Sukses

6 Jenis Minyak Esensial yang Ampuh Atasi Sakit Kepala, Pahami Cara Pakainya

Beberapa jenis minyak esensial yang ampuh atasi sakit kepala ini dapat dicoba.

Liputan6.com, Jakarta Jenis minyak esensial yang ampuh atasi sakit kepala ini bisa dijadikan obat ketika sakit kepala melanda. Tak jarang minyak esensial yang digunakan dapat meredakan sakit kepala. Aromanya yang khas dan menenangkan dapat membantu meredakan sakit kepala.

Beberapa jenis minya esensial ini dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi sakit kepala jika tidak ingin menggunakan atau mengonsumsi obat medis. Ketika sakit kepala melanda seseorang biasanya merasakan nyeri di sekitar kepala. Oleh sebab itu, perlahan sakit kepala mereda ketika dilakukan pemijatan menggunakan beberapa jenis minyak esensial yang ampuh atasi sakit kepala. 

Selain itu, penting juga untuk memahami cara pakai beberapa jenis minyak esensial yang ampuh atasi sakit kepala tersebut. Minyak esensial juga memberikan manfaat tanpa efek samping. Minyak esensial memang dipercaya untuk mengatasi beberapa penyakit salah satunya sakit kepala.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang jenis minyak esensial yang ampuh atasi sakit kepala, Rabu (21/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Minyak Esensial yang Ampuh Atasi Sakit Kepala

Minyak esensial memang kerap digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit salah satunya sakit kepala. Beberapa jenis minyak esensial yang ampuh atasi sakit kepala ini bisa kamu pahami cara pakainya agar bisa dicoba ketika sakit kepala melanda.

Minyak esensial merupakan cairan yang sangat pekat yang terbuat dari daun, batang, bunga, kulit kayu, akar, atau bagian lain dari tanaman. Menurut sejumlah penelitian, beberapa jenis minyak esensial sudah terbukti memiliki efek positif untuk meningkatkan kondisi fisik dan emosional seseorang.

1. Minyak Lavender

Minyak lavender merupakan jenis minyak esensial yang ampuh atasi sakit kepala pertama yang perlu diketahui. Minyak lavender umumnya digunakan untuk menghilangkan stres, membantu untuk tidur nyenyak, kecemasan, dan depresi. Tak hanya itu, ternyata minyak lavender juga mampu mengobati sakit kepala dan migrain yang dipicu oleh stres. Sebuah penelitian melaporkan bahwa menghirup aroma dari minyak lavender dapat membantu mengelola rasa sakit kepala dan migrain.

Minyak lavender sendiri tentunya sudah tak asing. Bunga lavender tidak hanya terkenal dengan warna ungu yang cantik dan aroma harumnya saja, tetapi juga dengan manfaatnya untuk kesehatan. Aroma bunga lavender yang mengadung linalool dan linalyl dapat mengusir nyamuk. Sedangkan aroma bunga ini memberikan efek menenangkan bagi manusia.

2. Minyak Rosemary

Minyak rosemary merupakan jenis minyak esensial yang ampuh atasi sakit kepala selanjutnya. Minyak rosemary memiliki sifat antiradang dan analgesik (menghilangkan rasa sakit) yang kuat. Minyak rosemary secara tradisional digunakan untuk mengobati sakit kepala, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi stres, yang semuanya dapat membantu meringankan sakit kepala.

Selain itu, salah satu jenis minyak esensial ini juga membantu mengurangi insomnia dan mengendurkan otot, yang dapat membantu mengobati sakit kepala.

Rosemary adalah tanaman aromatik yang sering digunakan sebagai bahan dari berbagai macam masakan termasuk, sup, daging dan saus. Tidak sedikit ilmuwan telah menguji manfaat kesehatan potensial, karena penggunaan minyak rosemary dalam pengobatan tradisional.

3. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih merupakan jenis minyak esensial yang cukup mudah ditemukan. Minyak kayu putih merupakan jenis minyak esensial yang ampuh atasi sakit kepala. Minyak kayu putih merupakan salah satu jenis minyak esensial yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Minyak kayu putih merupakan minyak esensial yang dibuat dari penyulingan daun kayu putih. 

Ketika sakit kepala melanda, kamu bisa memilih minyak kayu putih untuk atasi sakit kepala kamu. Seseorang yang memiliki sakit kepala karena sinus yang tersumbat mungkin dapat mengurangi gejalanya dengan menghirup minyak kayu putih.

Satu penelitian juga menemukan bahwa kombinasi minyak peppermint, minyak kayu putih, dan etanol memberikan efek relaksasi pada otot dan pikiran, yang dapat membantu meredakan sakit kepala.

3 dari 4 halaman

Jenis Minyak Esensial yang Ampuh Atasi Sakit Kepala

4. Minyak Pappermint

Minyak peppermint merupakan jenis minyak esensial yang ampuh atasi kepala selanjutnya yang dapat dicoba. Daun pappermint memang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Baik dalam versi daun segar, suplemen herbal, maupun minyak esensialnya, peppermint masih menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Minyak esensial pappermint bisa digunakan untuk atasi sakit kepala. Minyak peppermint mengandung mentol, yang dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 menunjukkan mentol mungkin efektif dalam mengobati migrain ketika dioleskan ke kepala sebagai gel.

5. Minyak Chamomile

Bunga chamomile merupakan salah satu tanaman yang dijadikan sebagai bahan obat herbal sejak zaman dahulu. Tak heran jika bunga satu ini kemudian dijadikan salah satu jenis minyak esensial yang ampuh atasi sakit kepala.

Minyak chamomile diekstraksi dari bunga tanaman chamomile. Sejumlah kandungan yang terdapat di dalamnya adalah alpha pinene, beta pinene, camphene, caryophyllene, sabinene, myrcene, gamma-terpinene, pinocarvone, farsenol, cineole, propyl angelate, dan butyl angelate. 

Minyak chamomile salah stau minyak esensial yang ampuh atasi sakit kepala karena dapat melemaskan tubuh dan menenangkan otot, dan untuk alasan ini bisa sangat membantu dalam mengobati sakit kepala yang tegang. Ini juga dapat membantu mengobati kecemasan dan insomnia, yang merupakan penyebab umum sakit kepala. Namun hal perlu diketahui yakni, wanita hamil tidak boleh menggunakan minyak chamomile karena berisiko keguguran.

6. Minyak Frankincese

Salah satu penyebab sakit kepala salah satunya adalah setres. Ketika seseorang mengalami setres, seseorang biasanya merasakan sakit kepala karena beban pikiran salah satunya. Untuk mengatasi setres, bisa menggunakan minyak frankincense. Dalam aromanya tersebut memiliki kemampuan sebagai pereda cemas ketika dihirup. Sehingga kita menjadi lebih tenang dan dapat memperlambat debar jantung yang terlalu kencang. Wanginya yang memenangkan bisa memberikan efek relaksasi untuk tubuh supaya bisa meredakan stress beserta emosi negatif.

 

4 dari 4 halaman

Cara Pakai Minyak Esensial untuk Atasi Sakit Kepala

Setelah mengetahui jenis minyak esensial yang ampuh atasi sakit kepala, selanjutnya yakni memahami cara pakai minyak esensial tentunya membuat seseorang mendapatkan manfaat minyak esensial ini secara maksimal. Ada sejumlah cara dalam mengaplikasikan minyak esensial untuk mengobati sakit kepala.

1. Menerapkan ke Pelipis atau Dahi

Cara mengaplikasikan minyak esensial yang pertama yakni menerapkan minyak esensial ke pelipis atau dahi. Cara ini tentunya kerap dilakukan ketika sakit kepala melanda. Minyak dapat dipijat ke dalam kulit dan di seluruh dahi.

2. Menghirup

Cara mengaplikasikan minyak esensial yang selanjutnya yakni dengan menghirup. Minyak esensial dapat dihirup dengan menambahkan beberapa tetes ke tisu, pegang tisu tersebut di bawah hidung dan tarik napas dalam-dalam.

3. Menggunakan Kompres

Menggunakan kompres merupakan cara pakai minyak esensial selanjutnya yang dapat dicoba. Buat kompres dengan merendam handuk dalam air dingin dengan beberapa tetes minyak esensial. Kompres bisa dioleskan ke dahi atau leher.

4. Menambahkan Minyak Esensial ke Bak Mandi

Menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air panas dapat menjadi cara yang santai untuk mengobati sakit kepala.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.