Sukses

10 Manfaat Jus Sirsak untuk Diet, Aman untuk Kesehatan

Manfaat jus sirsak untuk diet didapat karena adanya kandungan nutrisi baik yang mampu membantu proses diet yang sedang kamu jalankan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jus sirsak untuk diet mungkin belum banyak yang tahu. Ternyata buah sirsak dapat dijadikan sebagai cara alami yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan.

Cara mudah mengonsumsinya dengan dibikin menjadi jus sirsak. Manfaat jus sirsak untuk diet didapat karena adanya kandungan nutrisi baik di dalamnya. Tingginya kandungan nutrisi pada buah sirsak dapat membantu proses diet yang sedang kamu jalankan.

Kaya serat, vitamin C, kalium, dan nutrisi lainnya dalam buah sirsak dapat membantu menurunkan berat badan. Selain ampuh untuk diet, manfaat jus sirsak untuk diet juga aman digunakan untuk jaga kesehatan sekaligus.

Berikut manfaat jus sirsak untuk diet yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat Jus Sirsak untuk Diet: Tinggi Serat

Manfaat jus sirsak untuk diet didapat karena buah ini kaya serat. Kandungan serat pada buah sirsak mampu menjaga gerakan pencernaan pada usus. Selain itu, mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Tingginya kandungan serat pada buah sirsak ini dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan dapat membantu menjaga berat badan ketika sedang melakukan program diet.

3 dari 8 halaman

Manfaat Jus Sirsak untuk Diet: Tinggi Kalium

Manfaat jus sirsak untuk diet berikutnya didapat karena tingginya kandungan kalium di dalamnya. Kalium berguna untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Metabolisme merupakan proses yang dilakukan oleh tubuh guna mendapatkan sumber energi.

Metabolisme berperan untuk membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh dan secara tidak langsung membantu proses penurunan berat badan, dengan didukung pola diet sehat dan olahraga.

4 dari 8 halaman

Manfaat Jus Sirsak untuk Diet: Rendah Karbohidrat

Banyak yang sudah mengenali fungsi karbohidrat, yaitu sebagai sumber energi bagi tubuh. Walaupun karbohidrat baik untuk tubuh, kelebihan karbohidrat ternyata justru memunculkan gangguan kesehatan.

Buah sirsak mengandung karbohidrat yang rendah sehingga cenderung aman untuk mengurangi risiko kenaikan gula darah. Menghindari konsumsi makanan tinggi karbohidrat merupakan salah satu cara menurunkan berat badan atau diet.

5 dari 8 halaman

Manfaat Jus Sirsak untuk Diet: Tinggi Kandungan Air

Manfaat jus sirsak untuk diet lainnya didapat karena adanya air di dalamnya. Air berguna untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Tingginya kadar air pada buah sirsak mampu mencegah kamu dari dehidrasi.

Mencukupi kebutuhan cairan atau air pada tubuh secara tidak langsung dapat menjaga dan mengontrol asupan makanan yang masuk dalam tubuh sehingga risiko konsumsi makanan berlebih dapat dicegah.

6 dari 8 halaman

Manfaat Jus Sirsak untuk Diet: Tinggi Vitamin C

Vitamin C dalam program diet sangat diperlukan guna menghilangkan lemak. Apabila kamu kekurangan asupan vitamin C terlebih saat diet, maka tidak mampu menghilangkan lemak secara efektif.

Selain itu, mencukupi tubuh dengan vitamin C juga dapat menurunkan kadar gula darah sehingga dapat mengontrol indeks massa tubuh tetap berada batas normal.

7 dari 8 halaman

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Jaga Kesehatan Pencernaan

Pada 100 gram daging sirsak mengandung 3,3 gram serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari. Tinggi kandungan serat pada buah sirsak mampu memperlambat pencernaan dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Bukan hanya itu, sirsak juga mampu membantu melawan penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, jus sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika kamu mengalami rasa sakit ketika buang air kecil.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan lainnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah sirsak mampu mencegah penyakit akibat serangan virus sperti flu, herpes dan lainnya.

Penelitian dari BioMed Research International menunjukkan bahwa kandungan vitamin C yang ada pada buah sirsak mampu meminimalkan flu. Mengonsumsi buah sirsak secara rutin dipercaya mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit.

 

8 dari 8 halaman

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Lainnya

Cegah Kanker

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh tim dari Biochemistry and Molecular Biology di University of Nebraska Medical Center, menunjukkan manfaat buah sirsak untuk kesehatan mampu membunuh kanker dengan cara memasuki metabolisme sel kanker.

Selain itu, mampu menghentikan perkembangan sel kanker secara total. Jus sirsak dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker pada kulit penderita kanker payudara. Tentunya tanpa merusak jaringan payudara yang masih sehat.

Ilmuwan di Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jawa Tengah, melakukan penelitian daun sirsak sebagai obat kanker serviks dan nasofaring. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa daun sirsak merupakan bahan alam yang memiliki potensi sebagai agen anti-kanker. Bahkan, sirsak juga memiliki bahan aktif 1.000 kali lebih kuat daripada kemoterapi.

Caranya dengan merebus 10 lembar daun sirsak dan tuangkan dalam satu gelas cangkir. Kemudian minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu.

Mengobati Asam Urat

Daun sirsak memiliki acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat yang dimanfaatkan untuk mengobati asam urat. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk asam urat dengan meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya dengan merebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa nya saja. Kamu bisa meminumnya dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Cegah Penuaan Dini

Buah sirsak mengandung asam askorbat dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan itu berfungsi antioksidan dalam tubuh kita yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus dan pigmentasi pada kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini