Sukses

Teks Eksposisi adalah Teks Informatif, Ketahui Tujuan, Ciri, Jenis, dan Contohnya

Teks eksposisi adalah teks informatif yang bisa menambah wawasan.

Liputan6.com, Jakarta Teks eksposisi adalah teks informatif yang bisa menambah wawasan. Jenis teks ini banyak digunakan untuk memaparkan informasi detail. Teks eksposisi adalah teks yang digunakan untuk menyampaikan informasi faktual.

Teks eksposisi adalah teks yang ditulis berdasarkan fakta yang ada. Teks eksposisi adalah tulisan yang bisa ditemukan di mana-mana dalam kehidupan sehari-hari. Teks ini tak hanya digunakan dalam lingkungan akademis, melainkan bisa muncul di artikel koran, online, laporan bisnis, atau novel.

Teks eksposisi yang efektif memberikan informasi latar belakang yang penting tentang sebuah topik. Teks eksposisi adalah jenis teks yang harus mudah dipahami pembacanya. Penjelasan yang baik dalam teks eksposisi adalah penjelasan yang jelas, ringkas, dan teratur.

Berikut pengertian tentang teks eksposisi dan jenis-jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (17/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian teks eksposisi

Teks eksposisi adalah paragraf yang bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan suatu topik. Teks eksposisi adalah bahasa untuk mempelajari dan memahami dunia sekitar.

Eksposisi berasal dari kata Latin expositionem, yang secara harfiah berarti "menunjukkan". Eksposisi adalah perangkat sastra yang dimaksudkan untuk menyampaikan informasi latar belakang tentang tokoh utama, latar, peristiwa, atau elemen narasi lainnya.

3 dari 7 halaman

Tujuan teks eksposisi

Tujuan utama penulisan teks eksposisi adalah untuk menyampaikan informasi tentang suatu masalah, subjek, metode, atau ide dengan menggunakan fakta. Teks eksposisi adalah teks yang memaparkan fakta secara sederhana.

Teks eksposisi adalah kebalikan dari teks naratif yang menggunakan banyak emosi. Teks eksposisi bertujuan memberikan fakta dengan cara yang mendidik dan bertujuan. Teks eksposisi yang baik akan fokus pada mendidik pembacanya. Kriterian teks eksposisi lainnya adalah tulisan yang jelas, ringkas, dan teratur. Teks eksposisi langsung ke intinya dengan cepat dan efisien.

4 dari 7 halaman

Ciri-ciri teks eksposisi

Teks eksposisi memiliki karakteristiknya sendiri. Ini bisa dilihat dari ciri-ciri yang dimilikinya. Ciri-ciri teks eksposisi adalah:

- Penyampaian teksnya secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku.

- Berupa tulisan yang memberikan pengertian dan pengetahuan.

- Tidak memihak, berarti tidak memaksakan sikap penulis kepada pembacanya.

- Pembahasan masalahnya bersifat objektif dan netral.

- Penjelasannya bersifat informatif, disertai data-data yang akurat dan faktual.

- Menjawab pertanyaan tentang apa, mengapa, kapan, bagaimana.

 

5 dari 7 halaman

Jenis-jenis teks eksposisi

Jenis-jenis teks eksposisi ditulis dengan gaya penulisan singkat, akurat, dan padat. Jenis-jenis teks eksposisi memiliki gaya penulisan informatif dan umumnya menjawab pertanyaan 5W+1H. Paragraf eksposisi terbagi dalam beberapa jenis sesuai isi dan fungsinya. Berikut jenis-jenis teks eksposisi:

Eksposisi definisi

Eksposisi definisi berisi paragraf yang memaparkan pengertian atau definisi suatu topik tertentu. Paragraf ini memfokuskan karakteristik topik tersebut. Contoh eksposisi definisi banyak ditemui di berbagai teks seperti buku pelajaran atau artikel.

Eksposisi proses

Eksposisi proses merupakan paragraf yang bertujuan memaparkan proses pembuatan, proses penggunaan atau cara untuk melakukan sesuatu. Paragraf ini berisi tahapan suatu proses dari awal hingga akhir. Eksposisi proses biasa ditemukan pada buku-buku petunjuk pembuatan, penggunaan, atau cara-cara tertentu.

