paket wisata edukasi seperti Agro Sawah, Agro Sayur, Wisata Edukasi Penerbangan dan Wahana Taman Burung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.