Sukses

5 Cara Mengobati Luka Bakar dengan Bahan Alami, Mudah dan Sederhana

Cara mengobati luka bakar dengan alami dapat menghilangkan bekasnya.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi tangan yang terkena luka bakar ringan seperti terkena knalpot, api, dan benda panas lainnya merupakan salah satu hal yang kerap dialami sehari-hari. Baik karena terpegang wajan yang tengah membara atau hal lainnya, luka bakar ringan ini sangat mungkin untuk kita alami.

Walaupun begitu luka bakar ini sering sekali meninggalkan bekas yang tidak enak dipandang. Berbeda dengan luka bakar berat yang memerlukan penangan khusus di rumah sakit, luka bakar ringan dapat kita atasi sendiri dengan bahan alami yang sederhana di rumah.

Cara mengobati luka bakar dengan alami dapat menghilangkan bekasnya. Luka bakar itu sendiri akan menunjukkan gejala seperti kulit memerah dan bengkak, rasa sakit yang luar biasa, kulit terlihat basah atau licin dan lembap, kulit melepuh, pada kasus yang parah kulit menghitam atau terbakar hangus, dan lain-lain.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/6/2019) tentang cara mengobati luka bakar dengan bahan alami. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Madu

Madu mengandung banyak zat antiseptik di dalamnya serta berkhasiat untuk menyembuhkan. Mengoleskan madu pada luka bakar ringan akan membantu meredakan rasa terbakar dan meminimalisir bekas luka bakar di kemudian hari.

Madu juga bisa digunakan sebagai bahan pembantu untuk mempercepat penyembuhan luka pada bisul dan infeksi. Madu juga membantu dalam mengobati infeksi yang disebabkan oleh luka bakar dan bahkan membantu memudarkan bekas luka bakar hingga delapan puluh persen.

Untuk menghilangkan bekas luka bakar, kamu bisa mencampur madu dengan kunyit, kemudian oleskan pada bekas luka bakar. Diamkan selama 10-15 menit, setelah itu usap dengan handuk basah atau kapas yang sudah dibasahi dengan air bersih.

3 dari 6 halaman

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang sudah teruji bisa meredakan luka bakar ringan. Lidah buaya tak hanya memberikan efek dingin dan mendinginkan, namun juga mempercepat proses pemulihan kulit yang terluka. Potong-potong lidah buaya di bagian tengah, kemudian gunakan gel-nya pada luka bakar. Ulangi terus hingga luka bakar mengering.

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan khasiat penyembuhan terhadap luka, termasuk luka bakar yang mengganggu penampilan. Getah tumbuhan berkhasiat ini juga dapat membantu menenangkan kulit yang mengalami iritasi.

Mengoleskan getah lidah buaya dan air mawar dapat menghilangkan bekas luka bakar dengan perawatan yang rutin selama dua kali sehari.

4 dari 6 halaman

Minyak Lavender

Minyak esensial lavender memiliki sifat antiseptik yang ampuh dalam membantu menenangkan kulit yang terbakar dan teriritasi. Minyak lavender sangat berguna untuk meredakan rasa sakit akibat luka bakar ringan.

Coba campurkan minyak lavender dengan lidah buaya, dan oleskan pada luka bakar. Lakukan ini hingga rasa sakitnya berkurang. Selain minyak lavender, minyak zaitun juga bisa meredakan rasa sakit akibat luka bakar dan membantunya lebih cepat sembuh.

5 dari 6 halaman

Cuka

Cuka juga seringkali digunakan untuk mengobati luka bakar ringan. Yang harus kamu lakukan adalah dengan memberikan cuka pada kain, kemudian menggunakannya untuk mengompres luka bakar. Lakukan terus dengan cuka yang masih segar ketika rasa sakit akibat luka bakar meningkat.

6 dari 6 halaman

Kulit Pisang

Kulit pisang yang diletakkan pada luka bakar bisa meredakan rasa sakitnya. Para ahli menyarankan untuk meletakkan kulit pisang pada luka bakar hingga berubah hitam.

Beberapa bahan alami tersebut bisa kamu gunakan dan manfaatkan untuk menyembuhkan luka bakar, terutama yang masih ringan. Namun jika luka bakar yang kamu alami tak kunjung sembuh, sebaiknya segera mengobatinya ke dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini