Sukses

Cara Membuat Karikatur untuk Pemula, Bisa Menggunakan Aplikasi Ponsel

Cara membuat karikatur bisa kamu terapkan dengan mengenal alat yang digunakan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat karikatur bisa kamu terapkan dengan mengenal alat yang digunakan. Pasalnya, sekarang ini membuat karikatur bisa menggunakan komputer. Ada berbagai aplikasi yang telah menyediakan langkah membuat karikatur dengan mudah. Jadi, siapa saja bisa membuatnya.

Karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Kamu mungkin sering menemukan karya karikatur di surat kabar. Biasanya, karya karikatur berisikan pesan, sindiran, dan sebagainya.

Cara membuat karikatur tidak begitu sulit dipraktikkan, baik itu pada bidang kertas maupun menggunakan teknologi. Namun, tentunya kamu harus  melakukannya berulang-ulang kali hingga bisa membuat karikatur yang bagus.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/10/2021) tentang cara membuat karikatur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Karikatur

Sebelum mengenali cara membuat karikatur, kamu tentunya perlu memahami apa itu karikatur terlebih dahulu. Kata karikatur berasal dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan. Karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut.

Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karikatur adalah gambar olok-olok yang mengandung pesan, sindiran, dan sebagainya.

Karikatur kerap kali disamakan dengan kartun karena kemiripannya. Namun, perbedaan utama karikatur dengan kartun adalah karikatur tidak membentuk cerita sebagaimana kartun. Namun, karikatur dapat menjadi unsur dalam kartun, misalnya dalam kartun editorial. Orang yang membuat karikatur disebut sebagai karikaturis.

Karikatur sebagaimana yang dikenal sekarang berasal dari Italia abad ke-16. Pada abad ke-18, karikatur telah menjangkau masyarakat luas melalui media cetak. Di Inggris, karikatur kala itu telah menjadi sarana kritik sosial dan politis. 

Pada abad berikutnya, berbagai majalah satire menjadi media utama karikatur. Peran ini kemudian dilanjutkan oleh surat kabar harian pada abad ke-20. Selain sebagai bentuk seni dan hiburan, karikatur juga telah digunakan dalam bidang psikologi untuk meneliti bagaimana manusia mengenali wajah.

3 dari 4 halaman

Pembuatan Karikatur

Dalam cara membuat karikatur, karikaturis melakukan observasi untuk menentukan ciri khas yang membuat subjeknya berbeda dari orang lain, dan melebih-lebihkan ciri tersebut. Untuk itu, karikaturis membandingkan wajah subjeknya dengan wajah orang rata-rata, dan melebih-lebihkan perbedaannya.

Misalnya, jika subjek karikatur memiliki hidung yang lebih panjang dibandingkan orang rata-rata, gambaran hidung subjek tersebut di karikaturnya akan jauh lebih panjang. Namun, bagaimana ciri khas tersebut dilebih-lebihkan sering bergantung pada gaya menggambar masing-masing karikaturis.

Sebagaimana ditinjau ulang oleh Susan E. Brennan, karikaturis mulai cara membuat karikatur dengan model anatomi proporsi wajah yang digeneralisasi. Banyak karikaturis memiliki sejumlah foto figur publik untuk membuat karikaturnya dan selalu menggunakan lebih dari satu foto. Karikaturis dapat pula mempelajari sejumlah foto subjeknya dan kemudian menggambar berdasarkan ingatan.

Karikatur Buatan Komputer

Telah dilakukan berbagai usaha sebagai cara membuat karikatur secara automatis atau semi-automatis menggunakan teknik grafik komputer. Karikatur dapat dibuat dengan membandingkan dua gambar; gambar wajah orang yang akan dibuat dikarikaturnya dan wajah orang yang dianggap rata-rata. Kemudian, wajah pertama dibuat karikaturnya dengan menambahkan perbedaan antargambar tersebut. Selain itu, terdapat pula sejumlah sistem lain yang berusaha mempelajari bagaimana karikaturis membuat karikaturnya dengan menerapkan teknik-teknik kecerdasan buatan atau statistika. Sistem lain bergantung pada masukan dari pengguna mengenai ciri-ciri wajah yang perlu dikarikaturkan sehingga menuntut keterampilan penggunanya.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Karikatur dengan Aplikasi MomentCam

Berikut cara membuat karikatur dengan aplikasi Momentcam:

1. Cara membuat karikatur yang pertama adalah mengunduh aplikasi MomentCam di Google Play Store. Untuk memudahkan kamu dalam menemukan aplikasi ini, cukup lakukan pencarian dengan mengetik kata kunci Moman Xiang Ji atau MomentCam. Sebelum mengunduhnya, pastikan kapasitas penyimpanan yang ada di smartphone kamu memiliki kapasitas kosong setidaknya 30 MB. Pasalnya ukuran aplikasi ini cukup besar yaitu 23,29 MB. Dan pastikan juga kalau smartphone kamu memiliki paket data yang cukup untuk proses pengunduhan. 

2. Pilih MomentCam dan tekan ikon 'Instal'. Setelah proses download selesai, aplikasi akan secara otomatis terinstal di smartphone.

3. Jalankan aplikasi tersebut. Saat membuka aplikasi ini akan muncul tampilan awal dengan pilihan 'Creat Cartoon' atau 'Portfolio'. Untuk memulai membuat karikatur, cukup tekan 'Creat Cartoon' dan akan muncul tampilan seperti gambar di atas. Kamu bisa mengambil foto langsung dari kamera ponsel untuk dijadikan foto karikatur atau memilih foto yang sudah ada di galeri ponsel.

4. Setelah memilih foto yang diinginkan, kamu akan diminta untuk menentukan gender (laki-laki/perempuan). Pilih gender sesuai dengan foto yang kamu pilih dan setelah itu jadilah foto karikatur unik seperti foto di atas. Jangan lupa untuk menyimpan hasil karya dengan memilih ikon bergambar 'Disket' yang terletak di kanan atas. Hasilnya akan tersimpan di galeri ponsel dan 'Portfolio'.

Belum cukup sampai di situ, hasil karya kamu juga bisa diedit dengan cara membentuk karakter wajah, mengubah gaya rambut, menambahkan aksesoris kacamata, membentuk alis, serta menambahkan kumis dan janggut.

5. Cara mengaplikasikannya, cukup dengan memilih opsi 'Face Edit' yang berisi pilihan Face, Hair style, Glasses, Eyebow, dan Mustach yang ada di bar bawah layar. Kamu juga bisa merubah desain hasil karikatur dengan memilih opsi 'Design' dan 'Create'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.