Sukses

10 Manfaat Buah Sawo untuk Ibu Hamil, Mengatasi Morning Sickness

Mengenal manfaat buah sawo untuk ibu hamil bisa membantu mengatasi morning sickness, pusing, hipertensi, anemia, stres, lemas, hingga masalah pencernaan.

Liputan6.com, Jakarta Buah beraroma manis dan memiliki daging buah berwarna cokelat seperti sawo, ternyata memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil. Manfaat buah sawo untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisi alaminya, seperti vitamin, mineral, antioksidan, fosfor, zat besi, tanin, polifenol, magnesium, dan masih banyak lagi.

Morning sickness, pusing, hipertensi, anemia, stres, dan lemas yang kerap menjadi masalah bagi ibu hamil bisa diatasi dengan mengonsumsi buah sawo. Tak hanya itu, masalah pencernaan seperti sembelit dan maag pun bisa diredakan dengan manfaat buah sawo untuk ibu hamil. Manfaat buah sawo untuk ibu hamil bisa dirasakan dengan mengonsumsinya secara langsung.

Salah satu manfaat buah sawo untuk ibu hamil adalah karena sawo mampu menyediakan jumlah serat makanan yang tinggi. Ini bisa menjadi agen pencahar alami yang baik bagi ibu hamil. Kandungan serat mampu melancarkan BAB yang tidak lancar. Ini juga mendukung membran usus besar dan membuatnya tahan terhadap infeksi.

Berikut Liputan6.com ulas tentang manfaat buah sawo untuk ibu hamil, Jumat (3/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Sawo untuk Ibu Hamil

1. Memenuhi Kebutuhan Kalsium

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil adalah mampu memenuhi kebutuhan kalsium selama masa kehamilan. Sawo memiliki jumlah kalsium yang berlimpah, membantu memperkuat dan meningkatkan kualitas tulang pengonsumsinya.

Jumlah tambahan kalsium, fosfor, dan zat besi dibutuhkan oleh tulang untuk meningkatkan daya tahan mereka. Manfaat buah sawo untuk ibu hamil ini juga berasal dari kandungan zat besi dan fosfor. Ini dapat mencegah osteoporosis dan mendukung pertumbuhan tulang pada janin dalam kandungan dan anak.

2. Meredakan Morning Sickness

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil adalah bisa membantu meredakan masalah morning sickness. Sawo dikemas dengan elektrolit, Vitamin A, dan karbohidrat yang baik untuk ibu hamil. Sawo membantu dalam produksi kolagen dan mencegah gangguan lambung.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil adalah bisa membantu menjaga sistem pencernaan. Apalagi ibu hamil sangat berisiko mengalami gangguan pencernaan selama masa kehamilan, misalnya saja sembelit. Vitamin C pada sawo menghancurkan radikal bebas berbahaya.

Sementara potasium, zat besi, folat, niasin, dan asam pantotenat memfasilitasi berfungsinya sistem pencernaan dengan baik. Manfaat buah sawo untuk ibu hamil berasal dari senyawa khusus yang disebut tanin, polifenol yang terbentuk secara alami yang menetralkan asam dengan mengendapkan protein. Tanin memiliki sifat anti-parasit, anti-inflamasi antivirus, dan antibakteri.

Sifat anti-inflamasi mencegah masalah kesehatan seperti gastritis dan gangguan usus. Manfaat buah sawo untuk ibu hamil menyediakan jumlah serat makanan yang tinggi. Ini bisa menjadi agen pencahar alami yang baik. Kandungan serat mampu melancarkan BAB yang tidak lancar. Ini juga mendukung membran usus besar dan membuatnya tahan terhadap infeksi.

4. Mencegah Anemia

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil adalah dapat membantu mencegah masalah anemia yang berisiko dialami selama mengandung. Ini karena sawo mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia. Kekuarang zat besi dapat menyebabkan kelelahan dan pusing. Mengonsumsi sawo bisa meningkatkan sel darah merah dan menghasilkan kadar hemoglobin yang diperlukan secara efektif.

5. Mencegah Hipertensi

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil adalah bisa mencegah masalah hipertensi yang membahayakan ibu dan janin dalam kandungan selama masa kehamilan. Magnesium dalam sawo menjaga pembuluh darah tetap beroperasi, dan kalium mengatur tekanan dan sirkulasi darah. Selain itu sawo dikenal karena sifat hemostatiknya, yaitu menghentikan kehilangan darah.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Sawo untuk Ibu Hamil Selanjutnya

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil adalah bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Sawo memiliki kandungan tanin yang tinggi. Senyawa ini berfungsi sebagai anti-inflamasi alami. Manfaat buah sawo untuk ibu hamil ini membantu masa kehamilan terhindar dari masalah penyakit yang membahayakan ibu dan janin dalam kandungan.

Sawo dapat mengurangi peradangan dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Vitamin C dalam sawo meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi. Efek ini berguna untuk membersihkan radikal bebas berbahaya. Manfaat buah sawo untuk ibu hamil juga membantu mencegah efek virus, bakteri, dan parasit dalam sistem organ internal.

7. Menghilangkan Stress

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil adalah efektif menghilangkan stress, ini penting bagi ibu hamil. Manfaat sawo adalah obat penenang yang sangat efektif yang melemaskan saraf dan mengurangi stres. Sawo memiliki konsentrasi tinggi Vitamin B yang mengurangi stres dan membantu mengatasi kelelahan. Sifat penenang pada sawo ini efektif mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Manfaat buah sawo untuk ibu hamil juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi risiko insomnia.

8. Sumber Energi

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil adalah bisa menjadi sumber energi yang baik. Sawo kaya akan glukosa yang memberikan energi instan ke tubuh. Fruktosa dan sukrosa membantu memulihkan energi dan merevitalisasi tubuh secara instan. Sawo juga mengandung karbohidrat yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi. Ibu hamil yang merasa perlu meningkatkan energi dengan cepat direkomendasikan mengonsumsi sawo.

9. Mendektoksifikasi

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil adalah bisa mendektoksifikasi tubuhnya selama masa kehamilan. Sawo dapat bertindak sebagai diuretik dan membantu menghilangkan bahan limbah dari tubuh. Sawo mencegah edema atau retensi air dengan mempertahankan konsentrasi air di dalam tubuh.

Selain kaya akan serat makanan, vitamin A, B, dan C, sawo juga dikemas dengan anti-oksidan. Manfaat buah sawo untuk ibu hamil ini pun dipengaruhi antioksidan polifenolik, sapota yang ditemukan memiliki beberapa sifat anti-virus, anti-parasit dan anti-bakteri.

10. Melancarkan ASI

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil adalah usai melahirkan bisa melancarkan ASI. Melansir netmeds.com, sawo mengandung folat, karbohidrat, vitamin A, C, dan B6 yang baik bagi ibu hamil. Sawo dapat memberi nutrisi yang berguna untuk memberikan energi bagi ibu hamil dan menyusui. Manfaat buah sawo untuk ibu hamil juga mampu mengatasi mual maupun pusing yang kerap dirasakan ibu hamil karena mengandung elektrolit seperti potasium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.