Sukses

6 Cara Merawat Jas dan Blazer Agar Tidak Kelihatan Lusuh

Cara merawat blazer agar tidak kelihatan lusuh bisa diterapkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Memakai jas dan blazer tentunya membuat kamu tampil lebih formal dan rapi. Apalagi jas dan blazer memang menjadi pakaian yang sering dipakai ke acara-acara formal. Walaupun jas atau blazer juga sekarang sudah ada yang bergaya lebih casual untuk dipakai sehari-hari.

Namun, banyak orang yang bingung dengan perawatan jenis pakaian satu ini. Walaupun kamu terlihat keren menggunakan jas atau blazer, bila pakaianmu tersebut kelihatan lusuh tentunya malah membuat penampilan menjadi buruk dan menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Cara merawat jas dan blazer agar tidak kelihatan lusuh bisa diterapkan di rumah. Walaupun memang agak merepotkan, setidaknya kamu bisa memastikan jas atau blazer tidak akan lusuh dan selalu terlihat baru. Kamu juga tidak perlu ke tempat laundry dan membayar mahal untuk perawatan jas dan blazer yang kamu miliki.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara merawat jas dan blazer agar tidak kelihatan lusuh dari berbagai sumber, Kamis (29/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal Bahan Jas dan Blazer

Sebelum mengetahui cara merawat jas dan blazer, kamu harus mengetahui bahannya terlebih dahulu. Biasanya bahan jas atau blazer seperti wool, katun, drill, atau jenis kain lainnya akan mempengaruhi bagaimana cara kamu nantinya untuk merawatnya.

Setelah mengetahui bahan jas atau blazer, kamu bisa memilih metode dalam mencucinya, apakah dengan metode dry cleaning atau wet cleaning. Bila kamu memiliki jas berbahan wool, maka kamu tidak mencucinya dengan mesin cuci karena bisa membuatnya mengkerut.

3 dari 7 halaman

Mencuci Jas dan Blazer

Cara merawat jas dan blazer yang pertama adalah dalam mencucinya. Tentunya cara mencuci jas dan blazer akan berbeda dengan cara mencuci pakaian lainnya.

Hal ini juga dipengaruhi karena pemakaian jas yang biasanya tidak akan lama. Saat kamu bisa saja langsung mencuci pakaian yang biasa kamu pakai setelah satu kali pakai, jas dan blazer tidak begitu. Jas atau blazer hanya perlu dicuci bila sudah bau atau kamu menemukan noda kotor saja.

4 dari 7 halaman

Teknik Mencuci

Kebanyakan jas dicuci dengan dry cleaning, atau menggunakan cairan kimia sebagai pengganti air. Sebaiknya kamu memperhatikan petunjuk pencucian pada jas terlebih dahulu agar lebih amannya. Petunjuk pencucian ini biasanya ada di bagian dalam jas.  

Bila jas dan blazer bisa dicuci dengan cara wet cleaning, kamu bisa merendam jas tersebut di dalam air dengan memasukkan sedikit deterjen. Namun, jangan terlalu lama dalam merendam jas atau blazer tersebut, karena dapat merusak kainnya.

Jangan sampai merendamnya lebih dari 30 menit. Berikutnya, kamu harus langsung menggantung jas dengan hanger saat dijemur. Kalau kamu masih ragu, sebaiknya langsung saja membawa jas ke laundry agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal karena ditangani oleh ahlinya.

5 dari 7 halaman

Cara Menyetrika

Menyetrika juga harus diperhatikan dalam cara merawat jas dan blazer agar tidak kelihatn lusuh. Bahan jas yang tebal membuatnya sulit licin saat disetrika, jadi sebaiknya kamu menyetrika jas dalam keadaan sedikit lembap.

Semprotkan sedikit air atau pelicin pakaian saat menyetrika. Sedangkan untuk jas dengan bahan wol, jangan menggunakan suhu tinggi. Lebih baik lagi jika kamu menggunakan setrika uap. 

6 dari 7 halaman

Cara Menggantung

Salah satu hal yang tidak diperbolehkan dalam cara merawat jas dan blazer adalah melipatnya. Jika kamu melipat jas setelah dicuci, maka akan timbul bekas lipatan pada jas yang akan sangat kelihatan saat kamu memakainya.

Kamu harus segera menggantung jas dengan hanger supaya tetap rapi akan lebih baik lagi bila kamu masih menyimpan jaket penyimpanan jas yang biasanya ada saat baru membeli jas. Cara menggantung jas juga ada aturannya, jangan sampai saling berdesak-desakan di lemari, karena justru akan membuat jas menjadi lecek dan lembab. Beri sela antara satu jas dengan jas lain dalam lemari.

7 dari 7 halaman

Jangan Simpan di Tempat Lembap

Jas dan blazer sangat rentang berjamur bila selau disimpan di lemari tertutup yang lembap. Kamu harus selalu mengangin-anginkan jas setelah disimpan beberapa lama.

Bila masih ingin menyimpan di lemari, sebaiknya gunakan de-humidifier pada sudut lemari agar tidak lembap dan menimbulkan jamur pada jas. Kamu juga bisa menggunakan silica gel untuk menghindari jamur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.