Eksposisi ilustrasi

Eksposisi ilustrasi merupakan paragraf yang pengembangannya menggunakan gambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Paragraf ini memberikan gambaran atau penjelasan suatu topik dengan topik lainnya yang mempunyai kesamaan sifat. Biasanya menggunakan frasa penghubung "seperti" dan "bagaikan."

Eksposisi pertentangan

Paragraf eksposisi pertentangan berisi pertentangan antara sesuatu dengan sesuatu yang lain. Frase penghubung yang digunakan adalah "akan tetapi", "meskipun begitu", "sebaliknya".

6 dari 7 halaman

Jenis-jenis teks eksposisi

Eksposisi berita

Eksposisi berita berisi informasi dari sebuah peristiwa atau penelitian tertentu. Jenis ini banyak ditemukan pada media massa baik cetak maupun online.

Eksposisi perbandingan

Eksposisi perbandingan berisi paragraf dengan informasi yang dipaparkan dengan cara membandingkan suatu hal dengan yang lain. Dalam hal ini penulis mencoba menerangkan ide dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lain.

Eksposisi klasifikasi

Eksposisi klasifikasi berisi paragraf yang membagi sesuatu dan mengelompokkannya ke dalam kategori-kategori. Eksposisi klasifikasi terdiri dari suatu topik yang dipaparkan secara berkelompok.

7 dari 7 halaman

Contoh teks eksposisi

Contoh teks eksposisi definisi

"Kentang adalah umbi bawah tanah yang tumbuh di akar tanaman kentang, Solanum tuberosum. Tanaman ini berasal dari keluarga nightshade dan terkait dengan tomat dan tembakau. Kentang asli Amerika Selatan dan dibawa ke Eropa pada abad ke-16 dan sekarang ditanam dalam varietas yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia. Kentang umumnya dimakan direbus, dipanggang, atau digoreng dan sering disajikan sebagai lauk atau camilan."

Contoh teks eksposisi proses

"untuk membuat masker kentang, campur 3 sendok makan air kentang dengan 2 sendok makan madu. Aduk hingga merata, oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 10 hingga 15 menit atau sampai mengering dan kemudian cuci bersih."

Contoh teks eksposisi ilustrasi

"Sebenarnya, kondisi ekonomi kita sudah relatif membaik. Indikatornya dapat dilihat dari berbagai aspek. Misalnya, dalam bidang otomotif. Setiap hari kita temukan aneka kendaraan melintas di jalan raya. Sepeda motor baru, mobil pun baru."

Contoh teks eksposisi pertentangan

"Planet Merkurius memang sangat menarik. Lama waktu rotasi dan revolusinya benar-benar bertolak belakang. Merkurius hanya butuh waktu 88 hari untuk melakukan revolusi mengelilingi matahari. Namun untuk berotasi di porosnya sendiri, planet ini butuh 59 hari. Sangat kontras dengan bumi yang hanya butuh waktu rotasi 1 hari saja."

Contoh teks eksposisi berita

"Banjir bandang yang melanda kota Yokohama pada hari Kamis kemarin telah merendam ratusan rumah warga dan 7 orang dinyatakan hilang. Banjir tersebut terjadi pada dini hari di saat orang tengah terlelap. Banjir terjadi disebabkan hujan yang telah mengguyur kota dari pagi sampai sekarang belum berhenti. Akibatnya sungai tidak mampu menampung volume air."

Contoh teks eksposisi perbandingan

"Hukuman bagi para koruptor di Indonesia terbilang masih sangat lemah. Bahkan penegak hukum dengan mudahnya disuap untuk meringankan proses hukuman. Banyangkan saja, koruptor ratusan miliyar hanya mendekam di penjara selama 3 tahun saja. Pantas saja korupsi di Indonesia semakin meningkat. Berbeda dengan pemerintahan China yang menerapkan hukuman mati bagi para koruptor. Sehingga tingkat pidana korupsi di China sangat sedikit."

Contoh teks eksposisi klasifikasi

"Sistem penamaan jenis-jenis kritik sastra bervariasi, tergantung pada pendekatan yang digunakan. Pendekatan moral menekankan pada pertalian karya sastra dengan wawasan moral dan agama. Pendekatan historis, bekerja atas dasar lingkungan karya sastra yang berkaitan dengan fakta-fakta dari zaman dan hidup pengarang. Pendekatan impresionistik menjadi ciri khas aliran sastra romantik, menekankan pada efek personil karya sastra pada kritikusnya."

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini