Sukses

Fungsi Gen adalah Penentu Karakteristik Makhluk Hidup, Kenali Lebih Dalam

Setiap makhluk hidup memiliki gen di tubuhnya.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi gen adalah bagian penting bagi makhluk hidup. Setiap makhluk hidup memiliki gen di tubuhnya. Gen ada di seluruh tubuh dan memengaruhi bagaimana makhluk hidup tumbuh dan berkembang. Fungsi gen memengaruhi karakteristik, penampilan, dan bagaimana sebuah organisme berperilaku di lingkungannya.

Fungsi gen adalah bagian yang diturunkan dari orang tua ke anaknya. Pada manusia, ukuran gen bervariasi dari beberapa ratus hingga jutaan. Setiap gen berisi sekumpulan instruksi tertentu, biasanya mengkodekan protein tertentu atau untuk fungsi tertentu.

Manusia memiliki sekitar 20.000 gen yang tersusun pada kromosomnya. Fungsi gen adalah ilmu yang dipelajari oleh ahli genetika. Tiap fungsi gen adalah hal yang spesial dalam tubuh. Berikut fungsi gen bagi makhluk hidup, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (27/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal gen

Gen adalah bagian DNA yang bertanggung jawab atas berbagai fungsi seperti membuat protein. Untaian panjang DNA dengan banyak gen membentuk kromosom. Molekul DNA ditemukan di kromosom. Kromosom terletak di dalam inti sel.

Setiap kromosom adalah satu molekul DNA tunggal yang panjang. DNA ini mengandung informasi genetik yang penting. Kromosom memiliki struktur unik, yang membantu menjaga DNA tetap membungkus protein yang disebut histon. Jika molekul DNA tidak terikat oleh histon, mereka akan terlalu panjang untuk muat di dalam sel.

Gen bervariasi dalam kompleksitas. Pada manusia, ukurannya berkisar dari beberapa ratus basis DNA hingga lebih dari 2 juta basis. Makhluk hidup yang berbeda memiliki bentuk dan jumlah kromosom yang berbeda. Manusia memiliki 23 pasang kromosom, atau total 46.

DNA berisi petunjuk biologis yang membuat setiap spesies unik. DNA diturunkan dari organisme dewasa ke keturunannya selama reproduksi. Bahan penyusun DNA disebut nukleotida. Nukleotida memiliki tiga bagian: gugus fosfat, gugus gula, dan satu dari empat jenis basa nitrogen.

Gen berisi data yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara sel serta meneruskan informasi genetik kepada keturunannya.

3 dari 6 halaman

Pembentuk gen

Gen terdiri dari kombinasi panjang empat basa nukleotida berbeda, atau bahan kimia. Ada banyak kemungkinan kombinasi. Keempat nukleotida tersebut adalah A (adenin), C (sitosin), G (guanine),dan T (timin).

Kombinasi huruf ACGT yang berbeda memberikan karakteristik yang berbeda pada orang. Misalnya, seseorang dengan kombinasi ATCGTT mungkin memiliki mata biru, sedangkan seseorang dengan kombinasi ATCGCT mungkin memiliki mata coklat.

4 dari 6 halaman

Fungsi gen

Fungsi gen adalah terkait dengan penurunan sifat dan karakteristik makhluk hidup. Satu atau lebih gen dapat memengaruhi sifat tertentu. Gen juga dapat berinteraksi dengan lingkungan individu dan mengubah apa yang dibuat oleh gen tersebut.

Setiap gen berisi instruksi yang memberi tahu sel untuk membuat protein. Protein melakukan semua jenis tugas yang berbeda dalam sel seperti membuat pigmen mata, memperkuat otot, dan menyerang bakteri yang menyerang. Misalnya beberapa sel menggunakan gen yang berisi instruksi untuk membuat protein yang disebut keratin. Protein keratin terhubung bersama di tubuh untuk membentuk rambut dan kuku.

Gen memengaruhi ratusan faktor internal dan eksternal. Gen memainkan peran penting dalam menentukan ciri-ciri fisik. Ini termasuk warna iris mata, warna rambut, tipe rambut, kulit, dan karakteristik fisik lainnya. Banyak dari hal-hal ini diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya dalam suatu keluarga oleh gen.

Sekitar 20.000 gen dalam sel memandu pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan. Gen juga bisa memengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Beberapa penyakit, seperti anemia sel sabit dan penyakit Huntington, diturunkan, dan ini juga dipengaruhi oleh gen.

Fungsi gen juga berperan untuk membedakan antara satu makhluk hidup dan makhluk hidup lainnya. Misalnya, manusia memiliki 23 pasang kromosom, atau total 46. Keledai memiliki 31 pasang kromosom, landak memiliki 44 pasang, dan lalat buah hanya memiliki 4.

5 dari 6 halaman

Bagaimanan gen diturunkan

Gen adalah unit dasar keturunan dalam organisme hidup. Gen berasal dari orang tua. Seorang anak mungkin mewarisi ciri-ciri fisik orang tuanya dan kemungkinan terkena penyakit dan kondisi tertentu dari orang tua.

Setiap sel berisi dua set kromosom: Satu set berasal dari ibu dan set lainnya berasal dari ayah. Sperma pria dan sel telur wanita membawa satu set 23 kromosom masing-masing, termasuk 22 autosom ditambah kromosom seks X atau Y.

Seorang wanita mewarisi kromosom X dari setiap orang tua, tetapi laki-laki mewarisi kromosom X dari ibu mereka dan kromosom Y dari ayah mereka.

Tes genetik dapat menunjukkan kepada seseorang apakah mereka memiliki risiko genetik untuk penyakit tertentu. Hasilnya dapat membantu profesional perawatan kesehatan mendiagnosis kondisi.

6 dari 6 halaman

Mutasi genetik

Gen yang tidak bekerja dengan baik bisa menyebabkan kondisi tertentu yang memengaruhi kesehatan. Para peneliti berpikir bahwa mutasi mungkin sebagian menjadi penyebab masalah paru-paru, kanker, dan banyak penyakit lainnya. Penyakit dan masalah kesehatan lain terjadi jika ada gen yang hilang atau bagian gen atau kromosom ekstra.

Beberapa masalah gen ini bisa diwariskan dari orang tua. Contohnya, orang tua yang menurunkan mutasi gen hemoglobin pada anaknya, anak tersebut mungkin hanya dapat membuat jenis hemoglobin yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai anemia sel sabit.

Ada banyak kondisi kesehatan yang diturunkan dari gen. Ini meliputi diabetes, darah tinggi, kondisi mental tertentu, fibrosis kistik, dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini