Sukses

10 Cara Mengatasi Cincin Kebesaran, Mudah dan Efektif

Coba praktikkan cara mengatasi cincin kebesaran berikut ini, dijamin efektif dan cepat.

Liputan6.com, Jakarta Terkadang, salah satu masalah yang timbul saat menggunakan cincin adalah cincin yang sudah mulai sempit karena ukuran jari yang semakin besar. Namun, ternyata masalah lainnya bisa juga timbul, yaitu cincin yang menjadi longgar akibat jari tangan mengecil.

Kecilnya jari tangan bisa karena program penurunan berat badan. Jika sudah begitu, perlu segera melakukan cara mengatasi cincin kebesaran. Tentunya agar cincin tidak berisiko hilang ketika sedang digunakan.

Akan tetapi, cara mengatasi cincin kebesaran ini hanya direkomendasikan ketika sedang dalam kondisi darurat ketika tidak sempat melakukan proses mengecilkan cincin di toko perhiasan. Sebab, melakukan cara mengatasi cincin kebesaran di toko perhiasan akan lebih efektif dan tahan lama.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum bagaimana cara mengatasi cincin kebesaran yang bisa dengan mudah dilakukan. Selain itu, cara mengatasi cincin kebesaran ini juga sangat efektif untuk digunakan saat kondisi darurat, Kamis (20/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Gunakan Lem dan Plester

1. Gunakan Lem

Cara mengatasi cincin kebesaran yang pertama yaitu dengan menggunakan lem. Salah satu jenis lem yang tepat untuk mengatasi cincin kebesaran adalah lem tembak. Caranya sangat mudah, yaitu dengan melelehkan lem tembak ke bagian dalam cincin yang kebesaran. Setelah itu sesuaikan dengan ukuran jari.

Selain dengan lem tembak, ada jenis lem lain yaitu lem kayu. Jenis lem kayu juga bagus untuk digunakan karena memiliki warna bening, sehingga tidak mengganggu tampilan cincin ketika digunakan pada acara-acara tertentu.

2. Gunakan Plester

Selain denga cara mengatasi cincin kebesaran di atas, bisa juga dengan menggunakan plester. Caranya cukup dengan melilitkan plaster pada bagian belakang cincin. Usahakan memilih plester yang memiliki bahan kain agar lebih nyaman digunakan. Selain itu pastikan plester memiliki warna yang hampir menyerupai kulit.

3 dari 6 halaman

Memakai Isolasi Bening dan Cat Kuku

3. Memakai Isolasi Bening

Selain menggunakan plester yang memiliki bahan kain, cara mengatasi cincin kebesaran bisa juga dengan menggunakan isolasi bening pada cincin yang kebesaran. Cara aplikasinya sama dengan menggunakan plester.

4. Memakai Cat Kuku

Cat kuku biasanya memiliki tekstur yang hampir sama dengan lem. Cara aplikasinya juga hampir sama dengan menggunakan lem, yaitu dengan mengoleskan cat kuku di bagian cincin yang terlalu longgar. Setelah itu tunggu cat kuku hingga kering. Apabila sudah tidak menggunakan cincin yang kebesaran tersebut, segera bersihkan cata kuku agar tidak merusak permukaan cincin.

4 dari 6 halaman

Manfaatkan Per Pulpen dan Benang Jahit

5. Manfaatkan Per Pulpen

Ternyata per pulpen sangat berguna untuk membantu mengecilkan ukuran cincin. Caranya dengan melepaskan bagian per, lalu lingkarkan dan kaitkan per ke bagian belakang cincin. Lalu sesuaikan dengan ukuran jari tangan.

6. Manfaatkan Benang Jahit

Selain menggunakan per pulpen, cara mengatasi cincin kebesaran bisa juga menggunakan benang jahit. Caranya dengan mengaitkan ujung benang ke bagian belakang cincin terlebih dahulu. Lalu kaitkan benang ke sepanjang bagian belakang cincin, hingga cincin tidak longgar kembali.

5 dari 6 halaman

Menggunakan Cable Tie dan Karet Gelang

7. Menggunakan Cable Tie

Cable tie merupakan benda yang berfungsi untuk mengikat kabel. Cable tie bisa membantu untuk mengecilkan ukuran cincin, caranya yaitu ukur dahulu jari tangan dengan cable tie. Tapi pastikan jika cable tie memiliki warna yang tidak mencolok. Selanjutnya, potong cable tie sesuai ukuran jari. Selipkan cable tie ke bagian dalam cincin. Lalu rekatkan dengan lem supaya tidak mudah pindah posisi.

8. Menggunakan Karet Gelang

Penggunaan karet gelang juga bisa menjadi cara mengatasi cincin kebesaran. Caranya dengan memotong karet gelang lalu rekatkan dengan lem di bagian dalam cincin secara melingkar. Jika kurang kecil bisa diberi tambahan lapisan karet gelang beberapa kali hingga cincin pas di jari.

6 dari 6 halaman

Memakai Cairan Silikon dan Pengganjal Cincin

9. Memakai Cairan Silikon

Sebelum menggunakan cairan silikon, ada baiknya rendam cincin terlebih dahulu ke dalam sabun cuci piring yang sudah dicampur air panas. Selanjutnya, gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi dan keringkan cincin secara menyeluruh.

Cairan silikon ini bisa dengan mudah didapatkan di toko bangunan. Tapi jangan lupa untuk memastikan jenis silikon yang digunakan memiliki warna bening.  Sebelum cincin yang sudah diberi silikon digunakan, ada baiknya diamkan terlebih dahulu selama 24 hingga 48 jam. Hal tersebut dimaksudkan agar silikon dapat kering dan bertahan lebih lama.

10. Memakai Pengganjal Cincin

Lalu cara mengatasi cincin kebesaran yang terakhir dengan menggunakan produk pengganjal cincin yang bisa didapatkan dengan mudah di toko aksesoris offline atau online. Cukup sesuaikan jenis pengganjal cincin yang akan digunakan dengan bentuk cincin. Usahakan pengganjal tersebut memiliki bahan yang bagus agar tidak melukai kulit dan membuat iritasi pada kulit.

Dengan mempraktikkan berbagai cara mengatasi cincin kebesaran di atas, setidaknya bisa menjadi solusi paling tepat di saat kondisi darurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini