Sukses

11 Cara Mengusir Tikus di Rumah yang Paling Ampuh dengan Bahan Alami

Cara mengusir tikus di rumah sering kali menjadi perhatian banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengusir tikus di rumah sering kali menjadi perhatian banyak orang. Hewan pengerat satu ini memang sering kali berseliweran di bagian-bagian rumah yang kotor. Tentunya tidak ada orang yang mengharapkan hewan kecil satu ini berkeliaran di rumahnya.

Tikus dianggap sebagai hewan yang kotor dan jorok. Tidak hanya itu, keberadaan tikus di rumah dapat memicu penyakit berbahaya karena tubuhnya yang kotor tersebut. Pergerakan tikus di malam hari membuat kamu agak sulit mengusirnya dari rumah.

Cara mengusir tikus di rumah yang paling ampuh yaitu menggunakan berbagai bahan alami. Berbagai bahan yang biasanya ada di rumah seperti baking soda, bawang, hingga lada merah bisa kamu pakai untuk mengusir tikus.

Hal ini tentunya bisa menjadi alternatif yang baik menggantikan racun tikus atau lem tikus. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/2/2021) tentang cara mengusir tikus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengusir Tikus di Rumah

Daun Mint

Cara mengusir tikus di rumah yang pertama adalah menggunakan daun mint. Hal ini disebabkan karena tikus tidak tahan dengan aroma mint yang tajam, sehingga jika menciumnya saja, tikus-tikus ini bisa mabuk dan terkulai lemas.

Cara mengusir tikus dengan daun mint sangat mudah diterapkan. Kamu tinggal menyiapkan seikat daun mint dan kemudian ambil sarinya ketika dilarutkan dalam air. Setelah larut, semprotkan cairan mint ke area yang sering dilalui tikus.

Irisan Bawang

Menggunakan bawang sebagai cara mengusir tikus juga bisa kamu terapkan dan sangat efektif. Bau bawang ini sangat tidak disukai tikus, sehingga ia tak akan muncul lagi di rumah bila kamu menggunakannya.

Caranya menggunakannya mudah saja, letakkan irisan bawang di tempat yang sering tikus datangi atau di tempat persembunyiannya, dijamin tikus tidak akan betah berlama-lama di sana.

3 dari 6 halaman

Cara Mengusir Tikus di Rumah

Baking Soda

Baking soda juga bisa menjadi cara mengusir tikus secara alami. Cara mengusir tikus dengan menggunakan baking soda adalah dengan mencampurkan baking soda ke makanan yang kerap diincar oleh tikus.

Memakan makanan yang sudah diberi soda akan menyebabkan badan tikus menggembung karena mereka tidak bisa mengeluarkan gas yang dihasilkan soda. Tikus tidak akan langsung mati di tempat, melainkan mereka akan lari ke ruang terbuka sebelum mati karena menahan gas tersebut.

Lada Bubuk

Cara mengusir tikus dengan lada bubuk dilakukan dengan menaruh lada bubuk di tempat persembunyian tikus atau di tempat yang sering didatangi. Senyawa piperin yang ada pada lada sangat menyengat, dan akan membuat tikus merasa terganggu lalu pergi dari rumah kamu.

4 dari 6 halaman

Cara Mengusir Tikus di Rumah

Kulit Durian

Buah yang satu ini rupanya bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus atau hewan pengerat lainnya. Cara mengusir tikus menggunakan durian adalah dengan menggunakan bagian kulitnya.

Caranya, potong kulit buah durian kemudian letakkan di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus curut. Selain memiliki duri yang tajam, aroma buah durian yang menyengat ampun sebagai salah satu cara mengusir tikus.

Kulit Telur

Kamu juga bisa menggunakan kulit telur untuk mengusir tikus. Caranya mudah saja, kamu tinggal menghaluskan kulit telur sampai menjadi bubuk. Kemudian, taburkan bubuk kulit telur tersebut di tempat yang sering dilewati tikus.

5 dari 6 halaman

Cara Mengusir Tikus di Rumah

Minyak Peppermint

Minyak peppermint dapat digunakan untuk mengusir tikus karena tikus tidak tahan bau yang menyengat. Cara mengusir tikus dengan minyak peppermint adalah mencelupkan beberapa bola kapas dalam minyak peppermint dan menempatkannya di daerah rawan tikus. Kamu juga juga bisa menggunakan serai atau minyak jarak.

Kantung Teh

Untuk mengusir tikus dari dalam rumah ternyata bisa dengan menggunakan kantung teh. Peppermint dalam kantung teh akan bertugas mengusir tikus karena dapat menyebabkan iritasi pada hidung tikus.

Dengan begitu indra pencium tikus tidak akan berfungsi lagi dengan baik dan hama kecil ini akan segera meninggalkan rumah. Caranya tempatkan beberapa bekas kantung teh di dekat sarang tikus atau area yang sering didatangi tikus dan lihat hasilnya.

6 dari 6 halaman

Cara Mengusir Tikus di Rumah

Bubuk cabai, deterjen, dan air

Cara mengusir tikus yang lainnya adalah dengan menggunakan campuran saus cabai dengan deterjen dan dicampur dengan air. Taruh campuran tersebut ke dalam botol semprotan. Kamu bisa menyemprotkan cairan tersebut ketika tikus muncul. Cairan ini efektif sebagai cara mengusir tikus karena tikus akan merasa panas dan kemudian akan lari.

Buah Mengkudu

Buah mengkudu sangat bermanfaat sebagai cara mengusir tikus. Caranya sangat mudah yaitu dengan menghancurkan buah mengkudu kemudian larutkan pada air. Semprotkan larutan tersbeut pada area yang sering dilalui oleh tikus atau semprotkan pada lubang tikus. Cara ini akan membuat tikus kabur dari rumah dan tidak berani datang lagi.

Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan salah satu cara mengusir tikus yang ampuh. Pasalnya, di dalam daun sirsak terdapat zat perangsang yang menghasilkan bau tak disukai tikus. Caranya hanya dengan potong kecil-kecil daun sirsak dan letakkan di area yang sering didatangi tikus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini