Sukses

Apa Itu NFC? Cara Kerja dan Daftar Ponsel yang Memilikinya

NFC bisa mempermudah aktivitas digital dengan ponsel.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu NFC termasuk teknologi yang mulai diminati saat ini. Dengan apa itu NFC, mentransfer informasi jadi cepat dan mudah. NFC kini dimanfaatkan untuk pembayaran, bertukar informasi, atau berbagi file.

Apa itu NFC bisa mempermudah aktivitas digital dengan ponsel. Awalnya, apa itu NFC dimulai di industri kartu pembayaran dan berkembang untuk memasukkan aplikasi di berbagai industri di seluruh dunia. Apa itu NFC sangat berkaitan dengan konektivitas jarak dekat.

Penggunaan apa itu NFC sekarang menjadi universal. Sama seperti Bluetooth dan Wi-Fi, dan segala macam sinyal nirkabel lainnya, NFC bekerja berdasarkan prinsip pengiriman informasi melalui gelombang radio. NFC adalah fitur yang banyak dicari pada sebuah ponsel atau gawai.

Berikut pengertian apa itu NFC dan cara kerjanya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(25/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa itu NFC?

Apa itu NFC adalah singkatan dari Near field communication. NFC adalah adalah metode transfer data nirkabel yang mendeteksi dan kemudian memungkinkan teknologi dalam jarak dekat untuk berkomunikasi tanpa memerlukan koneksi internet. Apa itu NFC adalah salah satu solusi bertransfer data yang mudah dan cepat.

NFC adalah adalah teknologi konektivitas nirkabel jarak pendek yang memungkinkan perangkat berkemampuan NFC berkomunikasi satu sama lain. Apa itu NFC sering digunakan untuk melakukan pembayaran secara cashless. Saat ini, ratusan juta kartu nirsentuh dan pembaca di seluruh dunia menggunakan teknologi NFC dalam berbagai aplikasi.

3 dari 7 halaman

Cara kerja NFC

Cara kerja NFC bekerja berdasarkan prinsip pengiriman informasi melalui gelombang radio. Perangkat harus mematuhi spesifikasi tertentu agar dapat berkomunikasi satu sama lain dengan benar. Teknologi yang digunakan dalam NFC didasarkan pada ide-ide lama RFID (Radio-frequency identification), yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.

NFC sebenarnya sudah ada pada kartu kredit atau debit saat ini. Chip NFC beroperasi sebagai salah satu bagian dari tautan nirkabel. Setelah diaktifkan oleh chip lain, sejumlah kecil data di antara kedua perangkat dapat ditransfer saat dipegang beberapa sentimeter dari satu sama lain.

Tidak ada kode pasangan yang diperlukan untuk menghubungkan dan karena menggunakan chip yang berjalan pada jumlah daya yang sangat rendah. Ini jauh lebih hemat daya daripada jenis komunikasi nirkabel lainnya.

Chip NFC yang disimpan di dalam kartu kredit untuk pembayaran tanpa kontak bukanlah hal baru. Tetapi NFC yang dipasangkan pada gawai, termasuk terobosan terbaru teknologi saat ini. Hampir setiap pembuat OS seluler memiliki aplikasi mereka sendiri yang menawarkan fungsionalitas NFC yang unik.

4 dari 7 halaman

Daftar ponsel yang memiliki NFC

Opsi yang paling terkenal adalah Android Pay, yang berfungsi di banyak ponsel dan jam tangan Android. Samsung Pay, yang beroperasi dengan cara yang sama, tersedia untuk pengguna ponsel Samsung. Ponsel Apple dari iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dan seterusnya juga memiliki fungsi NFC, seperti halnya Apple Watch dan Apple Watch 2.

Berikut daftar ponsel yang memiliki NFC:

Samsung:

Samsung Galaxy S21 Ultra

Samsung Galaxy S21+

Samsung Galaxy S21

Samsung Galaxy S20 FE

Samsung Galaxy A72

Samsung Galaxy A52

Samsung Galaxy A32

Samsung Galaxy M62

Samsung Galaxy M12

Samsung Galaxy A12

Samsung Galaxy M51

Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy M32

Samsung Galaxy M22

Xiaomi

Xiaomi Mi 11 Ultra

Xiaomi Mi 11 Lite

Xiaomi Redmi Note 10 Pro

Xiaomi Redmi Note 10S

Xiaomi Poco F3

Xiaomi Poco X3 Pro

Xiaomi POCO M3 Pro 5G

Xiaomi POCO X3 NFC

Xiaomi Black Shark 4 Pro

Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 10T

Realme

Realme 8 5G

Realme 8

Realme 8 Pro

Realme X3 SuperZoom

Realme X50 Pro 5G

Realme 7 Pro

Realme 7

Realme 6 Pro

Realme 6

5 dari 7 halaman

Daftar ponsel yang memiliki NFC

Oppo

Oppo Reno5 5G

Oppo Reno5

Oppo Reno5 Pro+ 5G

Oppo A73

Oppo Reno4 5G

Oppo R17 Pro

Oppo Reno

Oppo Reno 10x Zoom

Oppo Reno2

Oppo Find X2 Pro

Oppo Reno Ace

Oppo Reno3 Pro 5G

Oppo K5

Oppo Reno A

Oppo A9x

Vivo

Vivo X70 Pro

vivo Y53s 4G

vivo V21

vivo V21 5G

vivo X60 Pro

vivo X60

vivo V20 2021

vivo V20

vivo V20 SE

vivo X50 Pro

Nokia

Nokia 5.3

Nokia 4.2

Nokia 3.1 Plus

Nokia 4.2

Nokia 8

Nokia 6

Nokia 5

Nokia 3

6 dari 7 halaman

Fungsi NFC

Mentransfer data

Fungsi apa itu NFC adalah untuk mentransfer data layaknya Bluetooth atau WiFi. Pengguna dapat melakukan transfer data berupa foto atau file lain tanpa harus melakukan proses pairing seperti Bluetooth.

Cukup tempelkan atau dekatkan kedua perangkat satu sama lain, maka data akan ditransfer dengan aman. Namun, karena tingkat kecepatan transfer yang hanya berkisar 106kbit/s, 212kbit/s dan 424kbit/s, proses transfer dalam kapasitas besar akan memakan waktu yang cukup lama.

Pembayaran Nirkabel atau Cashless

Saat ini berbagai layanan dompet elektronik sudah menggunakan sistem NFC untuk melakukan aktivitas pembayaran. Tak perlu kartu atau membuka lama aplikasi dompet digital, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan cepat dan aman.

Cukup tempelkan smartphone pada perangkat NFC yang tersedia maka NFC akan memberi rincian data untuk proses pembayaran dengan cepat. Fungsi NCF ini sudah makin dimanfaatkan dalam kegiatan transaksi yang aman dan nyaman.

7 dari 7 halaman

Fungsi NFC

Berkoneksi dengan NFC Tag

NFC tag adalah perangkat NFC pasif yang menghubungkan suatu fitur dengan perangkat yang ber NFC. Misalnya, jika Anda memiliki NFC tag yang terpasang dirumah, Anda bisa menempelkan smartphone ke NFC tag untuk mengubah smartphone ke mode silent secara otomatis tanpa harus membuka smartphone.

NFC tag berguna untuk membuka aplikasi secara otomatis, menandai dan memberi tahu suatu lokasi, membuka tautan tertentu, dan berbagi informasi lain.

Akses Smart card

NFC juga mampu membaca data berbagai macam smart card. Anda dapat mengecek dan mengisi saldo uang elektronik, bahkan mengecek identitas e-ktp.

Bermain Game Online

NFC dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan beberapa pemain dalam game online ke suatu room dengan cepat. Dengan syarat, game tersebut sudah mendukung fitur NFC.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.